Sukses

Instagram Mulai Uji Coba Fitur Repost

Meta mengonfirmasi bahwa Instagram sedang melakukan uji coba untuk fitur Repost

Liputan6.com, Jakarta Instagram dilaporkan sedang menguji fitur memposting ulang alias repost, untuk unggahan maupun Reels. Kabar ini pun telah dikonfirmasi oleh induk media sosial tersebut yaitu Meta.

Fitur ini pertama kali ditemukan dan dilaporkan oleh konsultan media sosial Matt Navarra, yang mengunggah tangkapan layar, yang menunjukkan sebuah tab baru yaitu Repost.

Dilansir Tech Crunch, dikutip Selasa (13/9/2022), tab ini mungkin akan berisi sebuah unggahan dan Reels, yang telah dibagikan ulang oleh pengguna di akun mereka.

Menurut tangkapan layar, tab Repost akan muncul di profil pengguna di sebelah tab post dan Reels, serta foto yang ditandai.

Dalam pernyataannya kepada Tech Crunch, juru bicara Meta mengatakan baru berencana menguji fitur Repost ini ke sejumlah pengguna tertentu. Meskipun begitu, fitur ini belum dirilis untuk pengguna secara luas.

"Kami sedang menjajaki kemampuan membagikan ulang postingan di Feed, mirip dengan cara Anda membagikan ulang di Stories, sehingga orang-orang dapat membagikan apa yang sesuai dengan mereka, sehingga kreator asli dihargai atas karya mereka," kata Meta.

"Kami berencana untuk menguji ini segera dengan sejumlah kecil orang," imbuh Meta.

Sejauh ini, memang belum ada fitur Instagram untuk secara langsung mengunggah ulang sebuah postingan dari pengguna lain di. Namun, pengguna seringkali memakai aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Repost di Berbagai Media Sosial

Instagram memang sudah mengeluarkan fitur untuk membagikan kiriman seseorang di Story. Namun, fitur baru yang sedang diuji ini akan memungkinkan pengguna untuk membagikan kiriman tersebut di feed.

Konsep repost di media sosial sendiri bukanlah sesuatu yang baru. Twitter bahkan sudah memiliki fitur Retweet sejak lama, yang kemudian diadopsi oleh platform lain.

TikTok, baru-baru ini juga menguji versi Repost-nya sendiri, yang memungkinkan pengguna untuk memperkuat video di platform tersebut, dengan membagikannya ke pengikut mereka.

Namun berbeda dari Retweet, video yang di-repost di TikTok, tidak muncul di profil karena hanya dikirim ke feed For You teman pengguna. Sementara di Instagram, hasil Repost akan muncul di feed pengikut, dan masih ditampilkan di profil namun di tab khusus.

Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi pada bulan Mei juga sudah melihat bahwa Instagram sedang mengembangkan fitur ini. Dalam tangkapan layarnya, terlihta bahwa pengguna akan bisa menemukan opsi Repost di menu Share atau bagikan.

Tangkapan layar juga menunjukkan bahwa pengguna akan memiliki opsi untuk menambahkan opini atau keterangannya sendiri saat membagikan ulang postingan tersebut.

3 dari 4 halaman

Instagram Uji Coba Fitur Mirip BeReal

Sebelumnya, Instagram ketahuan menguji coba sebuah fitur baru yang disebut-sebut meniru aplikasi media sosial BeReal. Tes ini pun sudah dikonfirmasi oleh pihak Meta. Fitur yang disebut sebagai "IG Candid" ini ditemukan oleh leaker Alessandro Paluzzi.

Fitur ini dikabarkan mirip dengan media sosial BeReal, yang pada dasarnya meminta pengguna untuk membagikan foto yang autentik di waktu yang acak setiap hari.

Paluzzi, dikutip dari The Verge, Selasa (30/8/2022), juga membagikan tangkapan layar yang menunjukkan deskripsi dari Instagram, tentang bagaimana fitur itu bekerja.

"Tambahkan IG Candid yang lain ke cerita Anda. Dan setiap hari di waktu yang berbeda, dapatkan pemberitahuan untuk mengambil dan membagikan foto dalam dua 2 menit," tulis tangkapan tersebut.

Untuk yang belum familiar, pengalaman ini mirip dengan apa yang ditawarkan oleh BeReal, sebuah media sosial yang diketahui sedang populer sebagai aplikasi gratis di App Store.

Media sosial ini mengirimkan notifikasi ke penggunanya secara acak setiap harinya, memberikan waktu dua menit untuk mengambil foto menghadap ke belakang dan swafoto secara bersamaan.

 

4 dari 4 halaman

Meta Konfirmasi Sedang Uji Internal IG Candid

Konsep ini mendorong pengguna untuk membagikan gambar yang autentik dari hari-hari pengguna, alih-alih konten yang dipilih dan dikuratori seperti di Instagram.

Kepada The Verge, Meta mengonfirmasi mereka memang sedang melakukan uji coba pada fitur Instagram IG Candid. Namun, tes dilakukan hanya pada prototipe internal.

"Fitur ini adalah prototipe internal, dan bukan pengujian eksternal," kata juru bicara Meta Christine Pai. Sehingga tidak diketahui apakah fitur ini benar-benar akan dirilis atau tidak, serta kapan waktunya rilisnya.

Ini bukan pertama kalinya, Meta dituding menyontek BeReal. Bulan lalu, saat popularitas BeReal sedang naik, Instagram meluncurkan fitur baru bernama Dual.

Fitur ini memungkinkan orang mengambil foto atau video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Banyak pengguna pun menunjukkan kemiripan BeReal dengan Dual di Instagram, meskipun Dual berbeda dan memungkinkan pengguna mengambil konten kapan pun diinginkan, tanpa harus mendapatkan notifikasi harian.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.