Sukses

3 Fitur Tersembunyi iPhone Ini Bikin Kamu Makin Produktif, Termasuk Ubah Spasi Jadi Trackpad

Pengguna iPhone, pastikan kamu mengetahui tiga fitur tersembunyi iPhone di bawah ini, yang membuat kamu bisa makin produktif.

Liputan6.com, Jakarta - Selain untuk berkomunikasi hingga sarana mendapatkan hiburan, iPhone bisa melayani lebih banyak kebutuhan pengguna lebih dari yang kita pikirkan.

iPhone rupanya memiliki berbagai fitur serbaguna yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai hal, termasuk trik tersembunyi yang mungkin tidak Anda ketahui.

Sejumlah fitur tersembunyi iPhone ini mungkin selama ini tidak kamu ketahui keberadaannya. Berikut adalah tiga fitur tersembunyi iPhone (dan iPad) yang meningkatkan produktivitas pengguna, sebagaimana dikutip Tech Times, Senin (20/2/2023).

Fitur Tersembunyi iPhone

1. Undo dan Redo

Model iPhone lawas memiliki fitur Shake to Undo (Goyangkan untuk Undo), namun fitur ini tak lagi menarik untuk dipakai di iPhone zaman sekarang.

Apple pun memperbarui fungsi Undo dan Redo melalui gerakan gestur. Sesuai namanya, pengguna hanya butuh menggunakan tiga jari untuk mengaktifkannya.

Cult of Mac menyebut, dengan memanfaatkan tiga jarinya, pengguna bisa meng-Undo penghapusan video atau foto di iPhone mereka.

Dengan cara swipe ke kiri, pengguna bisa menghapus konten di smartphone, guna menambah ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk file, gambar, atau klip lainnya. Trik Undo ini bisa dilakukan beberapa kali, sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

Sementara itu, gestur Redo bekerja dengan prinsip kerja yang sama dengan gestur Undo.

Satu-satunya perbedaan antara gestur Undo dan Redo adalah, pengguna hanya perlu menggeser ke kanan dengan jari-jari mereka untuk bisa mengakftikan Redo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Pilih Banyak File/ Email Sekaligus

Tentunya sangat memakan waktu dan memusingkan untuk menghapus ratusan email yang ada di kotak masuk. Namun, pengguna iPhone tak perlu memilih satu per satu untuk bisa menyeleksi email mana yang ingin dihapus sekaligus. Hal ini pun bisa menghemat waktu berharga kamu sebagai orang yang sibuk.

Pasalnya, iPhone didukung gesture yang memungkinkan pengguna memilih sekelompok pesan untuk menandainya sebagai pesan yang telah dibaca atau "Read".

Caranya, dengan dua jari kamu, kamu bisa tinggal geser layar ke bawah. Hal ini bisa membantu kamu memilih banyak file, email, atau foto dan video sekaligus.

Trik ini bisa dimanfaatkan salah satunya untuk menghapus email, foto, dokumen, video, atau file lainnya. Pengguna juga bisa memilih sekumpulan Catatan untuk langsung menghapusnya.

3 dari 4 halaman

3. Ubah Spasi Jadi Trackpad

Mengedit kesalahan sederhana dalam huruf atau frasa saat menulis email atau proposal di iPhone bisa sangat repot mengingat ukuran layarnya yang kecil.

Ketukan dan gerakan kursor yang monoton sudah cukup untuk membuat pengguna gelisah. Namun, dengan trik sederhana ini, pengguna tidak akan kesulitan.

Jika di laptop kamu kenal dengan kursor mouse, iPhone pun punya fitur serupa. Memang tidak mengedit dengan memegang kursor, tetapi cara satu ini sungguh bermanfaat bagi kamu yang suka menulis di iPhone.

 

4 dari 4 halaman

Cara Ubah Spasi Jadi Mouse

Caranya, dengan mengklik dan menahan tombol spasi, keyboard iPhone kamu akan bisa jadi trackpad. Dengan trackpad ini, kamu bisa bermanuver lebih leluasa ketika mengedit teks.

Jari pertama bisa kamu pakai untuk mengontrol kursor di layar. Sementara, jari kedua bisa digunakan untuk memilih teks. Meskipun tidak presisi, hal ini masih lebih mudah jika dibandingkan dengan cara yang biasa dilakukan.

Bonusnya, pengguna bisa mengatur waktu dalam hitungan detik di iPhone kamu.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.