Sukses

Jepang Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Elon Musk Beri Selamat, Warganet Sebut Mirip Blue Lock

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Jepang secara mengejutkan berhasil menundukkan Spanyol dengan skor 2-1 di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 Qatar pada Jumat (2/12/2022) dini hari Waktu Indonesia Barat.

Tentu saja, kemenangan ini ramai dibicarakan warganet di media sosial Twitter. Beberapa bahkan mengaitkannya dengan judul-judul anime seperti Blue Lock hingga Captain Tsubasa.

Tak cuma itu, CEO Tesla dan pemilik Twitter Elon Musk, juga mengunggah Tweet berisi ucapan selamat kepada Timnas berjuluk Samurai Biru itu.

Berbagai meme pun menghiasi jagat Twitter usai kemenangan tersebut. Tentu saja, ada banyak yang warganet yang membuat meme berdasarkan anime, seperti yang menyebut kemenangan Jepang mirip dengan yang terjadi di Blue Lock.

Meme lainnya juga berisi tentang skuat Jepang saat melawan Jerman dan Spanyol, yang diisi para tokoh-tokoh kuat dalam anime seperti Luffy dari One Piece, Goku dari Dragon Ball, Naruto, hingga Saitama dari One Punch Man. 

Meski begitu, kemenangan Jepang melawan Spanyol bukan tanpa perdebatan. Hal ini karena gol yang dibuat Ao Tanaka menimbulkan kontroversi.

Tayangan ulang menunjukkan bola nyaris keluar dari lapangan sebelum Kaoru Mitoma melepaskan umpan ke tengah gawang. Wasit Victor Gomes (Afrika Selatan) sempat menganulirnya, karena hakim garis mengangkat bendera, sinyal bola sudah keluar garis gawang.

Tetapi setelah diulas di ruang video assistant referee (VAR), wasit kemudian mengesahkannya menjadi gol, yang langsung disambut gembira para pemain Samurai Biru.

Hasil Jepang vs Spanyol, membuat Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2022 meski sukses mengandaskan Kosta Rika 4-2. Jerman kalah selisih gol dari Spanyol yang tetap lolos sebagai runner up grup di bawah Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Jepang Sukses Tundukkan Spanyol

Laga terakhir Grup E, Piala Dunia Qatar 2022 usai digelar Kamis kemarin. Jepang sukses menundukkan Spanyol 2-1, berbarengan dengan laga tersebut, Jerman berhasil melibas Kosta Rika dengan skor 2-4.

Kendati berhasil meraih poin penuh pada laga kontra Kosta Rika, akan tetapi Der Panzer--julukan Jerman--gagal melangkah ke putaran 16 besar Piala Dunia 2022. Pasalnya, skuad asuhan Flick kalah dalam selisih gol oleh Spanyol.

Alhasil, Jepang dan Spanyol dinobatkan menjadi perwakilan Grup E yang selanjutnya berhak melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Berikut review pertandingan tim Samurai Biru--julukan Jepang--mulai dari laga pertama hingga akhir fase grup kemarin.

Pada laga pembukaan, Jepang mampu membungkam Der Panzer dengan skor tipis 2-1. Asano dan kawan-kawan mampu membuktikan pada dunia jika timnas Jepang dapat berkata lebih di ajang sepak bola terakbar sejagat raya ini.

 

3 dari 3 halaman

Lawan Jepang Selanjutnya

Sedangkan, pada pertandingan selanjutnya, Jepang sempat terguncang setelah mengalami kekalahan tipis dari Kosta Rika 0-1. Tapi, setelah laga itu Jepang bangkit dan kembali menorehkan kemenangan atas Spanyol.

Hasil Jepang ini terpampang jelas di papan klasemen Grup E, Piala Dunia 2022. Jepang meraih 6 poin, menyusul Spanyol dan Jerman mengumpulkan 4 poin, Kosta RIka berada di akhir klasemen dengan hanya mengumpulkan 3 poin saja.

Pada laga 16 besar, Jepang akan melawan Kroasia sebagai runner up Grup F di Stadion Al Janoub pada Senin (5/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Sedangkan Spanyol akan melawan Maroko di babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion Education City pada Selasa (6/12/2022) pukul 22.00 WIB.

(Dio/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS