Sukses

Bocoran iPhone SE 4 yang Rilis 2024, Bakal Pakai Notch dan Layar OLED

iPhone SE 4 yang sebelumnya disebut-sebut batal rilis kini dikabarkan akan tetap dirilis pada 2024. Perangkat ini kabarnya usung desain baru, pakai notch dan panel OLED.

Liputan6.com, Jakarta - Tampaknya iPhone SE tidak benar-benar mati. Pasalnya ada kabar baru yang mengungkap Apple akan tetap merilis iPhone SE 4.

Menurut rumor terbaru, iPhone SE 4 akan hadir dalam balutan desain mirip iPhone XR dan semuanya yang serba baru, termasuk iPhone SE 4 bakal punya notch.

Mengutip 9to5Mac, Rabu (1/3/2023), menurut analis Apple Ming-Chi Kuo yang terkenal, Apple berubah pikiran dan akan memperkenalkan iPhone SE 4 pada 2024.

Perusahaan juga akan mendorong desain dan kemampuannya jauh lebih baik dibandingkan yang saat ini. Menurut laporan, iPhone SE 4 bakal jadi iPhone 14 yang sedikit mengalami perubahan.

iPhone SE 4 kabarnya akan menggunakan layar OLED berukuran 6,1 inci dengan notch. Sementara nantinya, seri iPhone 15 akan mengucapkan selamat tinggal pada Notch.

Notch terkenal milik Apple akan tetap dipertahankan melalui seri iPhone SE 4, namun dengan panel OLED.

Mempertimbangkan bahwa iPhone SE 4 adalah iPhone 14 yang mengalami perubahan, perangkat tersebut akan menggunakan layar OLED 6,1 inci. Hal ini jadi peningkatan luar biasa, pasalnya sebelumnya iPhone 14 masih memakai panel LCD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Modem 5G Apple

iPhone SE 4 juga akan didukung modem 5G iPhone yang baru. Jika sesuai dengan rumor, iPhone SE 4 akan menjadi iPhone pertama dengan 5G baseband milik Apple.

Apple juga akan menggunakan iPhone SE untuk menguji modem barunya. Modem ini kabarnya dibuat dengan proses 4nm dan tidak akan mendukung mmWave 5G.

Jika semua berjalan sesuai rencana, Apple akan menggunakan modem tersebut ke iPhone model flagship nantinya.

3 dari 4 halaman

Mulai Diproduksi Tahun Depan?

Sejauh ini belum ada perkiraan untuk perilisan iPhone SE 4. Namun, desas desus yang beredar menunjukkan, produksi iPhone SE 4 akan dimulai pada paruh pertama 2024.

Apakah perangkat ini bakal dirilis sebelum September 2024 atau bagaimana, semuanya belum diketahui. Sementara itu, biasanya Apple merilis perangkatnya bulan September, jadi kemungkinan iPhone 16 dirilis pada bulan tersebut.

4 dari 4 halaman

Sempat Dikabarkan Tak Lagi Dirilis

Sebelumnya analis Ming-Chi Kuo mengunggah tulisan di blognya yang menyebut Apple membatalkan produksi dan rencana pengapalan iPhone SE generasi keempat. Desember lalu, Kuo memprediksi, iPhone SE gen 4 mungkin dibatalkan atau ditunda produksinya.

Mengutip The Verge, Sabtu (7/1/2023), Kuo menyebut alasan ponsel ini dihentikan kemungkinan karena penjualan iPhone murah ini lebih buruk dari yang diharapkan perusahaan.

Sebelumnya pada September, Bloomberg melaporkan, ada lebih banyak permintaan untuk iPhone 14 Pro ketimbang iPhone 14.

Selain itu, karena kekhawatiran kenaikan harga bisa membuat iPhone SE kurang menarik bagi pembeli yang begitu sensitif terhadap harga.

Sebenarnya, bukan kejutan lagi Apple tidak merilis iPhone SE pada 2024. Karena Maret lalu, Kuo dan Nikkei Asia melaporkan, Apple telah menurunkan jumlah iPhone SE yang rencananya akan diproduksi, hanya beberapa minggu setelah ponsel tersebut dirilis.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.