Sukses

Marak Pencurian iPhone, Lakukan Cara Ini Agar Ponsel Kamu Tak Dibobol

Belakangan marak dengan kasus pencurian iPhone di tempat umum, untuk itu lakukan cara ini agar ponsel kamu tetap aman meski diambil orang lain.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah laporan baru dipublikasikan di media The Wall Street Journal mengungkap mengenai aksi mata-mata pada passcode iPhone dan berujung pada pencurian ponsel pengguna.

Alhasil setelah data passcode dicuri, akses atas perangkat, data, serta uang pengguna di dalam iPhone pun ikut lenyap.

Ada banyak korban yang diwawancara menceritakan pengalaman serupa tentang bagaimana mereka kehilangan iPhone-nya. Banyak dari korban yang melaporkan kehilangan iPhone di bar atau tempat umum lainnya.

Sejumlah korban juga mengklaim, iPhone-nya direbut dari tangannya saat malam hari. Sebagian lagi kehilangan iPhone saat dirinya jadi korban pelecehan dan aksi intimidatif.

Tentunya ketika si penjahat memiliki passcode atau kunci untuk membuka iPhone, berbagai masalah berbahaya bisa muncul. Penjahat tersebut bisa me-reset password Apple ID milik korban, mengganti password, hingga menghapus Apple ID korban dari iPhone tersebut.

Jika hal ini terjadi, fitur Find My iPhone secara otomatis bakal dimatikan dan mencegah si pemilik melacak keberadaan perangkatnya. Apalagi, si pencuri juga bisa menghapus seluruh perangkat tertaut dan menjadikan iPhone curian itu jadi milik mereka sepenuhnya.

Bagian terburuknya bukanlah kehilangan iPhone tetapi korban bisa kehilangan uang mereka. Pencuri bisa mengakses aplikasi perbankan korban melalui password yang disimpan pengguna pada Apple Keychain.

Dengan Apple Keychain ini, pengguna juga bisa memiliki akses ke sejumlah password dan email, yang ujungnya memberi akses ke informasi sensitif lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meski Paling Aman, Kehilangan Password dan iPhone Bisa Berbahaya

Singkatnya, kalau passcode iPhone kamu jatuh ke tangan orang yang salah, seluruh kehidupan digital kamu bisa berisiko.

Merespon hal ini, seorang juru bicara Apple menyebut, "Para peneliti keamanan sepakat bahwa iPhone adalah perangkat mobile paling aman. Kami bekerja tanpa lelah setiap hari untuk melindungi semua pengguna dari ancaman baru dan yang berkembang."

Ia juga menambahkan, "Kami bersimpati kepada para pengguna yang menghadapi pengalaman (perangkatnya hilang) dan kami begitu serius menangani berbagai ancaman terhadap pengguna kami, bagaimana pun caranya."

Menurutnya, Apple akan terus melanjutkan berbagai cara untuk melindungi akun pengguna agar tetap aman. Namun, dirinya tidak menyebut langkah-langkah spesifik apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan keamanan.

3 dari 4 halaman

Lakukan Ini untuk Lindungi Passcode iPhone Kamu

Kendati begitu, Gizchina, seperti dikutip Selasa (28/2/2023), mengungkap sejumlah rekomendasi untuk meningkatkan keamanan iPhone.

Salah satu caranya, pengguna yang memakai passcode berupa empat digit nomor bisa berganti ke password alphanumeric.

Caranya dengan masuk ke aplikasi Setting > Face ID & Passcode > Ubah/ ChangePasscode.

4 dari 4 halaman

Lebih Aman Pakai Face ID atau Touch ID

Para pengguna iPhone juga disarankan menggunakan Face ID atau Touch ID saat berada di area publik. Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada orang lain (yang kemungkinan jadi pencuri iPhone) yang melihat kode Passcode yang diketikkan pengguna di iPhone mereka.

Adapun jika pengguna butuh memakai passcode saat ingin membuka iPhone di tempat umum, mereka sebaiknya menutupi layar iPhone untuk menghindari ada yang memata-matai.

Untuk memastikan aplikasi perbankan tetap aman saat iPhone tidak berada di tangan pengguna, mereka disarankan untuk menggunakan aplikasi password manager pihak ketika, yang tidak menggunakan kode sandi perangkat.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.