Sukses

Indosat Rilis eSIM di Gerai IM3 Se-Indonesia, Pelanggan Bisa Pakai Layanan Internet Tanpa Kartu SIM

Indosat merilis layanan eSIM di berbagai gerai IM3 di seluruh Indonesia. Lewat eSIM, pelanggan bisa internetan tanpa kartu SIM. Begini mekanismenya.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo Hutchison, perusahaan hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia, terus mengadirkan pengalaman digital terlengkap bagi pelanggannya. Salah satunya dengan meluncurkan layanan eSIM bagi pelanggan IM3.

eSIM tersebut mulai 8 Maret 2023 tersedia di seluruh gerai IM3 di Indonesia dan laman im3.id/shop.

Berbeda dengan kartu SIM, melalui eSIM, pelanggan IM3 prabayar maupun pascabayar bisa menikmati kemudahan untuk tetap terhubung tanpa kartu SIM fisik dan merasakan perkembangan teknologi terbaru yang kompatibel dengan berbagai perangkat premium mereka.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengungkapkan, "IM3 merupakan merek yang berupaya untuk dekat dengan pelanggannya. Kali ini kami wujudkan dengan menghadirkan layanan eSIM yang relevan dengan kebutuhan mereka dan bisa didapatkan dengan mudah."

Melalui keterangan resmi, dikutip Kamis (9/3/2023), Ritesh menyebut, layanan eSIM IM3 yang simpel dan transparan bisa dipakai oleh pelanggan lama dan baru, tanpa biaya tambahan.

"Kami percaya layanan eSIM ini dapat semakin memfasilitasi masyarakat untuk terus terkoneksi tanpa kartu fisik dan mendapatkan era baru pengalaman digital yang lebih maksimal," kata Ritesh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Bagaimana cara menjajal layanan eSIM yang sudah dikenal di berbagai negara, seperti Amerika Serikat?

Untuk memakai layanan eSIM Indosat, seluruh pengguna IM3 perlu memastikan perangkat yang dimiliki sudah mendukung fitur eSIM. Kemudian, pelanggan bisa mendapatkan eSIM atau menukarkan kartu SIM fisik. Berikut mekanismenya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tukar Kartu SIM ke eSIM di Gerai IM3

  • Kunjungi website im3.id/esim untuk melihat daftar smartphone yang kompatibel untuk layanan eSIM
  • Mendatangi Gerai IM3 terdekat dengan menyiapkan NIK KTP, nomor Kartu Keluarga, serta alamat email untuk melakukan registrasi
  • Kemudian, pelanggan dapat memilih nomor dan paket internet sesuai kebutuhan lalu melakukan proses pembayaran
  • Pelanggan akan menerima email berisi kode QR unik dan panduan aktivasi
  • Proses verifikasi informasi selesai dilakukan, eSIM sudah terpasang dan layanan telekomunikasi digital dapat digunakan.

Melalui im3.id/shop

  • Kunjungi website im3.id/shop.
  • Klik ikon 'eSIM'.
  • Pilih jenis eSIM Prabayar.
  • Pilih nomor dan paket internet sesuai kebutuhan.
  • Mengisi informasi pribadi (nama & alamat email) untuk menerima detail informasi panduan aktivasi eSIM.
  • Verifikasi alamat email dengan OTP.
  • Pilih opsi pembayaran dan selesaikan pembayaran.
  • Dapatkan QR eSIM dan detail aktivasi.
  • eSIM aktif dan produk serta layanan dari IM3 dapat dinikmati.
3 dari 4 halaman

Gerai IM3 yang Bisa Layani Penukaran SIM Pascabayar ke eSIM

Para pelanggan prabayar juga bisa menukar kartu fisik ke eSIM, dengan mengunjungi gerai IM3 yang dapat melayani pergantian kartu dan melalui im3.id/shop.

Untuk pelanggan pascabayar, layanan eSIM tersedia di enam gerai Jakarta, yakni Kantor Pusat Indosat Ooredoo Hutchison, Gerai IM3 Mall Kota Kasablanka, Gerai IM3 Roxy, Gerai IM3 Pondok Indah, Gerai IM3 Mall Ambassador, Gerai IM3 Mangga Dua, dan akan hadir di Gerai IM3 di kota-kota lainnya.

4 dari 4 halaman

Produk eSIM Indosat Dirilis Desember 2022

Sebelumnya, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan telah menghadirkan produk eSIM (SIM digital) untuk para pelanggannya pada akhir Desember 2022. 

eSIM merupakan teknologi baru dimana pelanggan dapat mengakses jaringan IOH tanpa menggunakan kartu SIM fisik.

Meski eSIM ini sudah mulai diluncurkan, kehadirannya masih dilakukan secara bertahap. Pada fase awal, pelanggan dapat melakukan aktivitasi nomor baru dan penggantian kartu fisik nomor lama IM3, baik prabayar maupun pascabayar di wilayah Jakarta.

Lokasi aktivasi dan penggantian dapat dilakukan di Gerai KPPTI, Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mangga Dunia, dan Mall Ambassador. Namun, ke depannya kehadiran eSIM akan diperluas ke seluruh Indonesia.

"Produk eSIM tersebut segera tersedia secara nasional dan akan kami informasikan dalam waktu dekat," tutur SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison Steve Saerang dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (23/12/2022).

Lebih lanjut Steve menuturkan, IOH memang berkomitmen untuk memberikan pengalaman digital terbaik pada pelanggan.

Komitmen itu merupakan bagian dari misi perusahaan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, termasu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

Sebagai informasi, meski tidak berbentuk fisik, eSIM memiliki fungsi yang sama dengan versi fisik. eSIM dapat menyimpan nomor telepon, paket berlangganan, serta konfigurasi jaringan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.