Sukses

Sederet Fitur Kamera Samsung Galaxy A54 5G untuk Abadikan Momen Bukber Ramadhan

Berikut ini beberapa fitur di Samsung Galaxy A54 5G yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen bukber saat Ramadhan

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy A54 5G jadi salah satu HP baru yang dirilis Samsung, di mana momen peluncurannya juga menjelang bulan Ramadhan 2023.

Buka puasa bersama alias bukber, jadi salah satu tren yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Apalagi, pembatasan masyarakat tak lagi ketat seperti saat pandemi Covid-19.

Momen bukber pun biasanya diabadikan dengan kamera HP, untuk kemudian dibagikan ke teman, keluarga, atau media sosial.

Samsung pun mengungkapkan, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan atau mengambil gambar momen buka bersama, terutama karena waktu-waktu tersebut dilakukan biasanya menjelang sampai malam hari.

"Galaxy A54 5G dengan teknologi kamera canggih mampu menangkap momen-momen ceria meski dalam kondisi cahaya minim," kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Selain itu, dikutip dari siaran pers, Jumat (7/4/2023), menurut Ilham, dukungan 5G yang ada di HP Samsung ini juga dapat mendukung proses upload dengan lebih cepat.

Samsung Galaxy A54 5G sendiri dilengkapi kamera utama 50MP dengan OIS dan sensor All-Pixel AF, kamera ultra-wide 12MP, makro 5MP, serta menggunakan sensor Sony.

Samsung menjelaskan, Samsung Galaxy A54 5G, bisa digunakan untuk mengambil foto di malam hari dengan lebih jernih dan tajam, dengan kemampuan AI yang dapat dengan cepat mendeteksi kondisi cahaya.

Ini dengan cepat mengoptimalkan mode yang tepat untuk pengambilan foto pada kondisi cahaya rendah atau malam hari. Saat terdeteksi kondisi cahaya yang minim, AI akan mengaktifkan fitur Auto Night untuk hasil foto yang lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur Kamera Galaxy A54 5G Lainnya

Samsung Galaxy A54 5G juga memiliki fitur Single Take, untuk mengambil beberapa foto dan video dalam satu kali pengambilan gambar.

Untuk bukber, menurut Samsung, fitur ini bisa membantu untuk mengabadikan momem, tanpa membuang waktu untuk mengatur pengambilan gambar yang berbeda.

Fitur lainnya adalah Optical Image Stabilization atau stabilisasi gambar, untuk membantu mengurangi guncangan saat pengambilan gambar. Ini bisa dipakai jika ingin mengambil foto dan video yang jernih dan tajam, ketika pengguna sedang bergerak.

Fitur unggulan dari kamera Samsung Galaxy A54 5G adalah Nightography, di mana teknologi ini sebelumnya disematkan oleh perusahaan asal Korea Selatan itu di beberapa HP flagship-nya.

Samsung mengatakan, untuk memaksimalkan pengalaman foto Nightography, pengguna dapat mengatur beberapa pengaturan kamera seperti ISO, aperture, dan shutter speed di smartphone ini.

Sementara untuk kamera depan, Galaxy A54 5G dibekali kamera depan 32MP. Kamera ini memiliki mode ultra-wide, yang membantu pengguna mengambil gambar tanpa terpotong.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A54 5G

Untuk spesifikasi, Samsung Galaxy A54 5G memakai prosesor Exynos 1380 yang hadir dengan peningkatan performa CPU sampai 30 persen dibandingkan pendahulunya. Prosesor ini juga sudah mendukung jaringan 5G serta Wi-Fi 6.

Untuk baterainya berukuran 5.000mAh, serta sudah mendukung pengisian daya cepat 25W, yang diklaim dapat dipakai seharian dengan waktu charge 30 menit.

Layar HP Samsung ini sudah memakai Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi FHD+. Layarnya juga dilengkapi level brightness 1000 nits, serta refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 120Hz.

Untuk penggunaan outdoor, Samsung Galaxy A54 5G sudah tersertifikasi IP67, membuatnya lebih tahan terhadap air dan bisa bertahan pada kedalaman satu meter selama 30 menit, serta terlindungi dari debu dan pasir.

Bersama dengan Samsung Galaxy A54 5G, diluncurkan juga Samsung Galaxy A34 5G. Perangkat ini memiliki layar Super AMOLED seluas 6.6 inci beresolusi 2340x1080 dengan refresh rate 120Hz. 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34 5G menggunakan chipset Dimensity 1080 yang mengalami peningkatan performa sebesar 17 persen dari segi CPU dan 14 persen untuk GPU. 

Untuk menunjang performanya, ponsel ini ditenagai baterai berkekuatan 5.000mAh yang akan mendukung performa gaming lebih tahan lama.

Lalu untuk kamera belakangnya terdiri dari lensa utama beresolusi 48MP, ultra-wide 8MP, dan macro 5MP. Sementara kamera depan memiliki resolusi 13MP dengan tampilan Infinity-U. 

Untuk bagian belakang ponsel, Samsung Galaxy A34 5G menampilkan permukaan yang matte.

Kedua HP Samsung ini juga masih mempertahankan fitur sidik jari pada layar, IP67 untuk ketahanan terhadap air dan debu, dual SIM dengan dukungan MicroSD, dan NFC.

Kedua smartphone seri A terbaru ini akan menggunakan One UI 5.1. Samsung menjanjikan akan memberikan 4 kali OS Update dan 5 tahun Security Update untuk kedua smartphone ini.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.