Sukses

Airasia Ride Mengaspal di Bali, Hadirkan Pengalaman Baru untuk Pelancong

Airasia mengumumkan layanan Airasia Ride kini telah resmi mengaspal di Provinsi Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Airasia Ride layanan ride hailing dari Airasia Super App kini telah mengaspal di Indonesia. Untuk mengawali kehadiran layanan ini, Airasia Ride sudah hadir di Bali sejak 2 November 2022.

Sesuai namanyam, Airasia Ride merupakan layanan ride hailing yang lahir dari maskapai penerbangan Airasia. Layanan ini hadir untuk melengkapi kebutuhan para pelancong dengan ekosistem perjalanan yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Dengan menggunakan Airasia Super App, para wisatawan bisa memesan tiket penginapan, akomodasi penginapan, membeli oleh-oleh, hingga mengakses layanan Airasia Ride untuk melakukan perjalanan selama di tujuan wisata.

"Selama lebih dari dua dekade, Airasia mampu menghantarkan lebih dari 700 juta penumpang melalui udara. Tidak ada keraguan bagi kami melakukan hal yang sama dengan transportasi darat, yakni Airasia Ride melalui ekosistem digital yang terintegrasi, terjangkau, dan inklusif," tutur Head of Delivery Airasia Super App Arbi Wienandar dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (16/11/2022).

Tidak hanya bagi para pengguna, layanan ini juga menghadirkan manfaat yang sama bagi para pengemudi. Sebab, layanan ini menetapkan tarif terbaik dan dibekali kekayaan database Airasia untuk mendukung operasional para pengemudi.

Kehadiran Airasia Ride di Bali juga membuka sumber pendapatan bagi warga setempat yang bergabung dengan pengemudi. Salah satu yang sudah merasakannya adalah Komang Sadnyana.

Ia menuturkan, Airasia Ride turut mempertimbangkan keadilan bagi pengemudi, tidak hanya keuntungan untuk pelanggan. Menurut Komang, hal ini yang menjadi perbedaan layanan dari Airasia tersebut.

"Yang saya rasakan, Airasia Ride juga mengutamakan transparansi bagi pengemudi dalam menerapkan berbagai peraturan. Selama ini, banyak pengemudi online merasa tidak mendapatkan kesemaptan memberikan pandangan dari sisi kami," tuturnya.

Saat ini, Airasia Ride bisa digunakan dengan lebih dulu mengunduh aplikasi Airasia Super App di App Store dan Play Store. Untuk sekarang, ada beberapa promo yang bisa dinikmati para pengguna, mulai dari diskon 50 persen hingga potongan harga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Pasar Paling Menjanjikan untuk AirAsia Super App

Sebelumnya, CEO of AirAsia Super App, Amanda Woo menyatakan bahwa Indonesia adalah pasar paling menjanjikan untuk platform online travel agent (OTA) teranyar milik maskapai dari Malaysia tersebut.

Hal itu bukan tanpa alasan. Sebab Amanda melihat Bali sebagai tujuan destinasi wisatawan dari manca negara.

“Indonesia adalah pasar yang sangat potensial untuk fokus kami saat ini dan bulan depan, kami Tim airasia Super App akan hadir langsung ke Bali untuk meneguhkan Bali sebagai tujuan destinasi utama,” kata Amanda dalam pidato presentasinya di The Linc, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (25/10/2022).

Amanda menjelaskan, ada alasan khusus mengapa Bali menjadi provinsi pertama yang menjadi target pasar airasia Super App. Berdasarkan data yang dimiliki, Bali tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal namun juga asing.

“Jika bertanya mengapa Bali lebih dulu daripada Jakarta? Karena Bali adalah yang terbesar potensinya untuk wisatawan tidak hanya lokal tapi juga mancanegara. Usai Bali baru nanti kami akan menggarap kota-kota tujuan wisata lainnya di indonesia,” jelas Amanda.

Amanda memastikan, nantinya tidak hanya Bali yang akan menjadi tujuan dari pasar platform besutannya. Provinsi berikutnya adalah Jakarta. Ibu kota negara Indonesia ini dipilih selain sebagai pusat bisnis namun juga menjadi destinasi wisata menarik bagi para pelancong.

