Sukses

Link Live Streaming dan Jadwal Final M4 World Championship 15 Januari 2023, Duel 2 Tim Filipina

Babak Grand Final M4 World Championship mempertemukan dua tim asal Filipina, Echo vs Blacklist International. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jadwalnya.

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran M4 World Championship telah memasuki babak akhir. Pertandingan final akan digelar secara langsung pada Minggu (15/1/2023).

Akan tetapi, pertandingan final kali ini tidak diikuti oleh tim asal Indonesia yang telah gugur seluruhnya. Grand Final akan mempertemukan dua tim asal Filipina, yakni Echo dan Blacklist International.

Echo sendiri berhasil melaju ke babak grand final setelah mengalahkan wakil Indonesia, RRQ Hoshi. Pada pertemuan kemarin, RRQ Hoshi sendiri harus mengakui keunggulan Echo dengan skor 1-3.

Lalu pada pertandingan sebelumnya yang digelar di hari yang sama, RRQ Hoshi berhasil memukul telak tim senegara Onic Esports. Dalam pertandingan tersebut, RRQ Hoshi berhasil menang 3-0 tanpa balas.

Kembali ke babak Grand Final, kedua tim yang bertanding sebenarnya sudah pernah bertemu pada Final Upper Bracket. Ketika itu, Blacklist International mengalahkan Echo dengan skor 3-2.

Sementara di kompetisi lokal, keduanya juga bertemu pada Grand Final MPL PH Season 10. Dengan kata lain, laga kali ini mengulang final kompetisi Mobile Legends: Bang Bang yang digelar di Filipina.

Blacklist International sendiri dalam kompetisi ini hadir dengan membawa predikat juara M3 World Championship. 

Meski tidak ada lagi wakil Indonesia dalam kompetisi tahun ini, Tekno Liputan6.com akan memberikan informasi mengenai jadwal M4 hari seperti dikutip dari situs resminya. Berikut adalah informasinya:

Grand Final

Echo vs Blacklist International : 17.30 - 22.00 WIB

Perlu diketahui, babak Grand Final ini akan menggunakan sistem Bo7 (Best of 7). Untuk itu, tim yang berhasil mengamankan 4 game bisa keluar sebagai pemenang.

Pertandingan Grand Final M4 World Championship ini bisa disaksikan melalui YouTube Mobile Legends: Bang Bang Official, MPL Indonesia, serta di Vidio lewat kanal MLBB Esports Official.

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grand Final ini melalui Vidio, kamu bisa mengaksesnya melalui link live streaming berikut ini : https://www.vidio.com/live/11020-m4-mlbb-world-championship. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil OhMyV33Nus 'Oh My Venus', Kapten Tim Mobile Legends Blacklist International

Di sisi lain, Johnmar Villaluna alias OhMyV33Nus (dibaca: Oh My Venus), mencuri perhatian dalam pertandingan antara RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak Knockout Upper Bracket M4 World Championship.

Dalam laga pada Rabu (11/1/2023) tersebut, Kapten dan Mid Laner, bersama rekan-rekannya dalam tim asal Filipina itu berhasil menundukkan RRQ Hoshi dan membuat mereka terjun ke Lower Bracket.

Villaluna sendiri bukan pemain baru di skena Mobile Legends: Bang Bang maupun game-game kompetitif lainnya. Kelahiran Antipolo, Rizal, Filipina itu sudah beberapa kali tergabung dalam tim-tim esports di negara itu.

Player yang lahir pada 20 Juli 1994 itu tercatat telah bergabung dengan ONIC Phillipines, sebelum akhirnya berjuang bersama Blacklist International.

Mengutip Spin.ph, Kamis (12/1/2023), Villaluna mengaku, ketika masih muda, dia bisa bermain online game hingga sekitar 12 jam dalam sehari. Tidak punya komputer pribadi di rumah, ia pun sering bermain di warnet.

Villaluna sudah bermain Ragnarok ketika berusia 13 tahun, lalu beralih ke Warcraft dan Dota. Di tengah mulai naiknya kompetisi game saat itu, ia memutuskan untuk mengejar karir di sana.

OhMyV33Nus sendiri mulai tergaet skena MOBA ketika bermain League of Legends, saat berusia 17 hingga 19 tahunan. Ibu Villaluna sendiri adalah seorang pekerja Filipina di Jepang. Sehingga, Villaluna tinggal bersama kakek dan neneknya.

Sekitar tahun 2018, Villaluna alias Oh My Venus, memutuskan untuk berhenti dari gaming untuk bekerja. Ibu dan saudarinya saat itu berencana untuk membawanya ke Jepang dan berkarir di sana.

3 dari 5 halaman

Tertarik dengan Mobile Legends

Namun kala itu, ketika menunggu pengajuan visa, Villaluna sedang menjajal game seluler baru yang bernama Mobile Legends, di saat MPL Filipina Season 3.

Dia dan teman Facebook-nya yang akrab, bersama beberapa mantan pemain League of Legends akhirnya membuat tim dan berkompetisi di turnamen-turnamen kecil.

Kesuksesan yang membuatnya mendapatkan hadiah uang itu pun membuat Villaluna berpikir ulang untuk menyerah di gaming. Dia lalu bergabung dengan ONIC Filipina dengan nama "OhMyV33Nus" serta julukan "The Queen" dari penggemarnya.

Karir Villaluna di skena esports MLBB pun berlanjut ketika dirinya bergabung dengan Blacklist International. Selain itu, dia juga tercatat pernah bergabung dalam Timnas Esports Filipina. MPL Filipina hingga M-Series pun sudah ia ikuti.

Untuk kehidupan pribadi, mengutip Scout, Villaluna secara terbuka menyatakan dirinya bagian dari komunitas LGBTQ+.

Dalam wawancaranya, ia menyebut gender dan orientasi seksual tidak seharusnya menjadi bagian dari persamaan dalam esports, dan komunitas seharusnya menyingkirkan pelabelan. 

4 dari 5 halaman

OhMyV33Nus Kaget RRQ Hoshi Tak Banned Estes

Pertemuan RRQ Hoshi vs Blacklist International di babak Knockout Upper Bracket M4 World Championship pada Rabu (11/1/2023) kemarin berlangsung sengit. Sayangnya, Blacklist berhasil membuat RRQ turun ke Lower Bracket.

Usai pertandingan, salah satu personel Blacklist, Ohmyv33nus (dibaca: Oh My Venus) mengungkap dirinya terkejut RRQ Hoshi tidak melakukan banned terhadap hero yang ia gunakan, Estes, sepanjang lima game.

"Sebenarnya kami terkejut mereka tidak mem-banned Estes dalam permainan, saya rasa itu salah satu alasan kenapa mereka kalah," kata player bernama asli Johnmar Villaluna itu, mengutip YouTube Mobile Legends Bang Bang Official.

Meski kalah, laga antara tim Indonesia melawan tim Filipina itu berlangsung panas, bahkan terasa seperti pertarungan early final karena permainan cukup apik dari kedua tim.

Berlangsung hingga lima babak, Blacklist International dengan anggota Ohmyv33nus, Wise, OHEB, Hadji, dan Edward memastikan diri tetap berada di upper bracket. Sementara itu, Vyn, Alberttt, R7, Skylar, dan Clayyy dari tim RRQ Hoshi harus jatuk ke lower bracket.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.