Sukses

Amazon Prime Video Luncurkan Versi Lokal Asia Tenggara, Siapkan Konten dari Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Amazon Prime Video meluncurkan versi lokal dari layanannya untuk tiga negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Selain itu, layanan streaming di bahwa naungan Amazon itu juga mengungkapkan bakal merilis sejumlah konten lokal dari negara-negara tersebut, serta memberikan harga diskon khusus.

Josh McIvor, Director of International Expansion, Prime Video dalam pernyataannya, mengutip Tech Crunch, Rabu (3/8/2022) mengatakan, mereka senang dapat meningkatkan investasinya untuk pelanggan Asia Tenggara.

"Menjadikannya pengalaman benar-benar terlokalisasi — dari konten lokal secara khusus bersumber untuk pelanggan kami, hingga pengalaman pengguna dilokalkan dan kampanye pemasaran lokal skala penuh pertama," ujarnya.

"Dukungan kami terhadap perusahaan produksi lokal di Asia Tenggara merupakan langkah signifikan menuju rencana ekspansi internasional kami lebih luas dan ambisi untuk menjadi layanan streaming global paling lokal," kata McIvor.

Prime Video sendiri sebenarnya tersedia di Asia Tenggara sejak 2016, namun mereka belum pernah menghadirkan konten-konten lokal. Dalam rangka mempromosikan penawaran baru mereka, Amazon Prime Video pun memperkenalkan uji coba satu minggu gratis.

Platform streaming ini juga menawarkan harga langganan promosi yang berlangsung sampai Desember 2023, sebagai bagian dari peluncuran ulang di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Untuk Indonesia, pengguna dapat berlangganan Amazon Prime Video dengan harga khusus Rp 59 ribu per bulan, atau potongan dari harga aslinya yaitu Rp 79 ribu. Layanan ini juga tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Sementara, untuk harga khusus platform streaming ini di Thailand adalah 149 baht dan harga promosi di Filipina adalah 149 peso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gandeng Joko Anwar

"Asia Tenggara adalah permadani budaya, bahasa dan sejarah, dan benar-benar tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk menjadi pembuat konten atau konsumen konten di bagian dunia ini," kata Erika North, Head of Asia-Pacific Originals, Prime Video.

Salah satu konten yang bakal dihadirkan adalah tiga versi dari serial komedi improvisasi Comedy Island yang berjudul Comedy Island: Indonesia, Comedy Island: Thailand, dan Comedy Island: Philippines yang tersedia mulai 2023.

Dikutip dari Variety, beberapa konten orisinal produksi Indonesia juga tengah dikembangkan seperti Seige At Thorn High yang disutradarai oleh Joko Anwar dan 4 Seasons in Java yang ditulis oleh Kamila Andini.

Film Thailand Three Idiots and A Ghost yang diangkat dari novel karya Sal Kim dan diterbitkan di Wattpad juga sedang dikembangkan. Begitu juga dengan naskah serial Metal Casket.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ashiap Man hingga The Rings of Power

Beberapa konten dari Indonesia yang rilis di Amazon Prime Video lainnya termasuk Perfect Strangers yang dibintangi Vino G. Bastian, Adipati Dolken, dan Darius Sinathrya; Ashiap Man karya Atta Halilintar; dan Kuntilanak 3 karya Rizal Mantovani.

Tak hanya konten-konten lokal dari Indonesia, Thailand, dan Filipina, beberapa judul populer Korea dan anime yang dilisensikan secara lokal juga bakal dimasukkan.

Amazon Prime Video bakal menghadirkan film Korea seperti Nothing Serious dan Toy Soldiers: Fake 2 Men The Complete, serta anime Demon Slayer dan Jujutsu Kaisen 0.

Pengguna tentunya juga akan bisa menikmati berbagai serial populer Amazon Prime Video lain seperti The Boys dan The Terminal List, serta yang akan rilis mendatang adalah The Lord of the Rings: the Rings of Power.

Di bulan Agustus, Prime Video juga akan menayangkan Thirteen Lives karya Ron Howard, yang menggambarkan misi penyelamatan sebuah tim sepak bola dan pelatih mereka di sebuah gua yang kebanjiran di Chiang Rai pada 2018 yang lalu.

4 dari 4 halaman

Film Dokumenter BTS Bakal Tayang di Disney Plus

Di sisi lain, Disney Plus mengumumkan kolaborasi dengan Hybe, label BTS. Lewat kolaborasi ini, Disney Plus akan membawa lima judul konten ke platform streaming tersebut. Dari lima judul itu, tiga di antaranya akan menampilkan BTS.

EDua proyek ekslusif di antaranya termasuk film dokumenter BTS: Permission to Dance On Stage - LA. Tayangan tersebut berbentuk sebuah film 4K, sebagai dokumentasi dari pertunjukan langsung BTS di Sofi Stadium, November lalu.

Selain itu ada pula dokumenter BTS Monuments: sebuah dokumenter mengenai BTS yang disebut-sebut akan menampilkan akses ke perpustakaan musik dan rekaman selama sembilan tahun terakhir.

Tayangan lain yang juga akan hadir di Disney Plus adalah In The Soop: Friendcation, sebuah reality show perjalanan yang dibintangi anggota BTS, V alias Kim Tae-hyung dan sejumlah entertainer lainnya, yakni aktor film Parasite Choi Woo-shik.

Keduanya disebut-sebut memiliki hubungan pertemanan yang cukup erat satu sama lain.

Menurut Disney, program ini akan menampilkan keduanya berpetualang dalam perjalanan kejutan dan menikmati berbagai kegiatan rekreasi yang menyenangkan.

Judul di atas tampaknya merupakan spin-off dari BTS In The Soop, reality show dua musim yang mengikuti liburan jarak jauh BTS. Dalam bahasa Korea, 'Soop' adalah plesetan dari 'hutan'.

(Dio/Ysl)