Sukses

WhatsApp Catat Rekor, Ada 25 Juta Pesan Per Detik Saat Final Piala Dunia 2022

Mark Zuckerberg juga mengonfirmasi foto Piala Dunia 2022 di akun Lionel Messi menjadi postingan dengan like terbanyak di Instagram

Liputan6.com, Jakarta - Kemeriahan Piala Dunia 2022 Qatar tak hanya terjadi di platform jejaring sosial seperti Twitter atau Instagram, tapi juga dalam aplikasi messaging milik Meta, WhatsApp.

Hal ini diungkap oleh Mark Zuckerberg, dengan klaim ada 25 juta pesan per detik di WhatsApp saat pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis.

Melalui postingan di akun Facebook-nya, CEO Meta itu juga menyebutkan rekor dicapai foto Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia di Instagram sebagai paling banyak like di platform itu.

"Unggahan Piala Dunia Leo Messi sekarang paling banyak disukai sepanjang sejarah Instagram. WhatsApp juga mencapai rekor 25 juta pesan per detik selama final," kata Mark Zuckerberg, dikutip Kamis (22/12/2022).

Foto Lionel Messi mengangkat trofi Piala Dunia 2022 di Instagram (IG) sebelumnya menjadi unggahan dengan likes terbanyak, atau berarti paling banyak disukai di platform itu.

Rekor baru itu mengalahkan foto telur yang diunggah oleh akun @world_record_egg dimana hingga artikel ini ditulis telah mendapatkan lebih dari 58 juta likes.

Sementara, foto Lionel Messi mengangkat trofi usai menang Piala Dunia 2022 Qatar, sudah mendapatkan lebih dari 70,9 juta likes dari para pengguna IG.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Foto dengan Trofi Piala Dunia

Di foto itu, Lionel Messi pun menyampaikan terima kasihnya kepada keluarga, serta semua yang mendukung dan percaya kepada dirinya dan timnas Argentina.

"Saya memimpikannya berkali-kali, saya sangat menginginkannya sampai saya masih belum jatuh, saya tidak percaya," kata Messi dalam keterangan menyertai foto itu.

"Kami menunjukkan sekali lagi, Argentina ketika kita berjuang bersama dan bersatu, kita mampu mencapai apa yang ingin kita lakukan," tulis Lionel Messi.

Namun tak cuma itu foto Messi yang masuk ke jajaran unggahan IG yang paling banyak disukai.

Foto baru dirinya sedang di ranjang bersama dengan trofi Piala Dunia juga masuk ke posisi tiga post IG dengan paling banyak likes. Saat artikel ini ditulis, postingan itu sudah mendapatkan lebih dari 50 juta likes.

3 dari 4 halaman

Pencarian Google Cetak Rekor di Piala Dunia 2022

Google di sisi lain mencatatkan rekor lalu lintas (traffic) tertinggi mereka untuk Pencarian atau Search, selama gelaran final Piala Dunia 2022 Qatar pada hari Minggu yang lalu. Hal ini diungkap oleh sang CEO, Sundar Pichai.

"Pencarian mencatat lalu lintas tertinggi dalam 25 tahun selama final #FIFAWorldCup, rasanya seperti seluruh dunia mencari tentang satu hal," kata Pichai melalui akun Twitter-nya, dikutip Selasa (20/12/2022).

Mengutip Engadget, Google juga sebelumnya merilis beberapa fitur Penelusuran baru, untuk memudahkan pengguna mengikuti perkembangan Piala Dunia tahun ini.

Mengetik "World Cup" misalnya, akan menampilkan bagian khusus di atas laman pencarian, yang berisi daftar pertandingan yang akan datang salah satunya, termasuk tanggal dan waktu setempat.

Pengguna pun juga dapat mengatur notifikasi di ponsel untuk tim tertentu, dengan mengetuk ikon bel dan memilih timnas yang ingin dipantau.

4 dari 4 halaman

Laporan Twitter Soal Piala Dunia 2022

Twitter memaparkan sejumlah laporan menarik dari platform tersebut, dari momen Piala Dunia 2022 Qatar yang baru usai beberapa waktu lalu.

Melalui blog resminya, dikutip Kamis (22/12/2022), Twitter menyebutkan ada 147 miliar impresi tentang #WC2022 secara global. Ini melampaui #WC2018 dan dua kali lipat dari Olimpiade #Tokyo2020.

Twitter juga mencatat, fans mengunggah Tweet paling banyak selama final antara Prancis dan Argentina.

Selain itu, Lionel Messi juga menjadi pemain yang paling banyak di-mention atau disebut selama gelaran Piala Dunia 2022, diikuti Kylian Mbappe, Neymar Jr., Cristiano Ronaldo, dan Son Heung-min.

Sementara, Argentina menjadi tim yang paling banyak di-mention selama turnamen diikuti Brazil, Prancis, Portugal, dan Kroasia.

Twitter menambahkan, Brasil mengirimkan paling banyak cuitan dibandingkan negara lainnya selama Piala Dunia. Jepang, Argentina, Amerika Serikat, dan Prancis, mengikuti di belakangnya berturut-turut.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.