“Tentunya setelah fokus kita di Bali, Jakarta akan menjadi kota selanjutnya. Bahkan kita juga tengah menjajaki kerjasama dengan Gojek di Jakarta karena Indonesia adalah pasar yang sangat sangat besar dan kita ingin sukes besar menggarap pasar tersebut,” pungkas Amanda optimistis.

3 dari 4 halaman

Cerita Bangun AirAsia Super App di Tengah Pandemi

Pendiri AirAsia Tony Fernandes mengaku, perjuangan kesuksesan AirAsia diawali dari mimpi. Menurut dia, hal tersebut sama dengan lahirnya AirAsia Super App. Diketahui, AirAsia Super App adalah sebuah online travel agent (OTA) yang dihadirkan sebagai layanan teranyar besutan maskapai penerbangan asal Malaysia ini.

“Saya pernah terpikir bagaimana menggabungkan tentang hotel dan penerbangan dalam satu waktu, dan saya rasa bahwa AirAsia harus melakukan sesuatu yang lebih untuk hal ini,” kata Tony saat pidato seremoni penandatanganan kerja sama dengan lebih dari 50 grup hotel di kawasan ASEAN di The Linc, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (25/10/2022).

Tony meyakini, AirAsia adalah maskapai yang besar dalam segi sumber daya. Dia percaya, bila timnya bisa fokus untuk menggerakkan para penumpang maskapainya untuk menggunakan platform Super App, maka bukan sekadar membeli tiket pesawat, namun juga akomodasi hotel dalam saat bersamaan.

“Kita tengah membangun program untuk hal tersebut (ekosistem) untuk mencoba bisa membeli tiket pesawat dan sekaligus hotel,” jelas dia.

Namun ketika tengah membangun, lanjut Tony, hantaman badai pandemi tidak dapat dihindari. Dia pun mengamini, timnya sempat ‘jungkir balik’ dengan industri penerbangan pada saat itu.

Tetapi, kegigihan dan perjuangannya mampu melahirkan AirAsia Super App untuk mengakomodasi para pelancong untuk dapat melakukan apapun melalui satu pintu.

“Jadi tidak hanya soal penerbangan tetapi juga hotel, duty free dan kita bergerak sangat cepat!,” bangga Tony menandasi.

  

4 dari 4 halaman

Bukan Sekedar OTA, Ini Keunggulan AirAsia Super App yang Ditawarkan

 CEO Capital A, Tony Fernandes menyaksikan langsung penandatanganan antara AirAsia Super App dengan lebih dari 50 grup hotel ternama asal Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Menurut dia, airasia Super App bukanlah sekedar online travel agent (OTA), melainkan sebuah platform komunitas yang akan membawa penggunanya menjelajahi destinasi terbaik yang belum terjamah sebelumnya.

“Airasia Super App beyond the online booking platform! Karena kita adalah komunitas yang mampu mengenalkan destinasi ke tempat-tempat tujuan baru!,” seru Toni dalam pidato sambutannya di The Linc, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (25/10/2022).

Toni menjelaskan, destinasi baru yang dimaksud adalah melalui rute penerbangan menyasar kota-kota di negara-negara Asia Tenggara, salah satunya seperti Bandung, Belitung, dan Lombok yang diyakini belum ada penerbangan langsung dari luar Indonesia ke kota tersebut.

“Yang saya ingin katakan, apa yang dilakukan ini bukanlah mimpi, dan percaya atau tidak, kami akan menjadi mitra favorit anda,” yakin dia.

Bos besar maskapai penerbangan AirAsia ini memastikan, pandemi Covid-19 tidak akan menghentikan langkahnya untuk terus bergerak maju. Justru, dengan badai pandemi, AirAsia akan semakin lebih kuat dengan hal-hal baru di dalamnya. 

“Covid tidak akan pernah menjatuhkan kami, kami akan kembali lebih kuat, dan lebih baik, dan menjadi mitra yang lebih baik untuk anda semua,” kata Tony memungkasi.

Sebagai informasi, kerja sama airasia Super App dengan hotel-hotel di ASEAN ini turut didukung oleh peningkatan signifikan pada jumlah inventori AirAsia hotels. Hal ini tentu akan menambah kenyamanan dalam memilih beragam opsi penginapan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan setia maskapai AirAsia.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.