Sukses

Anak-Anak Kini Bisa Ajukan Permintaan Pembelian di Google Play ke Orangtua

Sekarang, jika Anda belum menyiapkan metode pembayaran keluarga, anak-anak dapat mengirim permintaan pembelian langsung ke pengelola akun keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak keluarga menggunakan Google Play untuk menemukan aplikasi dan game yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Karena itu, Google menambahkan cara baru yang lebih mudah bagi keluarga untuk membeli aplikasi berbayar dan melakukan pembelian dalam aplikasi (in-app purchase) dengan aman.

Di Google Play, kini pengguna dapat memilih metode pembayaran keluarga, yang memungkinkan pengelola keluarga berbagi bentuk pembayaran umum dengan anggota keluarga mereka di perangkat Android yang berbeda.

Jika pengguna memilih untuk berbagi metode pembayaran keluarga dengan anak-anak di bawah 13 tahun (atau batas usia yang berlaku di negara pengguna), ia juga memiliki kontrol untuk menyetujui atau menolak pembelian apa pun yang mereka lakukan.

Selain itu, jika anggota keluarga menggunakan metode pembayaran keluarga, pengguna dapat dengan mudah melihat semua transaksi bersama di riwayat pesanan di Google Play.

"Hari ini kami memperkenalkan alat lain untuk keluarga: Permintaan Pembelian (Purchase request). Sekarang, jika Anda belum menyiapkan metode pembayaran keluarga, anak-anak dapat mengirim permintaan pembelian langsung ke pengelola akun keluarga," ujar Google dalam keterangan resmi perusahaan yang dikutip pada Kamis (29/12/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemberitahuan Real-Time

Pengguna kemudian dapat memberikan evaluasi atas permintaan dan informasi penting tentang aplikasi atau pembelian dalam aplikasi di perangkatnya sendiri. Lalu, ia dapat mengambil keputusan apakah permintaan pembelian itu harus diselesaikan atau tidak.

Dalam hal ini, apabila pengguna memutuskan untuk menyelesaikan pembelian, ia dapat memilih metode pembayaran yang telah tersimpan sebelumnya di akun tersebut.

Pengelola akun keluarga juga akan menerima pemberitahuan atas permintaan pembelian ini secara real-time. Namun, pengguna juga dapat melihat permintaan pembelian itu di dalam daftar antrean permintaan persetujuan untuk diputuskan nanti.

Seperti halnya metode pembayaran keluarga, transaksi yang diselesaikan melalui Purchase Requests akan tersedia di Riwayat Pesanan di Google Play.

3 dari 4 halaman

Pengaturan persetujuan pembelian

Jika kamu adalah pengelola keluarga di grup keluarga, kamu dapat memilih setelan persetujuan pembelian untuk setiap anggota keluarga yang terhubung. Jika kamu adalah orangtua di grup keluarga, kamu juga dapat memilih setelan persetujuan pembelian untuk anggota keluarga yang akunnya dikelola dengan Family Link.

  • Di komputer, buka g.co/yourfamily.
  • Pilih akun anak.
  • Pilih Kontrol, lalu Batasan konten, lalu Google Play, lalu Beli & unduh persetujuan.
  • Pilih jenis persetujuan pembelian yang ingin Anda berikan:
    • Semua konten
    • Semua konten berbayar
    • Hanya pembelian dalam aplikasi
    • Tidak diperlukan persetujuan
4 dari 4 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.