Sukses

Sony Laporkan Konsol PS5 Sudah Terjual 25 Juta Unit

Sony melaporkan bahwa pada kuartal tiga tahun 2022, konsol PS5 terjual hingga 3,3 juta unit

Liputan6.com, Jakarta - Sony melaporkan hingga saat ini, secara keseluruhan sudah ada sekitar 25 juta unit konsol game PlayStation 5 (PS5) yang terjual di seluruh dunia.

Dalam laporan pendapatan terbarunya, perusahaan juga melaporkan di kuartal tiga tahun 2022, konsol game itu sudah terjual hingga 3,3 juta unit.

Mengutip Engadget, Senin (7/11/2022), angka di kuartal ini jauh dari apa yang diperlukan untuk mencapai target penjualan 18 juta unit di tahun fiskal 2022.

Adapun dilaporkan, penjualan di pertengahan tahun fiskal (berakhir 31 Maret) saat ini mencapai 5,7 juta, yang juga hampir sama dengan 2021 di titik ini (5,6 juta).

Meski jumlah PS5 yang terjual sama, pendapatan dilaporkan meningkat secara signifikan jika dibandingkan dengan tahun lalu atau 12 persen, menjadi 727 miliar yen (sekitar Rp 77 triliun). Sebagian berkat naiknya harga PS5 awal tahun ini.

Namun, laba perusahaan turun 49 persen karena baru-baru ini, Sony mengakuisisi Bungie, yang diiringi kenaikan biaya developer game.

Di 2021, Sony dilaporkan sudah menjual 11,5 juta unit konsol. Jadi, kemungkinan besar penjualan di tahun 2022 tidak akan jauh berbeda.

Namun, ini juga akan banyak bergantung pada penjualan selama liburan dan apakah produksi dapat dijaga sesuai dengan permintaan. Masalah tersebut sudah dirasakan konsol ini sejak dirilis, karena pandemi dan berbagai faktor lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Laporan Pendapatan Sony Lainnya

Bulan Mei lalu, Sony mengklaim akhirnya akan bisa meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan PS5, karena masalah rantai pasokan mereda.

Di sisi lain, penjualan perangkat lunak atau software turun jadi 62,5 juta unit dari 76,4 juta di titik ini tahun lalu. Unduhan digital menyumbang 63 persen dari itu, naik sedikit dari tahun lalu.

Sementara, jumlah pelanggan PlayStation Plus menurun secara berturut-turut dalam dua kuartal.

PS5 sendiri pertama kali diluncurkan di 12 November 2020 di Australia, Jepang, Selandia Baru, Amerika Utara, dan Korea Selatan, yang kemudian disusul perilisan secara global tak lama setelahnya.

Di Indonesia, pre-order untuk PS5 dibuka pada 18 Desember 2020, dan saat itu dijual dengan harga mulai Rp 7,3 juta untuk PS5 Digital Edition dan Rp 8,8 juta untuk PS5 dengan drive disk Ultra HD Blue-ray.

3 dari 4 halaman

God of War Ragnarok Siap Meluncur 9 November 2022

Sementara itu, salah satu game di konsol PlayStation yang paling ditunggu, God of War Ragnarok, akan dirilis dalam waktu dekat.

God of War Ragnarok dijadwalkan akan meluncur pada 9 November 2022. Game ini nantinya akan hadir untuk platform PS4 dan PS5.

Sony sendiri baru saja merilis trailer perdana game ini beberapa waktu lalu. Trailer ini memperlihatkan kelanjutan perjalanan Kratos dan putranya Atreus dalam mengarungi kisah mitologi Nordik.

Salah satu adegan yang ditampilkan dalam trailer ini adalah ketika Kratos sedang memberikan pelajaran pada Atreus mengenai apa artinya menentang takdir yang seharusnya mereka jalani.

Trailer juga menampilkan sosok Atreus yang memiliki rahasianya sendiri, sehingga membuatnya harus membangun ikatan kepercayaan lebih dalam dengan sang ayah.

 

4 dari 4 halaman

Setia pada Referensi Asli

Studio Sony Santa Monica diketahui pula cukup setia pada referensi asli Ragnarok. Hal itu ditunjukkan melalui penampilan monster, dewa, dan peristiwa yang berhubungan langsung dengan peristiwa Ragnarok dalam trailer ini.

Sony juga memperlihatkan sejumlah gameplay nantinya akan tampil dalam game, seperti aksi Kratos menggunakan pedang api untuk menebas musuh atau mencabuk wilayah sekitarnya.

Game ini akan mengambil kisah yang terjadi setelah tiga tahun dari peristiwa game God of War sebelumnya. Pada cerita kali ini, Kratos dan Atreus--kini beranjak remaja--akan berhadapan dengan dewa-dewa Nordik ternama, seperti Thor dan Freya.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.