Sukses

Telkomsel Siapkan Jaringan 4G dan 5G untuk Dukung KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

Telkomsel mengungkapkan sejumlah dukungan mereka dalam gelaran KTT ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo, NTT pada pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Operator telekomunikasi Telkomsel memastikan siap mendukung gelaran Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka telah memastikan kesiapan konektivitas digital dengan dukungan jaringan broadband teknologi 4G dan 5G yang optimal, serta menjamin ketersediaan produk dan layanan digitalnya.

Dikutip dari siaran pers, Senin (8/5/2023), Telkomsel melaporkan telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas konektivitas di 16 area sekitar Kawasan Labuan Bajo.

Area ini mencakup bandara, sejumlah penginapan, media center, lokasi acara utama di Hotel Meruorah, serta 5 titik di jalur utama sepanjang Labuan Bajo dan Golo Mori.

Para tamu negara, delegasi, dan panitia KTT ASEAN, juga diklaim bisa menikmati kapasitas dan kualitas yang optimal dari jaringan broadband, dengan dukungan 358 BTS 4G/LTE Telkomsel di seluruh Kabupaten Manggarai Barat.

Telkomsel juga melakukan peningkatan cakupan jaringan di Kawasan ITDC Golo Mori dan sekitarnya, dengan pengoperasian 10 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 24 unit BTS tambahan, di mana 6 di antaranya adalah BTS 5G.

Untuk pertemuan yang akan berlangsung di atas kapal phinisi, termasuk KM Sinabung yang akan jadi penginapan sementara awak media asing, optimalisasi jaringan dilakukan di seluruh BTS di sepanjang jalur laut antara Labuan Bajo dan Pulau Rinca.

Selain itu, instalasi Telkomsel Orbit pun telah dilakukan di dalam kapal dan tambahan COMBAT disiagakan di Pulau Rinca.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siapkan Produk hingga Titik Layanan di KTT ASEAN

Sementara terkait produk, Telkomsel mempersiapkan sejumlah Kartu Prabayar Tourist Edisi KTT ASEAN 2023, dengan kuota data hingga 100GB, yang akan didistribusikan kepada para tamu negara, delegasi, hingga panitian dari 11 negara anggota ASEAN.

10 titik layanan juga telah digelar di Kawasan Bandara Komodo, sejumlah penginapan, media center, hingga GraPARI Marina di dekat Hotel Meruorahsebagai venue acara utama.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangannya mengatakan, "KTT ke-42 ASEAN tahun 2023 di Indonesia, menjadi momentum penting bagi bangsa kita untuk dapat terus memperkuat pertumbuhan ekonomi kawasan, terutama pada sektor industri digital."

Operator telekomunikasi plat merah itu juga akan mendukung kegiatan SMEs Hub yang digelar Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sebagai pendukung KTT ASEAN.

Kegiatan ini akan digelar pada 9-13 Mei 2023 di Waterfront Marina,Labuan Bajo, dengan tujuan mendorong pemulihan dan kebangkitan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) lokal, khususnya di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Program Telkomsel Jaga Bumi bersama mitra Plustik juga akan melakukan pembersihan sampah di Pantai Waecicu, Pantai Pede, dan Pantai Binongko pada 7-13 Mei 2023, serta memproduksi 1.000 mobile phone holder dari bahan daur ulang sampah berbahan plastik.

3 dari 4 halaman

Trafik Internet Telkomsel Naik Selama Ramadhan dan Idul Fitri 2023

Sebelumnya, menurut catatan Telkomsel, sepanjang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2023, trafik broadband atau lalu lintas internet di jaringannya tumbuh 11,7 persen dibandingkan rata-rata trafik di hari biasa pada 2023.

Sementara jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kenaikan trafiknya mencapai 11,4 persen.

Tidak hanya trafik internet, Telkomsel juga mencatat ada kenaikan lalu lintas layanan pesan singkat atau SMS sekitar 14,1 persen. Adapun trafik layanan panggilan suara atau voice call justru turun 20 persen dibandingkan pada hari biasa.

Mengutip keterangan resmi Telkomsel, Selasa (24/4/2023), peningkatan trafik internet di jaringan mereka sepanjang Ramadan dan Lebaran Idul Fitri didukung oleh peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital selama periode tersebut.

 

 

4 dari 4 halaman

Meningkatnya Aktivitas Layanan Komunikasi

Menurut data perusahaan, lonjakan aktivitas digital mencakup akses atas layanan komunikasi seperti perpesanan instan dan video conference yang tumbuh 5 persen. Akses atas gim mobile juga meningkat hingga 15,2 persen.

Jika ditelisik dari masing-masing aplikasi, layanan digital yang mengalami pertumbuhan trafik data paling tinggi dari akses pelanggan ke layanan aplikasi WhatsApp melonjak hingga 40,3 persen.

Selanjutnya ada pula aplikasi berbagi video TikTok yang kontribusinya 28,5 persen serta SnackVideo yang mencapai 23,4 persen.  Kemudian, trafik Instagram naik mencapai 14,2 persen. Selain itu layanan streaming video YouTube juga trafiknya meningkat 12 persen.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.