Sukses

Deretan Smartphone Paling Tangguh di Tahun 2022, Punya Kamu Termasuk?

Berikut adalah dua model smartphone paling mudah diperbaiki dan paling sulit diperbaiki di 2022, punya kamu termasuk?

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2022 telah terlewati dan kini banyak orang menanti inovasi smartphone dan produk elektronik apa saja yang bakal rilis di 2023.

Namun terlepas dari itu, menarik untuk melihat setahun ke belakang ada HP Android dan iOS apa saja yang dianggap terbaik. Baik itu dari segi kamera, baterai, hingga performanya.

Ketangguhan perangkat juga jadi salah satu alasan saat seseorang membeli smartphone. Alasannya, kamu pasti tidak mau kan smartphone yang punya fitur terbaik tetapi langsung rusak saat tidak sengaja jatuh?

Smartphone tangguh, sebagaimana dikutip Gizchina, Minggu (8/1/2023), ditentukan oleh seberapa mudahnya smartphone diperbaiki dan seberapa susahnya perangkat diperbaiki.

Nah, deretan smartphone di bawah ini dinilai jadi perangkat paling tangguh dan kurang tangguh, apa saja? Berikut informasinya, seperti dikutip dari laman yang sama.

1. Google Pixel 7 Pro

Google Pixel 7 Pro merupakan smartphone yang paling cepat dan mudah diperbaiki tahun 2022. Perbaikan layarnya dianggap cukup mudah, sampai-sampai anak 10 tahun dianggap bisa memperbaikinya jika mereka punya layar pengganti.

Perbaikan Google Pixel 7 Pro juga disebut-sebut tidak memerlukan obeng. Mereka yang ingin memperbaiki perangkat Android ini hanya butuh sedikit pemanasan dan alat datar untuk mengangkat layar.

Setelah mengangkat layar, konektor yang ada di bawahnya langsung bisa dilepaskan menggunakan jari. Tak seperti ponsel lain yang butuh banyak pelepasan, Google membuat Pixel 7 Pro mudah diperbaiki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. iPhone 14

Gizchina menyebut iPhone 14 sebagai salah satu perangkat paling tangguh di 2022. Pasalnya perangkat ini cukup mudah diperbaiki.

Pengguna hanya perlu membuka dua baut yang ada di sekitar area speaker dan membuka layar si iPhone.

Sayangnya untuk masalah perbaikan kaca belakang yang pecah agak susah. Pengguna tidak bisa begitu saja mengangkat kaca belakang seperti saat mengangkat layar. Butuh waktu untuk melakukan hal ini.

Bahkan, kamu mungkin harus memecahkan dulu seluruh kaca belakang dan butuh keterampilan lebih untuk melakukannya.

Namun pada iPhone 14, mengganti kaca belakang lebih mudah daripada mengganti layar. Kalau kamu mau, kamu hanya perlu membuka dua sekrup dan langsung bisa melakukan penggantian.

 

3 dari 3 halaman

3. Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 Paling Susah Diperbaiki

Untuk kategori smartphone yang paling susah diperbaiki, Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 adalah perangkat yang dimaksud. Sangat susah bagi orang biasa untuk melakukan perbaikan terhadap smartphone layar lipat andalan Samsung ini.

Dibutuhkan seorang teknisi tersertifikasi Samsung untuk bisa melakukan perbaikan Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4. Bahkan kalau kamu bisa mendapatkan teknisi yang mampu membuka perangkat ini, kamu tak bisa membeli part penggantian kedua ponsel tersebut.

Parahnya, harga perbaikan kedua smartphone ini juga mahal. Samsung mengenakan biaya USD 500 atau lebih dari Rp 7 juta untuk memperbaiki Galaxy Z Fold 4 atau Flip 4 jika mengalami kerusakan.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.