Sukses

Aplikasi Saham Ajaib dan Stockbit Dilaporkan Alami Gangguan

Ajaib dan Stockbit telah mengonfirmasi terdapat gangguan aplikasi akibat pihak ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Dua aplikasi saham populer di Indonesia, Stockbit dan Ajaib, dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini, Rabu (10/8/2022). Kedua aplikasi pun telah mengonfirmasi adanya gangguan tersebut.

Melalui akun Instagram resminya, Stockbit menyampaikan permintaan maaf dan menyebut telah terjadi gangguan sistem disebabkan oleh pihak ketiga, sehingga area trading tidak bisa diakses pada pagi ini.

"Tim Stockbit telah mengatasi kendala ini dan pengguna Stockbit sudah dapat melakukan aktivitas trading kembali," ujar platform investasi yang merupakan "saudara" aplikasi reksadana Bibit ini.

Lebih lanjut Stockbit juga menyatakan, seluruh transaksi jual dan beli pada 10 sampai 19 Agustus 2022, tidak akan dikenakan biaya broker.

Untuk transaksi tanggal 10 Agustus, biaya broker yang dipotong akan dikembalikan ke saldo pengguna dalam bentuk cashback, sebelum jam 12.00 WIB tanggal 11 Agustus.

Sementara itu, melalui notifikasi di aplikasinya, Ajaib juga mengonfirmasi adanya gangguan pada sistemnya.

"Untuk sementara kamu tidak bisa mengakses ke area portfolio hingga 13.00 WIB," tulis notifikasi di aplikasi Ajaib tersebut pukul 11.33 WIB, Rabu, 10 Agustus 2022, seperti yang dilihat oleh Saham Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Ajaib

Salam tampilan awal Ajaib disebutkan, aplikasi tersebut tidak dapat diakses karena terjadi gangguan dari pihak ketiga.

Manajemen Ajaib Sekuritas mengatakan gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah teratasi dan saat ini seluruh layanan telah beroperasi normal.

"Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman," ujar Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora, dalam keterangan tertulis.

"Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi," tambahnya.

Ia menambahkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaruhi berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan.

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi customer service Ajaib di email support@ajaib.com," ujarnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Warganet Laporkan Ajaib dan Stockbit Gangguan

Sebelumnya, media sosial Twitter diramaikan sejumlah investor dari aplikasi tersebut mengeluhkan gangguan yang sedang terjadi.

"@Stockbit kenapa error terus dari jam 9 pagi ini?!!?? Tolong segera respon di DM!,” tulis akun Twitter @BEAU******.

Selain itu, netizen juga mengeluhkan agar aplikasi Stockbit tidak sering gangguan pada saat jam bursa.

“@Stockbit Mohon perbaiki Aplikasinya, jangan error melulu, apalagi di jam bursa,” tulis akun @ali***.

Tak hanya itu, sejumlah netizen juga mengeluhkan gangguan dari aplikasi Ajaib. Salah satu warganet mengeluhkan gangguan di awal perdagangan lebih dari 1 jam.

"******@ajaib_investasi bisa bisa gangguan di awal market lebih dari 1 jam pula sampai sesi maret 1 masih gangguan. Apa gag SLA (service level agreement) waktu max penanganan gangguan? Klo begini caranya, investor dirugikan bos. Tolong sekali lagi perbaiki kinerjanya,” tulis akun Twitter @iam****.

Kemudian, gangguan yang terjadi ini juga dikeluhkan investor ritel. Netizen pun berharap agar Ajaib tidak sering gangguan pada waktu pembukaan bursa.

"Siang admin mohon dibantu cek sekuritas @ajaib_investasi hari ini error sangat merugikan retail-retail dan sering sekali di jam pembukaan Market cc @ojkindonesia,” ungkap akun Twitter @Dhon****.

(Dio/Ysl

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.