Sukses

Desain Oppo Reno8 T Terungkap, Hadir dengan Kamera Belakang Berukuran Besar

Meski belum secara resmi meluncurkan smartphone ini, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan melihat secara langsung penampakan Oppo Reno8 T.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo telah memastikan akan menghadirkan Reno8 T sebagai smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia. Smartphone ini melengkapi deretan ponsel Oppo Reno8 yang diluncurkan tahun lalu.

Meski belum secara resmi meluncurkan HP Android ini, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan melihat secara langsung penampakan Oppo Reno8 T. Oppo akan memperkenalkan dua model Reno8 T, yaitu yang mendukung jaringan 5G dan 4G.

Secara tampilan, desain Oppo Reno8 T sedikit berbeda dari lini Reno8 lainnya. Sebab, smartphone ini hadir dengan desain modul kamera belakang yang menonjol dan berukuran besar, serta tepian bodi yang agak membulat.

<p>Tampak depan Oppo Reno8 T 4G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Perbedaan lain yang juga terlihat adalah Oppo Reno8 T varian 4G hadir dengan layar datar dan punch hole di pojok kiri. Sementara varian 5G memiliki layar melengkung dengan punch hole yang berada di tengah. 

<p>Tampak depan Oppo Reno8 T 5G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Oppo juga masih menggunakan Oppo Glow Design pada kedua smartphone ini, sehingga bodi keduanya bebas dari sidik jari. Tidak hanya itu, Oppo turut menghadirkan varian warna oranye dengan tekstur kulit yang pertama kali diperkenalkan pada Reno7 dan muncul di Oppo A77s.

<p>Tampak belakang Oppo Reno8 T 4G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

<p>Bagian belakang Oppo Reno8 T 5G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Kendati demikian, perusahaan belum mengungkap secara detail spesifikasi dari kedua HP Oppo baru ini. Untuk sekarang, informasi yang baru diketahui adalah Oppo Reno8 T akan memiliki kamera belakang beresolusi 100MP.

<p>Kamera belakang Oppo Reno8 T 4G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

<p>Kamera belakang Oppo Reno8 T 5G. (Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar)</p>

Oleh sebab itu, informasi mengenai harga dan kehadiran smartphone ini masih menunggu informasi lebih lanjut dari Oppo Indonesia. Namun besar kemungkinan, Oppo Reno8 T akan diperkenalkan dalam waktu dekat, mengingat smartphone ini sudah mendapatkan sertifikat TKDN dan lolos uji postel Kementerian Kominfo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Oppo Reno8 T Siap Meluncur di Indonesia

Oppo Reno8 T yang akan siap meluncur dalam waktu dekat di Indonesia. (Dok: Oppo)

Dua smartphone terbaru Oppo yang akan rilis di Indonesia akhirnya terungkap. Hal ini diketahui setelah Oppo resmi memperkenalkan nama dari kedua perangkat tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Sabtu (21/1/2023), dua ponsel tersebut merupakan lini Oppo Reno8 T. Laman khusus untuk kedua ponsel sudah muncul di situs resmi Oppo Indonesia.

"Kehadiran kedua perangkat terbaru ini akan menjadi keluarga baru lini Reno8 yang meneruskan kesuksesan seri sebelumnya," tulis Oppo dalam pernyataannya.

Meski spesifikasi keduanya belum diungkap secara detail, kedua model Oppo Reno8 T diketahui akan membawa desain modul kamera yang terlihat sangat menonjol dengan tampilan dua lingkaran kamera besar.

Kehadiran kamera itu mempertegas posisi model terbaru dari Oppo Reno8 ini sebagai The Portrait Expert. Selain itu, seperti bocoran sebelumnya, smartphone ini akan hadir dalam varian 4G dan 5G.

3 dari 4 halaman

Oppo Perkenalkan ColorOS 13 Bawa Tampilan Lebih Asik

Tampilan ColorOS 13 yang baru saja diperkenalkan oleh Oppo. (Dok: Oppo)

Untuk diketahui, Oppo resmi merilis ColorOS 13 untuk pengguna global di tahun lalu. ColorOS versi terbaru ini menjadi salah satu sistem operasi pertama yang berbasis Android 13.

ColorOS 13 menggabungkan sejumlah fitur utama Android 13, termasuk memperkenalkan desain aquamorphic baru untuk pengalaman visual yang lebih ringkas dan nyaman.

Sesuai namanya, desain aquamorphic menghasilkan antarmuka yang mengalir dan inklusif. ColorOS 13 juga menampilkan palet tema baru yang terinspirasi dari perubahan warna cahaya antara Matahari terbit dan tenggelam di permukaan laut.

Oppo juga menyertakan huruf baru yang disertai peningkatan keterbacaan teks dalam berbagai bahasa. Dalam ColorOS 13, Oppo juga menawarkan pengalaman pemakaian yang lebih intuitif, mulai dari animasi sistem hingga UI. 

4 dari 4 halaman

Peningkatan Performa di ColorOS 13

Selain tampilan, performa ColorOS 13 juga ditingkatkan. Untuk kali pertama, Oppo menggunakan Dynamic Computing Engine sebagai solusi teknis tingkat sistem yang dikembangkan sendiri untuk menghadirkan sistem lebih mulus dan stabil, termasuk peningkatan lebih menyeluruh.

Menurut Oppo, engine ini menghadirkan dua peningkatan besar pada ColorOS 13, yakni peningkatan masa pakai baterai dan kemampuan membuat lebih banyak aplikasi tetap berjalan di latar belakang.

Sejumlah fitur cerdas turut dibenamkan pada ColorOS versi terbaru ini, seperti Smart Always-on Display. Sesuai namanya, pengguna kini bisa melihat lebih cepat informasi terkait aplikasi musik dan fungsi lain.

Untuk mendukung kemampuan ini, Oppo telah bermitra dengan Bitmoji dan Spotify. Lalu berkat teknologi LTPO 2.0, refresh rate Always-On Display dikurangi menjadi hanya 1Hz untuk menghemat konsumsi daya 30 persen dalam beberapa skenario.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.