Sukses

Deretan HP Samsung yang Bakal Kebagian One UI 5.0 Sebelum 2023, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui tengah mengembangkan One UI 5.0 berbasis Android 13 saat ini. Beberapa model HP Samsung bahkan sudah mendapatkan One UI 5.0 versi beta.

Usai digulirkannya versi beta, Samsung kini dilaporkan bersiap untuk merilis versi stable-nya. Hal ini diketahui dari laporan terbaru SamMobile.

Berdasarkan laporan tersebut, seperti dikutip dari GSM Arena, Senin (26/9/2022), ada sejumlah smartphone Samsung yang disebut akan mendapatkan One UI 5.0 berbasis Android 13 sebelum tahun depan.

Menurut laporan, deretan HP Samsung yang akan mendapatkan One UI 5.0 versi stable sebelum tahun depan adalah lini Galaxy S21 dan Galaxy S22. Selain itu, model lain yang juga akan mendapatkannya adalah Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, Galaxy Z Fold4, dan Galaxy Z Flip4.

Tidak hanya deretan seri flagship, lini Galaxy A juga dipastikan akan mendapatkan One UI versi terbaru ini pada 2022. Namun dari laporan, hanya ada satu model yang akan mendapatkannya, yakni Galaxy A53.

Kendati demikian, perlu diingat, ada kemungkinan perubahan rencana mengingat akhir 2022 hanya tinggal beberapa bulan lagi. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut dari Samsung mengenai kehadiran One UI 5.0.

Samsung sendiri diketahui telah resmi menggulirkan One UI 5 Beta berbasis Android 13 untuk para pengguna Galaxy S22 di Amerika Serikat, Jerman, dan Korea Selatan pada bulan lalu.

One UI 5.0 versi Beta hadir dengan pembaruan yang terbilang kecil, dengan menambahkan beberapa opsi penyesuaian. Baik itu pada notifikasi, pengaturan aksesibilitas, dan keamanan baru.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Sejumlah Pembaruan di One UI 5.0

Mengutip The Verge, One UI 5 dibangun dari opsi tema Android 13 dan menawarkan hingga 16 tema warna berdasarkan wallpaper pengguna. Selain itu, One UI 5 juga menawarkan 12 opsi warna tambahan untuk home screen, ikon, dan quick panel smartphone.

One UI 5 Beta juga memperkenalkan kemampuan untuk menumpuk widget berukuran sama di atas satu sama lain sehingga memberi tampilan yang tidak terlalu berantakan.

Ada beberapa fitur aksesibilitas baru, termasuk tool Magnifier yang menggunakan kamera smartphone untuk memperbesar objek dan teks di kehidupan nyata hingga opsi untuk membuat ponsel membaca input keyboard dengan keras.

Samsung merinci beberapa fitur lain yang diadopsi One UI 5 dari Android 13. Mulai dari pengaturan notifikasi baru yang mengaruskan pengembang aplikasi meminta izin sebelum mengirim notifikasi.

Selain itu, One UI 5 Beta juga memungkinkan pengguna mengatur pilihan bahasa berdasarkan aplikasi demi aplikasi. One UI 5 Beta juga memberikan pengguna akses ke dasbor keamanan yang didesain ulang, yang memindai ponsel saat terjadi masalah.

3 dari 5 halaman

Samsung Bakal Hadirkan Pengalaman Lebih Ngebut di One UI 5.0

Perlu diketahui, Samsung dilaporkan akan meningkatkan pengalaman pengguna lewat One UI 5.0. Informasi ini diketahui dari laporan eksklusif Sam Mobile beberapa waktu lalu.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Jumat (10/6/2022), peningkatan pengalaman yang dimaksud adalah Samsung berencana untuk mempercepat navigasi dari One UI versi terbaru tersebut.

Saat ini, One UI 5.0 memang masih dalam tahap pengembangan, tapi perusahaan memang telah menjadikan tampilan antarmuka yang lebih cepat menjadi salah satu fokus utama.

Oleh sebab itu, menurut laporan, tim internal Samsung tengah bekerja untuk bisa meningkatkan kecepatan navigasi One UI secara signifikan. Tidak hanya itu, mereka juga akan menghadirkan animasi yang lebih mulus dan lebih cepat.

Apabila dilihat, perubahan yang ditawarkan memang tidak terlalu besar, tapi disebut sangat berdampak pada pengalaman pengguna. Sebab, keluhan mengenai lag jelas dapat dikurangi.

Tidak hanya itu, dengan dukungan refresh rate yang lebih tinggi di sejumlah perangkat Samsung, pengalaman pengguna tentu akan kian mumpuni. Hanya hingga sekarang belum ada informasi mengenai kapan One UI 5.0 akan diperkenalkan ke publik.

Namun dari prediksi, ada kemungkinan Samsung akan mengungkap One UI terbaru ini saat SDC (Samsung Developers Conference) yang digelar jelang akhir tahun ini. Dari situ, kemungkinan besar informasi mengenai versi beta One UI akan diumumkan pula.

Setelahnya, di akhir tahun, sejumlah perangkat premium Samsung kemungkinan besar akan mendapatkan pembaruan One UI 5.0 berbasis Android 13 ini. 

4 dari 5 halaman

Deretan Smartphone Samsung yang Bakal Dapat Update One UI 4.1

Seiring dengan perilisan Galaxy S22 series, Samsung juga merilis versi baru dari antarmuka Samsung One UI 4.1. Nah, beberapa hari lalu, Samsung juga merilis smartphone baru Galaxy A33 5G, Galaxy A53 5G, dan Galaxy A73 5G. Ketiganya mendapatkan versi terbaru dari One UI di atas.

Tidak hanya perangkat di atas, sejumlah smartphone Samsung lainnya juga akan kebagian One UI 4.1.

Mengutip Gizchina, Minggu (20/3/2022), Samsung mengumumkan rencananya untuk memperbarui sistem operasinya ke One UI 4.1. Perusahaan pun memutuskan untuk mendistribusikan update dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, update One UI 4.1 akan dirasakan oleh para pemilik smartphone layar lipat Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3, Galaxy S21 series, sejumlah Galaxy A seris, dan tablet Galaxy S7 FE.

Sementara, pada tahap kedua, update One UI 4.1 akan menjangkau seri Galaxy S20, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip, Galaxy Note 20, Galaxy Note 10, dan Galaxy S10 series.

(Dam/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.