Sukses

Kemampuan Kecerdasan Buatan Pecahkan Password Mengagumkan, Bisa Tebak Dalam Hitungan Detik

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence ternyata memiliki kemampuan yang mengagumkan ketika menebak password yang kerap digunakan orang-orang.

Liputan6.com, Jakarta - Kecerdasan buatan tidak dimungkiri telah mengubah sejumlah aspek kehidupan manusia, terutama di bidang teknologi. Namun, di tengah kecanggihan yang ditawarkan, ada aspek yang juga menjadi perhatian terutama apabila teknologi ini disalahgunakan.

Oleh sebab itu, firma keamanan siber Home Security Heroes baru-baru ini meluncurkan studi untuk mengetahui kecepatan kecerdasan buatan atau artificial intelligence dalam membongkar password yang kerap dipakai orang-orang.

Memanfaatkan PassGAN (jaringan adversarial penghasil kata sandi), peneliti dari Home Security Heroes memakainya untuk melakukan analisis pada lebih dari 15 juta password. Dan, hasilnya ternyata mengejutkan.

Mengutip informasi dari Gizmochina, Selasa (11/4/2023), studi itu menemukan 51 persen password yang umum digunakan ternyata mampu dipecahkan AI dalam waktu kurang dari satu menit.

Lalu, ada 65 persen password yang berhasil diungkap dalam waktu kurang dari 1 jam, 71 persen kurang dari sehari, dan 81 persen kurang dari sebulan. Bahkan, ada beberapa kombinasi password yang bisa dipecahkan secara langsung.

Sebagai informasi, dalam studi ini, tim firma keamanan siber itu menganalisis sejumlah kombinasi password yang digunakan. Mulai dari yang memakai angka saja, huruf kecil, huruf kecil dan besar, huruf besar kecil dengan angka, serta angka dengan huruf besar kecil dan simbol.

Riset ini juga menunjukkan kombinasi password yang paling mudah dijebol merupakan password dengan karakter yang pendek, terutama yang menggunakan empat hingga enam karakter saja. Lalu, password yang cenderung lebih sedikit mengombinasikan karakter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan Gunakan Kombinasi Password yang Beragam

Oleh sebab itu, semakin panjang karakter yang digunakan sebuah password ditambah kombinasi karakter yang beragam semakin sulit untuk dipecahkan.

Sebagai contoh, password yang menggunakan 18 karakter dan sepenuhnya memakai angka, minimal membutuhkan waktu 18 bulan untuk dipecahkan.

Kendati demikian, temuan ini juga bersifat sementara, karena teknologi Ai terus berkembang. Karenanya, Home Security Heroes merekomendasikan pemakaian password dengan minimal 15 karakter dan berisi setidaknya dua huruf, angka, dan simbol.

Selain itu, hindari pula penggunaan pola yang dapat diprediksi, seperti pemakain angka yang berurutan. Terakhir, selalu pastikan mengubah password secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama di beberapa akun.

3 dari 4 halaman

3 Alasan Kamu Perlu Login Tanpa Password, Salah Satunya Bisa Tingkatkan Keamanan

Di sisi lain, rupanya ada cara untuk login tanpa memerlukan kata sandi yang lebih aman dan mudah.

Selain tidak perlu mengingat kata sandi, menggunakan alat interface login sekali klik seperti Vault Vision dapat meningkatkan efisiensi dan perlindungan pada akun. 

Login tanpa password, atau yang juga dikenal sebagai passwordless login dapat menjadi metode untuk mengakses akun yang terjamin aman. Cara ini dapat menghindari pengguna dari risiko serangan phishing dan peretasan kata sandi.

Alih-alih menggunakan kata sandi, login tanpa password yang dimaksud, dapat dilakukan dengan menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, atau pemindaian iris alias mata. Selain itu, kode sekali pakai seperti kode OTP yang dikirimkan ke perangkat terpercaya juga dapat menjadi pilihan untuk login yang aman.

Dirangkum dari Gizchina, Jumat (2/3/2023), terdapat tiga alasan utama yang dapat meyakinkan pengguna untuk beralih ke cara login tanpa menggunakan kata sandi alias passwordless login.

1. Meningkatkan Keamanan dan Meminimalisir Risiko

Tidak hanya pengguna pribadi, perusahaan yang juga memanfaatkan teknologi digital seperti website atau akun di suatu aplikasi perlu beralih ke passwordless login untuk meningkatkan keamanan. 

Hal ini karena penggunaan kode atau kata sandi, memiliki risiko pencurian informasi yang mungkin terjadi pada akun pengguna atau perusahaan akibat mudahnya hacker mengakses password melalui detail-detail akun pengguna.

Tentunya, peretasan semacam ini akan menyebabkan kerugian yang berdampak sangat buruk bagi keamanan data pemilik akun, baik atas nama pribadi maupun perusahaan.  

 

4 dari 4 halaman

2. Mempercepat Proses Login

Mengingat-ingat kata sandi dapat memakan waktu yang cukup lama, terutama jika pengguna telah membuat banyak kata sandi untuk berbagai akun dalam waktu yang jauh ke belakang.

Untuk meminimalisir penggunaan waktu dalam proses masuk ke suatu akun atau aplikasi, pengguna dapat memilih opsi login tanpa kata sandi melalui berbagai metode yang sudah disebutkan di atas.

Metode ini juga akan memusnahkan kesulitan pengguna dalam mencocokkan dan mengetik kata sandi yang sesuai dengan akun yang dimaksud.

3. Akses Akun Staff Dapat Lebih Mudah Dibuat

Dengan menggunakan metode passwordless login, suatu perusahaan yang memiliki akun atau aplikasi kantor yang terintegrasi secara digital dapat menyederhanakan akses untuk para pekerjanya yang telah disetujui.

Cara ini juga dapat mempersulit peretas dan penjahat siber untuk mencoba masuk ke akun atau aplikasi tersebut.

Meskipun demikian, keamanan login tanpa kata sandi bergantung pada kekuatan faktor login yang dipilih serta sistem yang digunakan. 

Perlu diingat juga bahwa passwordless login bukan untuk menggantikan tindakan keamanan lain seperti autentikasi dua faktor karena metode ini dapat menambah lapisan keamanan.

Secara keseluruhan, login tanpa kata sandi ini dapat menjadi alternatif yang aman dan nyaman dari metode autentikasi tradisional yang menggunakan kata sandi.  

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.