Sukses

Ini Daftar HP Android yang Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Tahun Depan

Liputan6.com, Hawaii - Qualcomm baru saja kehadiran chipset terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2, di Hawaii, Amerika Serikat Selasa 15 November 2022.

Tampil dengan peningkatan dalam hal teknologi AI, kamera, keamanan data, dan performa gaming, ponsel mana saja yang akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 2 di HP Android buatan mereka?

Sayangnya, tahun ini Qualcomm masih tutup mulut soal siapa vendor pertama yang akan memakai Snapdragon 8 Gen 2.

Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengungkap daftar HP Android yang akan pakai Snapdragon 8 Gen 2 tahun 2023 mendatang.

Lewat presentasinya di Snapdragon Summit 2022, PJ Jacobowitz, Staff Manager dan Product Marketing Qualcomm Technologies, ada 15 vendor ponsel yang siap memakai chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini.

- Asus ROG

- Honor

- iQOO

- Motorola

- Nubia

- OnePlus

- Oppo

- Redmagic

- Redmi

- Sharp

- Sony

- Vivo

- Xiaomi

- Xingji/Meizu

- ZTE

Walau belum ditentukan siapa, beberapa pihak masih meyakini Xiaomi akan menjadi ponsel pertama yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Xiaomi 13.

Lainnya berpendapat, Vivo X90 Pro+ yang akan dirilis dalam waktu dekat ini menjadi HP Android pertama dengan chipset baru milik Qualcomm ini.

Selain kedua perusahaan di atas, masih ada beberapa merek ponsel lain yang juga berpotensi pakai Snapdragon 8 Gen 2 ini, seperti Honor, Oppo, hingga iQOO dari daftar di atas.

Menurut kamu vendor apa yang akan menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini? Pantau terus informasinya di Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Fitur Baru di Snapdragon 8 Gen 2

<p>Snapdragon 8 Gen 2 di ponsel Android apa? (Liputan6.com/ Yuslianson)</p>

Tampil sebagai chipset premium, Qualcomm sendiri menjanjikan sejumlah peningkatan dan fitur baru ke dalam Snapdragon 8 Gen 2.

Ketimbang Snapdragon 8 Gen 1, chipset terbaru milik Qualcomm ini diklaim lebih bertenaga di performa dan efisien dalam konsumsi daya baterai.

Dalam pengenalan chipset barunya ini, Qualcomm meng-highlight sejumlah peningkatan dan fitur baru yang akan hadir di sejumlah ponsel premium tahun depan.

Salah satu teknologi yang mengalami peningkatan di Snapdragon 8 Gen 2 adalah kemampuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) di ponsel.

Lewat Snapdragon Smart, Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Hexagon mampu meningkatkan performa dan konsumsi daya lebih rendah dari AI engine di chipset sebelumnya.

"Performa kali ini meningkat hingga 4,35x lebih tinggi, tetapi daya yang dikonsumsi lebih rendah," kata Vinesh Sukumar, Senior Director Product Management Qualcomm Technologies.

Dalam salah satu sesi demo di Snapdragon Summit 2022, Qualcomm menunjukkan kemampuan AI engine barunya ini dapat menerjemahkan tiga bahasa real-time secara bersamaan.

Saat demo, baru ada tiga bahasa yang mendukung kemampuan ini, yaitu Inggris ke Tiongkok dan Spanyol.

3 dari 5 halaman

Kamera Dukung Sensor 200MP dan 8K HDR 30fps

<p>SVP and General Manager of Handsets, Qualcomm, Chris Patrick, saat memperkenalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit 2022. Liputan6.com/Yuslianson</p>

Di sektor fotografi, Snapdragon 8 Gen 2 sudah dipastikan sudah mendukung sensor kamera 200MP dan mampu merekam video 8K HDR hingga 30fps.

Bagi pengguna ponsel yang suka mengambil video, ponsel dengan chipset baru Qualcomm ini sudah mendukung codec AV1 yang menawarkan kualitas video lebih tinggi.

Adapun codec AV1 ini mampu mengkompres ukuran file video 30 persen lebih kecil ketimbang dengan codec H.265.

Perusahaan juga menyertakan teknologi Cognitive ISP pertama di dunia, dimana chipset baru ini dapat secara otomatis menyempurnakan foto dan video secara langsung dengan segmentasi semantik.

Dengan neural network AI terbaru ini, kamera ponsel mampu mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, langit, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Perkenalkan Ray-Tracing di Ponsel

President and Chief Executive Officer of Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, memperkenalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 di Snapdragon Summit 2022. Liputan6.com/Yuslianson

Untuk urusan main gim di perangkat mobile, Qualcomm meningkatkan teknologi Snapdragon Elite Gaming dengan teknologi ray tracing.

Didukung dengan hardware mumpuni, ponsel yang dilengkapi Snapdragon Elite Gaming ini mampu menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi lebih nyata saat bermain gim mobile.

Berdampingan dengan GPU Qualcomm Adreno yang sudah ditingkatkan hingga 25 persen, dan CPU Qualcomm Kryo ini memungkinkan baterai ponsel lebih efisien hingga 40 persen.

"Kini ponsel dengan Snapdragon Elite Gaming baru ini tak hanya mampu menampilkan grafis lebih detail, tetapi juga daya baterai lebih lama," katanya.

Gamer dapat melihat karakter di dalam gim lebih nyata dengan dukungan optimal seluler pertama di dunia untuk Unreal Engine 5 Metahumans Framework pada Snapdragon.

Qualcomm juga melakukan peningkatan dalam hal lainnya, seperti Snapdragon Connect mencakup konektivitas prosesor AI 5G pertama di dunia dalam perangkat mobile.

Snapdragon 8 Gen 2 ini juga menjadi satu-satunya SoC Wi-Fi 7 komersial dengan High Band Simultaneous Multi-Link.

Perusahaan juga memperkenalkan teknologi Snapdragon Sound, yang kini mendukung audio spasial dengan pelacakan gerakan kepala dinamis untuk pengalaman gaming dan multimedia yang imersif.

(Ysl/Dam)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS