Sukses

Telkomsel Segera Tuntaskan Upgrade 3G ke 4G Tahap Akhir di 31 Kota dan Kabupaten, Fokus di Jakarta dan Jawa Barat

Telkomsel bakal segera menuntaskan upgrade layanan 3G ke 4G tahap akhir di 31 kota dan kabupaten, terutama di Jakarta dan Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel meningkatkan layanan jaringan 3G ke 4G di 504 kota dan kabupaten di Indonesia yang sudah dimulai sejak 2022 lalu.

Pada Mei 2023 ini, Telkomsel menuntaskan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G di 31 kota dan kabupaten yang tersebar di Sumatera Utara, Jabodetabek, Jawa Barat, Bali, dan Nusa Tenggara.

Proses pemerataan jaringan 4G/ LTE ini merupakan tahap terakhir yang sebelumnya sudah dimulai sejak Maret 202. Sampai saat ini, upgrade jaringan 3G ke 4G Telkomsel telah mencakup 473 kota dan kabupaten dari total 504 kota dan kabupaten yang ditargetkan.

Mengutip keterangan Telkomsel, Selasa (9/5/2023), proses upgrade 3G ke 4G yang kini sudah memasuki tahap terakhir, bakal difokuskan di wilayah dengan tingkat adopsi gaya hidup digital cukup tinggi dan penggunaan jaringan di area indoor, terutama di DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Hingga kini, Telkomsel mencatatkan, adanya peningkatan jumlah pelanggan yang bermigrasi ke kartu SIM 4G sekitar 38 persen yang diikuti dengan pertumbuhan trafik 4G sebesar 15 persen dibandingkan tahun lalu.

Peningkatan ini tidak lepas dari berbagai program dan promo yang dilakukan bagi pelanggan yang bermigrasi ke kartu SIM 4G Telkomsel. Misalnya, penukaran kartu SIM 4G akan mendapatkan tambahan kuota hingga 30GB selama tiga hari di jaringan 4G, untuk kartu dengan masa aktif lebih dari 6 bulan dan pemakaian lebih dari Rp 100.000.

Selain itu, terdapat program bundling smartphone 4G terjangkau yang mendukung akses jaringan 4G Telkomsel. Mulai dari merek Samsung, Nokia, Advan, Oppo, Vivo, dan lain-lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pastikan Kenyamanan Pelanggan Tak Terganggu di Tengah Migrasi

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, Telkomsel memastikan tetap menjaga kenyamanan pelanggan dalam mengakses jaringan internet sepanjang proses upgrade dari 3G ke 4G.

"Kami optimistis, proses upgrade jaringan tersebut bakal kian mengakselerasi pertumbuhan ekonomi digital nasional," kata Nugroho.

Selama proses peningkatan 3G ke 4G, Telkomsel memastikan kenyamanan pelanggan untuk mengakses layanan internet tetap terjaga dengan peningkatan kualitas, kapasitas, dan pemutakhiran teknologi di seluruh jaringan.

Telkomsel juga menyebut pihaknya terus mendorong pelanggan bermigrasi ke SIM 4G. Pasalnya pelanggan bisa merasakan panggilan suara kualitas HD yang bisa dinikmati sambil mengakses internet. Baik itu browsing, main game, dan streaming video menggunakan layanan VoLTE. Kini, VoLTE Telkomsel bisa dirasakan di 514 kota dan kabupaten, dan bisa digunakan pada lebih dari 100 tipe smartphone dari brand ternama.

3 dari 3 halaman

Telkomsel Pastikan Migrasi Pelanggan ke 4G Mudah

Telkomsel memastikan pengguna mudah bermigrasi dari kartu non 4G ke kartu SIM 4G. Salah satunya dengan memanfaatkan mekanisme online dengan mengakses e-commerce Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Selain itu juga ada layanan Grapari online melalui tsel.me/graparionline.

Untuk offline, pelanggan bisa mengunjungi Grapari atau layanan myGrapari terdekat.

Selama proses migrasi ke kartu SIM 4G dan pada saat registrasi uSIM, Telkomsel akan memastikan validasi registrasi pelanggan yang terdaftar di kartu non-4G sesuai dengan NIK dan No KK.

Pelanggan disarankan lebih dahulu mengecek kesesuaian identitas diri melalui akses USSD menu browser (UMB) *444# langsung dari ponsel mereka. Jika ada ketidaksesuaian, pelanggan diharapkan segera melakukan registrasi ulang dengan mengetik ULANG<spasi>Nomor KK# kirim SMS ke 4444.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.