Sukses

5 Fitur Keselamatan Grab yang Belum Banyak Diketahui

Liputan6.com, Jakarta - Mengutamakan keselamatan, keamanan, serta kenyamanan penumpang dan mitra pengemudi, Grab hingga saat ini telah menyematkan 20 fitur keselamatan di aplikasinya.

Lima di antaranya belum banyak diketahui pengguna. Pertama, layanan telepon bebas pulsa; kedua, fitur chat dengan sensor kata otomatis; ketiga, fitur bagikan informasi perjalanan.

Lalu keempat, fitur keselamatan untuk memastikan penumpang berada dalam rute yang sesuai; dan kelima, sistem pengingat waktu istirahat bagi mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja terlalu lama guna mencegah kelelahan dalam berkendara.

"Bagi Grab, memberikan perlindungan saat selama perjalanan merupakan prioritas utama. Hal ini tercermin dari upaya Grab untuk menyematkan beragam fitur keselamatan dengan pemanfaatan teknologi guna memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna,” kata Chief Communications Officer Grab Indonesia, Mayang Schreiber.

Melalui keterangan resmi perusahaan, dikutip Selasa (15/11/2022), ia mengungkapkan Grab juga menggandeng lembaga resmi bersertifikasi untuk memberikan pelatihan mengenai tindak pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual hingga konseling pasca perjalanan bagi pengguna yang membutuhkan.

“Harapannya, hal ini dapat menciptakan rasa #PercayaAman saat menggunakan aplikasi Grab," ucapnya memungkaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penjelasan 5 Fitur Keselamatan Grab

Guna melindungi perjalanan dari berbagai sisi, berikut penjelasan dari lima fitur keselamatan dari total 20 fitur yang tersedia pada aplikasi Grab.

1. Layanan Telepon Bebas Pulsa

Menggunakan teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol) sehingga komunikasi antara penumpang dan mitra pengemudi tidak hanya tetap terjaga privasinya tapi juga bebas biaya.

2. Fitur Chat dengan Sensor Kata Otomatis

Dengan teknologi machine learning, fitur chat Grab dapat secara otomatis memblokir kata-kata sensitif atau tidak pantas.

Selain itu, ada pula Tim Quality Assurance yang secara khusus memantau percakapan dan melakukan pemblokiran untuk kata-kata sensitif atau tidak pantas antara penumpang dan mitra pengemudi yang belum terdaftar pada aplikasi atau tulisan yang dimodifikasi.

 

3 dari 4 halaman

3. Bagikan Informasi Perjalanan

Informasi mengenai status perjalanan penumpang secara real time yang dapat dibagikan ke keluarga atau kerabat penumpang dalam format tautan atau link untuk memantau perjalanan status perjalanan, status mitra pengemudi, hingga pelacakan untuk perjalanan yang sedang berlangsung.

4. Sistem Pengecekan Jika Perjalanan Tidak Sesuai

Grab akan otomatis mengirimkan pesan untuk mengecek jika perjalanan yang terdeteksi berhenti tiba-tiba atau ke luar rute yang ditentukan berdasarkan pantauan sinyal GPS atau kondisi lalu lintas.

5. Sistem Pengingat bagi Mitra Pengemudi untuk Beristirahat

Otomatis dikirimkan kepada mitra pengemudi yang terdeteksi telah bekerja/mengemudi melebihi waktu tertentu untuk menghindari risiko kecelakaan akibat kelelahan.

4 dari 4 halaman

Grab, Emtek, dan Bukalapak melanjutkan program akselerator Kota Masa Depan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS