Sukses

Pengguna Samsung Buruan Update ke One UI 5.1, Ini Deretan Fitur Barunya

Samsung mengumumkan kehadirn One UI 5.1 untuk sejumlah perangkat Galaxy lain dengan sejumlah fitur baru.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah memperkenalkan One UI 5.1 bersama dengan Galaxy S23 Series di event Galaxy Unpacked 2023. Tak butuh waktu lama, perusahaan asal Korea Selatan itu mengumumkan One UI tersebut juga akan hadir untuk perangkat lainnya.

Untuk sekarang, One UI 5.1 akan dirilis secara global di Galaxy S22 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy S21 Series, dan Galaxy S20 Series. Melalui One UI paling baru ini, Samsung menghadirkan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengalaman penggunaan.

"One UI 5.1 adalah contoh terkini dari komitmen Samsung menyediakan inovasi terbaru pada pengguna Galaxy sesegera mungkin," tutur EVP and Senior Executive Software Office Samsung Janghyun Yoon dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (21/2/2023).

Adapun pembaruan yang dihadirkan Samsung melalui One UI 5.1 meliputi kualitas kamera yang ditingkatkan, tampilan galeri yang lebih menarik, hingga dukungan konektivitas perangkat lebih menyeluruh. Untuk mengetahui deretan fitur baru tersebut, simak daftarnya berikut ini.

  • Kualitas Kamera Profesional

Bersama One UI 5.1, Samsung kini menghadirkan fitur Expert RAW sebagai bagian dari aplikasi Galaxy Camera. Untuk mengaksesnya, pengguna tinggal pilih More saat mengambil foto agar bisa mengambil foto berkualitas tinggi dalam format mentahnya (RAW).

  • Photo Remaster

Samsung juga menyempurnakan kemampuan Photo Remaster,di One UI terbaru ini, sehingga mampu memperbaiki detail gambar yang kurang secara otomatis. Perbaikan ini termasuk meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna.

  • Pembaruan di Aplikasi Galeri

Pada aplikasi Galeri, Samsung turut membuat perbaikan. Kini, pengguna dipermudah untuk melakukan pencarian foto dalam aplikasi Galeri dan membuat album keluarga bersama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru Lainnya

  • Kemampuan Personalisasi

Dengan One UI 5.1, Samsung kini menghadirkan kemampuan Dynamic Weather Widget baru yang bisa menganalisis kondisi saat ini dan membuat desain khusus yang mencerminkan iklim.

Lalu di Modes and Routines, ada perluasan untuk mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf. Begitu juga dengan widget Smart Suggestions yang kini mampu merekomendasikan lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas pengguna.

  • Konektivitas yang Lebih Mulus

Samsung juga memperluas kemampuan Multi Control sebagai penghubung antara Galaxy Book dan smartphone. Melalui pembaruan ini, pengguna bisa berbagai mouse, keyboard atau trackpad dari Galaxy Book tidak hanya ke tablet, melainkan ke ponsel Galaxy tertentu.

Dengan pembaruan ini, pengguna dapat melakukan copy and paste teks serta drag and drop dari satu perangkat ke perangkat lain secara lebih mulus.

  • Link to Windows

Sementara untuk kemampuan Link to Windows, pengguna Galaxy kini bisa menjelajah internet melalui Samsung Internet di aplikasi mereka dan melanjutkan menjelajah halaman yang sama di PC mereka. Halaman ini juga bisa dibuka dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Sejumlah Pengguna Samsung Galaxy Keluhkan Baterai Boros Usai Update One UI 5.1

Di sisi lain, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Senin (20/2/2023), sejumlah pengguna mengeluhkan Samsung Galaxy mereka mengalami masalah pada baterai usai update perangkat ke One UI 5.1.

Melalui forum resmi, beberapa pengguna menyatakan, setelah memperbarui software ke One UI 5.1, masa pakai baterai perangkat mereka menurun secara signifikan. Banyak pengguna di berbagai platform media sosial juga mengeluhkan masalah yang sama.

Setelah update ke OS versi terbaru, beberapa pengguna mengamati terjadi pemanasan aneh di smartphone Samsung Galaxy mereka. Terungkap pula, masalah ini tersebar luas di antara pengguna seri Samsung Galaxy S21 dan Galaxy S22.

SamMobile pun menyebut ada sejumlah pembaca yang melaporkan masalah serupa kepada mereka. Belum ada laporan jelas tentang apa yang membuat perangkat jadi panas dan menghabiskan baterai.

 

4 dari 4 halaman

Baterai Berkurang Saat Pakai Aplikasi Native Samsung

Namun, versi One UI 5.1 baru-baru ini memiliki kekurangan tertentu karena tidak ada masalah terkait baterai yang dilaporkan konsumen sebelum update ini digulirkan.

Pengguna Reddit menyebut, aplikasi resmi Samsung seperti keyboard Samsung menggunakan daya baterai yang banyak. Masalah ini sudah dilaporkan ke Samsung, namun belum ada solusi yang jelas atau jawaban yang tepat yang ditawarkan oleh merek tersebut.

Samsung juga belum secara resmi mengatasi masalah ini, meskipun mungkin ada kaitannya dengan kesulitan kompabilitas hardware dengan beberapa komponen di dalam perangkat ini tidak bisa bekerja dengan baik saat beroperasi pada update software One UI 5.1.

Sayangnya, belum diketahui apa yang menyebabkan penurunan kinerja baterai ini hingga Samsung mengeluarkan komentar resmi.

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.