Sukses

Sejumlah Penguji Game Perempuan di Nintendo Kena Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Jakarta - Nintendo dilaporkan tengah menyelidiki kasus diskriminasi dan pelecehan seksual di perusahaan (divisi Amerika).

Sumber dari situs berita Kotaku disebut telah membagikan pesan ke seluruh perusahaan dari Presiden Nintendo of America, Doug Bowser, yang mengungkapkan bahwa pembuat Switch sedang 'secara aktif menyelidiki' klaim pelanggaran tersebut.

"Perusahaan akan selalu mengutamakan kasus seperti ini dan mendorong pekerja untuk melaporkan pelanggaran," kata Bowser, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (19/8/2022).

Beberapa penguji game perempuan mengatakan kepada Kotaku bahwa mereka menghadapi berbagai bentuk pelecehan dan diskriminasi di Nintendo. Penguji senior diduga melontarkan komentar yang tidak diinginkan.

Pernyataan anti-LGBT, kesenjangan gaji, dan upaya untuk menekan kritik juga merupakan bagian dari budaya tempat kerja. Demikian menurut menurut tuduhan tersebut.

Pekerja perempuan disebut kurang terwakili di Nintendo secara keseluruhan (37 persen), dan khususnya di antara penguji game berbasis kontrak (10 persen).

Sebelumnya, perusahaan telah bereaksi terhadap insiden serupa di tempat lain. Pada November 2021, Bowser mengatakan tuduhan di balik skandal Activision Blizzard itu menyedihkan dan mengganggu.

Beberapa hari kemudian, Nintendo berjanji untuk menambah jumlah manajer wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Nintendo Akuisisi Studio Animasi

Nintendo mengumumkan telah melakukan akusisi pada studio animasi yang berbasis di Tokyo bernama Dynamo Pictures. Studio ini dikenal fokus pada pembuatan animasi CG dan motion capture.

Mengutip informasi dari Polygon, Senin (18/7/2022), setelah proses akusisi mencapai kesepakatan, Nintendo akan mengubah nama Dynamo Pictures menjadi Nintendo Pictures. Rencananya, proses akuisisi akan selesai pada Oktober tahun ini.

Dynamo Pictures sendiri telah mengerjakan sejumlah serial TV, seperti Yuri! on Ice, serta membantu pengembangan game Nier Replicant ver. 1.22474487139 dan Death Stranding. Bersama Nintendo, studio ini juga sempat menggarap Pikmin Short Movies.

Menurut pengajuan yang dilakukan Nintendo, akusisi studio ini dilakukan untuk memperkuat perencanaan dan produksi konten visual di grup Nintendo, sekaligus mengembangkan konten visual dengan properti intelektual milik Nintendo.

Kendati demikian, belum dapat dipastikan seperti apa strategi perusahaan asal Jepang ini ke depannya. Namun, ada kemungkinan Nintendo berencana merambah bisnis konten lain, seperti film atau serial TV, dengan properti yang dimilikinya.

Untuk diketahui, Nintendo sendiri memang sudah mengumumkan tengah mengembangkan adaptasi film animasi Super Mario. Dalam penggarapannya, perusahaan menggandeng studio Ilumination yang dikenal memproduksi Minion.

Pengumuman film animasi Super Mario ini dilakukan langsung oleh Shigeru Miyamoto tahun lalu. Ia menuturkan, film ini akan rilis di Amerika Utara pada 21 Desember 2022, tapi informasi mengenai wilayah lain akan diungkapkan nanti.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Film Animasi Super Mario Rilis Akhir 2022

Selain itu, ia juga mengungkap deretan aktor dan artis ternama yang akan mengisi suara karakter dalam film animasi ini nantinya. Nah berikut ini daftar pengisi suara dari film Super Mario tersebut.

  • Chris Pratt : Mario
  • Anya Taylor-Joy : Princess Peach
  • Charlie Day : Luigi
  • Jack Black : Bowser
  • Keegan-Michael Key : Toad
  • Seth Rogen : Donkey Kong
  • Fred Armise : Cranky Kong
  • Kevin Michel Richardson : Kamek
  • Sebastian Maniscalco : Spike

Dalam kesempatan tersebut, Shigeru juga mengatakan Charles Martinet yang sudah lama mengisi suara Mario, termasuk Luigi dan Wario, di sejumlah game Nintendo akan muncul sebagai cameo mengejutkan dalam film. Sayang, kisah dalam film ini nantinya belum diungkap.

Untuk diketahui, proyek adaptasi film animasi Super Mario ini sebenarnya diketahui sejak beberapa tahun lalu. Namun baru kali ini, informasi mengenai kehadirannya resmi diungkap Nintendo.

Keputusan untuk menggandeng Illumination juga tidak lepas dari kesuksesan studio tersebut menggarap Despicable MeThe LoraxMinions, hingga The Secret Life of Pets.

Film ini akan disutradari oleh Horvath dan Michael Jelenic (Teen Titans Go! dan Teen Titans Go! To the Movies) bersama Matthew Fogel (The LEGO Movie 2: The Second Part dan Minions: The Rise of Gru). Shigeru juga akan bertindak sebagai produser dalam film ini.

4 dari 5 halaman

Nintendo Switch Pro Bakal Rilis Tahun Ini?

Di sisi lainKabar tentang Nintendo Switch Pro memang sudah lama bergulir di internet sejak 2 tahun lalu.

Kala itu, Nintendo Switch OLED yang ada di pasaran saat ini disebut-sebut akan menjadi versi Pro dari konsol berusia 5 tahun ini.

Namun, nyatanya Nintendo Switch tersebut hanyalah versi konsol hybrid dengan panel layar OLED.

Selain dari itu, versi OLED ini hanya memiliki perbedaan kecil dari model originalnya, seperti ukuran layar, dan desain kickstand.

Seakan sudah dilupakan oleh fans setia Nintendo, kabar terkini tentang Switch Pro mulai marak beredar di internet.

Menurut tipster Pixelpar di akun Twitter-nya, model Nintendo Switch Pro bakal diluncurkan sebelum akhir tahun ini.

Dia menyebutkan, model baru konsol hybrid milik Nintendo ini akan mempertahankan desain yang saat ini/

Tak hanya itu, Nintendo Switch Pro bakal hadir dengan performa lebih baik. Sayangnya, tidak diketahui secara pasti ada perubahan hardware lain di model ini.

Mengutip Gizchina, Selasa (11/7/2022), Nintendo Switch Pro rumornya akan dilengkapi dengan chipset baru Nvidia Tegra.

Dengan kemampuan prosesor ini, diyakini konsol baru Nintendo tersebut mampu menampilkan grafis 4K saat tersambung ke TV.

Seperti model terkini, Nintendo Switch Pro akan menggunakan layar OLED berukuran 7 inci dan memori internal 64GB.

5 dari 5 halaman

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS