Sukses

Didukung GPT-4 Milik OpenAI, Ini Deretan Kemampuan Microsoft 365 Copilot

Lalu apa saja kemampuan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Microsoft 365 Copilot?

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran fitur kecerdasan buatan (Artificial intelligence, AI) yang diberi nama Copilot.

Disebutkan, perusahaan akan menyematkan teknologi Copilot ini ke semua aplikasi dan layanan Microsoft 365, mulai dari MS Word, Excel, Outlook, hingga PowerPoint.

Microsoft menjelaskan, Copilot mendapatkan dukungan dari GPT-4 buatan OpenAI dan akan tampil berdampingan dengan aplikasi Microsoft 365 layaknya asisten.

"Ini bekerja bersama Anda, disematkan dalam aplikasi yang digunakan jutaan orang setiap hari: Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Teams, dan lainnya," kata Head of Microsoft 365 Jared Spataro.

Mengutip The Verge, Sabtu (18/3/2023), pengguna bisa menggunakan Copilot untuk memberikan informasi tentang rapat yang akan digelar di Microsoft Teams.

Dia juga bisa diminta mempersiapkan seseorang dengan pembaruan terkait proyek, perubahan organisasi seperti perekrutan terbaru, serta pembaruan tentang rekan kerja yang baru pulang liburan.

Lalu apa saja kemampuan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Microsoft 365 Copilot?

Kemampuan Microsoft 365 Copilot

  • Ms Word

Copilot juga dapat menulis, edit, dan meringkas teks yang ingin ditulis. Penggua dapat memakai Copilot untuk menyusun dokumen berdasarkan file-file lain.

Anda juga dapat membuat teks dengan bantuan Copilot di MS Word, yang nantinya tulisan tersebut juga bisa diedit dan diadaptasi secara bebas.

  • PowerPoint

Seperti di Word, pengguna dapat merealisasikan ide ke dalam sebuah presentasi PowerPoint dengan lebih mudah.

Cukup dengan mengetikkan presentasi apa yang ingin dibuat, Copilot dapat langsung membuat 10 slide PPT.

Pengguna juga tidak perlu lagi repot-repot mengatur tata letak teks atau gambar di PPT, semua dilakukan oleh Copilot.

  • Excel

Sedangkan untuk Excel, fitur Copilot dapat membantu pengguna mendapatkan insights dari data-data tertentu, mengidentifikasi tren, atau membuat tampilan data tampak profesional hanya dalam sekejap.

Itu berarti pengguna Excel bisa menggunakan Copilot untuk langsung membuat analisis SWOT atau PivotTable berdasarkan data.

  • Outlook

Di Outlook, Copilot dapat membantu pengguna untuk membuat email dan mengatur deretan email yang masuk ke dalam inbox.

Perusahaan bentukan Bill Gates ini menyebutkan, dengan begini pengguna dapat lebih fokus untuk berkomunikasi dengan pihak terkait alih-alih sibuk dengan email.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Microsoft 365 Copilot

Microsoft 365 Copilot (Microsoft)

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh Microsoft lewat kemampuan Copilot di dalam Microsoft 365.

  • Efisiensi Kerja yang Meningkat

Salah satu manfaat Copilot adalah meningkatkan efisiensi kerja. Berbekal kecerdasan buata, pengguna dapat menyelesaikan tugas-tugas rutin dengan lebih cepat dan efisien.

Anda dapat fokus pada pekerjaan yang lebih penting. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu Anda meningkatkan produktivitas dan menyelesaikan pekerjaan dengan waktu lebih singkat.

  • Pakai Teknologi Kecerdasan Buatan

Dibuat menggunakan GPT-4 bikinan OpenAI, Copilot mampu memprediksi kebutuhan pengguna dan memberikan solusi paling sesuai dalam waktu nyata atau real-time.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan efisiensi kerja dan mengoptimalkan penggunaan waktu Anda.

  • Keamanan Data

Dilengkapi dengan sistem enkripsi tingkat lanjut dan pengamanan data yang ketat, Anda tidak perlu khawatir tentang privasi dan kerahasiaan data saat menggunakan layanan ini.

Dalam lingkungan kerja yang semakin berisiko dan terancam oleh serangan siber, Microsoft menjanjikan perlindungan ketat di Copilot sehingga pengguna bisa tenang saat pakai AI ini.

  • Kemudahan Akses dari Berbagai Perangkat

Perusahaan juga menjanjikan kemudahan bagi pengguna bila ingin mengakses Office Copilot ini, baik lewat komputer desktop atau perangkat seluler Android dan iOS.

Karena dapat diakses dimana saja dan kapan saja, ini sangat berguna bagi para pengguna yang sering bepergian atau bekerja dari jarak jauh.

  • Integrasi di Microsoft Office 365

Office Copilot dipastikan akan terintegrasi dengan berbagai aplikasi Microsoft Office, sehingga memudahkan pengguna dalam bekerja dengan berbagai jenis file dan dokumen.

Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk menghemat waktu dan usaha dalam bekerja dengan dokumen dan file yang berbeda.

3 dari 4 halaman

Tak Sekadar Sematkan ChatGPT ke Microsoft 365

Ilustrasi Microsoft 365 (Dok. Microsoft)

Menurut Spataro, untuk Copilot, mereka tidak sekadar menghubungkan ChatGPT ke Microsoft 365. Mereka didukung apa yang ia sebut sebagai sistem Copilot.

Sistem ini menggabungkan aplikasi Microsoft 365 seperti Word, Excel, dan PowerPoint, dengan data dan kecerdasan Microsoft Graph, serta GPT-4.

Soal keamanan, dikutip dari blog-nya, Microsoft memastikan bahwa Copilot diintegrasikan dengan Microsoft 365, dan secara otomatis mewarisi semua kebijakan dan proses keamanan, kepatuhan, dan privasi perusahaan.

"Data dikelola sesuai dengan komitmen kami saat ini. Model bahasa besar Copilot tidak dilatih tentang data penyewa Anda.," tulis Microsoft.

4 dari 4 halaman

Masih Diuji ke Segelintir Pengguna

Kantor pusat Microsoft

Selain itu, Microsoft juga memprioritaskan agensi manusia, serta memberikan kontrol kepada pengguna terhadap Copilot.

Ini termasuk mencatat batasan, menyediakan tautan ke sumber, dan mendorong pengguna untuk meninjau, memeriksa fakta, dan menyempurnakan konten berdasarkan pengetahuan dan penilaian mereka sendiri.

Microsoft 365 Copilot meski begitu masih diuji coba di 20 pelanggan, termasuk delapan dari perusahaan yang masuk Fortune 500.

Dalam beberapa bulan ke depan, Microsoft akan merilis preview untuk pelanggan lebih luas, serta akan membagikan banyak tentang kontrol baru untuk admin IT sehingga mereka dapat merencanakan pengguna Copilot di organisasinya.

Rincian lebih lanjut soal harga Microsoft 365 Copilot juga baru akan dibagikan oleh perusahaan dalam beberapa bulan mendatang.

(Ysl/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini