Sukses

Cara Buka Perangkat Apple yang Terkunci Jika Penggunanya Meninggal Dunia

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka kunci perangkat Apple jika penggunanya meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kamu kehilangan teman atau anggota keluarga, mungkin kamu ingin mendapatkan akses ke ponsel, komputer, atau tablet (dalam hal ini perangkat Apple) mereka untuk mendapatkan data pribadi yang tertinggal.

Jika kamu tidak mengetahui password atau kata sandi pada perangkat tersebut, ini memang sangat menyulitkan. Pun demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka kunci perangkat Apple jika penggunanya meninggal dunia.

Langkah pertama hanya akan berfungsi jika pemilik perangkat mencadangkan data ke iCloud. Meskipun mudah untuk mengaktifkan pencadangan otomatis, terkadang pengguna Apple lupa melakukannya dan foto serta data hanya dapat disimpan di ponsel, tablet, atau komputer.

Jika kamu tidak mengetahui kode sandi atau kata sandi pemilik, periksa apakah kamu memiliki login iCloud mereka. Login iCloud menggunakan email, jadi coba kata sandi umum atau lihat apakah mereka meninggalkan daftar kata sandi.

Jika kamu memiliki akses ke login iCloud, dan mereka mencadangkan informasinya, kamu mungkin dapat mengakses banyak data, termasuk foto, melalui iCloud.com.

Periksa apakah ada perangkat mereka yang masuk ke Apple iCloud secara otomatis. Jika tidak, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini, sebagaimana dikutip dari New York Post, Jumat (13/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menggunakan iCloud.com untuk Akses Data

Buka iCloud.com di perangkat lain dan sebaiknya menggunakan komputer, lalu masuk menggunakan ID Apple si pemilik.

Jika kamu berhasil masuk, kemungkinan besar kamu akan dapat mengakses Mail, Contacts, Calendar, Photos, Cloud Drive, Notes, Reminders, dan beberapa aplikasi pengguna lainnya jika mereka menggunakannya.

Kamu dapat mengunduh foto langsung dari iCloud.com. Jika kamu tidak memiliki akses ke Apple ID tetapi memiliki akses ke email pengguna, periksa apakah login mereka disimpan secara otomatis di salah satu perangkat mereka seperti komputer atau tablet lain.

Apakah Pemilik Perangkat Punya Kontak Lama?

Banyak pengguna Apple mungkin tidak tahu kalau mereka bisa menyimpak kontak lama di perangkat jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan secara tiba-tiba.

Jika pemilik perangkat memang mengatur kontak lama, seharusnya sangat mudah untuk mengakses data tersebut. Kontak lama tersedia di iOS 15.2, iPadOS 15.2, atau macOS 12.1 atau lebih baru.

Jika mendiang orang yang kamu kasihi memang mengatur kontak warisan, kunjungi warisan digital Apple untuk meminta akses.

 

3 dari 5 halaman

Cara Minta Akses ke Perangkat Tanpa Login iCloud

Jika langkah-langkah di atas tidak ada yang berhasil, dan kamu ingin meminta akses dari Apple untuk mengakses login iCloud orang tersayang yang telah meninggal, perintah pengadilan mungkin diperlukan.

Kamu harus memberikan informasi berikut dalam perintah pengadilan:

  • Nama dan ID Apple orang yang meninggal.
  • Juga memberikan nama kerabat terdekat yang meminta akses ke akun mendiang. Tekankan juga bahwa yang meninggal adalah pengguna dari semua akun yang terkait dengan ID Apple.
  • Pemohon harus wakil pribadi yang sah, agen atau ahli waris dari orang yang meninggal yang otorisasinya merupakan 'persetujuan yang sah'.

Jika sudah diverifikasi, pengadilan akan memerintahkan Apple untuk membantu menyediakan akses ke informasi mendiang dari akun orang yang meninggal tersebut. Perintah pengadilan harus ditujukan kepada entitas Apple yang relevan.

Kamu juga dapat mencoba mengunjungi Apple Store atau menghubungi Dukungan Apple untuk opsi alternatif.

 

4 dari 5 halaman

Pastikan Orang yang Kamu Percaya dapat Mengakses Data Kamu

Untuk berjaga-jaga, dalam keadaan darurat atau kematian, pastikan bahwa orang yang kamu cintai dan dapat dipercaya masih bisa mengakses data kamu.

Pastikan mereka memiliki informasi login dan/atau kata sandi kamu yang tertulis di lokasi aman dan terlindungi.

Dengan demikian, mereka tetap dapat mengakses foto kamu dan aplikasi ponsel lainnya tanpa harus melalui perintah pengadilan atau proses penyetelan ulang yang rumit.

Jika vendor smartphone kamu menawarkan opsi kontak lama, atur sekarang juga. Bila kamu menggunakan media sosial, platform seperti Facebook menawarkan opsi untuk menamai seseorang sebagai ahli waris.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.