Sukses

Sederet Transfer Pemain PMPL ID Spring 2023, Terbesar Selama Esports PUBG Mobile Indonesia

Berikut sederet transfer pemain, pergantian nama tim, hingga kolaborasi yang dilakukan jelang kompetisi esports PUBG Mobile PMPL ID Spring 2023

Liputan6.com, Jakarta - PUBG Mobile Pro League Indonesia atau PMPL ID Spring 2023 dijadwalkan berlangsung pada 15 sampai 26 Februari 2023.

Mengutip siaran pers Level Infinite Indonesia, Selasa (14/2/2023), 2023 PMPL ID Spring mencatatkan bursa transfer terbesar dalam sejarah PUBG Mobile Indonesia. Tercatat ada 45 transfer pemain, 2 tim kolaborasi, 6 tim berganti nama, dan 4 tim pendatang baru.

Perpindahan kembar Zuxxy-Luxxy dari Bigetron Red Aliens ke Persija EVOS, menjadi salah satu transfer yang banyak disorot di skena PUBG Mobile Indonesia.

Pasalnya, nama dua bersaudara itu sudah melekat dengan Tim Robot Merah. Mereka juga sudah membela tim esports PUBG Mobile itu selama lima tahun, sejak pertama kali debut sebagai pemain profesional.

Selain itu, Satar atau Alan, juga berpindah dari Genesis Dogma GIDS ke skuad Bigetron atau yang saat ini dikenal sebagai Bigetron Red Villains.

uHigh, pemain asal Malaysia yang sempat dipinjamkan BTR Red Aliens kepada Geek Fam MY, juga memutuskan untuk membela Bigetron Red Villains di musim ini.

Sementara, Fajar, pemain tim Morph GGG, mencari tantangan baru ke luar negeri dengan menjadi pemain pinjaman di tim esports asal Malaysia Dingoz Esports.

Momen pertukaran pemain hingga ke luar negeri seperti ini terbilang langka. Fajar pun menjadi pemain kedua dalam sejarah PMPL Indonesia yang bermain di luar negeri.

Rosemary, MVP 2022 PMPL ID Fall, yang sebelumnya membela tim GPX, pada musim ini Rosemary memutuskan untuk membela tim Alter Ego Ares.

Selain transfer pemain, beberapa klub juga melakukan kolaborasi, akuisisi, dan pergantian nama jelang 2023 PMPL ID Spring beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kolaborasi dan Pergantian Nama Tim

Persija, yang selama ini dikenal sebagai klub sepak bola Liga 1 Indonesia, menggandeng EVOS di 2023 PMPL ID Spring, di mana keduanya bersatu menjadi Persija EVOS. 21 Esports dan NFT Esports, juga berkolaborasi untuk membawa nama baru yaitu 21NFT Esports.

Sebanyak empat tim baru juga bakal main di panggung PMPL ID Spring 2023. Mereka adalah ARF Team, NKINS Esports, GLU SQUAD, dan Pigmy Esports.

Sementara, beberapa tim juga akan berlaga dengan nama baru. Misalnya DG Esports yang berganti nama menjadi Kagendra, Bigetron Red Aliens dengan nama Bigetron Red Villains, dan RRQ RYU yang hanya membawa nama RRQ.

Lainnya adalah Alter Ego LIMAX menjadi Alter Ego Ares, BNW 88 menjadi BNW Ambro Al In, dan GPBR atau Golden Pharaoh Blood Raven, kini menjadi Golden Punch Brilliant.

3 dari 4 halaman

Jadwal Kompetisi PMPL ID Spring 2023

PMPL ID Spring 2023 akan digelar pada 15 hingga 26 Februari 2023. Ada 20 tim yang akan berpartisipasi dalam kompetisi tahun ini.

Perlu diketahui, kompetisi tahun ini akan menyuguhkan format pertandingan yang berbeda dari gelaran PMPL ID tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tim-tim tersebut tidak langsung dibagi dalam grup, seperti biasanya.

Kali ini, para tim akan dibagi dalam grup secara acak untuk melakukan pertandingan di minggu pertama, yakni 15 hingga 19 Februari 2023. Jadi, 20 tim tersebut akan dibagi dalam lima grup berisi empat tim.

 

4 dari 4 halaman

Pembagian Tim yang Bertanding

20 tim tersebut yang bertanding pada minggu kedua akan dibagi sebagai berikut :

  • Grup A : #1, #10, #11, #20
  • Grup B : # 2, #9, #12, #19
  • Grup C : #3, #8, #13, #18
  • Grup D : #4, #7, #14, #17
  • Grup E : #5, #6, #15, #16

Selanjutnya, pada minggu kedua, 20 tim tersebut akan dibagi menjadi lima grup berdasarkan peringkat di minggu pertama. Pertandingan minggu kedua kompetisi PUBG Mobile ini akan digelar pada 22 hingga 26 Februari 2023.

Nantinya, seluruh pertandingan PMPL ID Spring 2023 bisa disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube, Fanpage Facebook, serta TikTok PUBG Mobile Indonesia dan PUBG Mobile Esports Indonesia.

Para tim tersebut akan bertarung untuk memperebutkan total hadiah USD 80.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar. Selain PMPL, tahun ini akan digelar pula dua turnamen global PUBG Mobile.

(Dio/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.