Sukses

Samsung Hadirkan Taman Bermain Virtual Space Tycoon di Metaverse Roblox

Di Space Tycoon ini, pengguna bisa membuat dan bermain game, serta berbagi pengalaman menggunakan produk-produk Samsung bersama dengan karakter alien di luar angkasa

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics pada pekan ini meluncurkan sebuah taman bermain virtual bernama Space Tycoon di platform metaverse Roblox.

Di arena virtual ini, pengguna bisa membuat dan bermain game, serta berbagi pengalaman menggunakan produk-produk Samsung Electronics bersama dengan karakter alien di luar angkasa.

Menurut Samsung, dalam siaran persnya, ditulis Sabtu (23/7/2022), Space Tycoon ini mengambil petunjuk desain dan fungsionalitas dari genre simulasi bisnis 'tycoon'.

"Space Tycoon dirancang untuk menjadi sebuah taman bermain dimana orang-orang dapat merasakan berbagai kemungkinan yang tidak terbatas dalam ruang virtual," kata Jinsso Kim, Executive Vice President at Corporate Design Center, Samsung Electronics.

Samsung, mengatakan, layanan ini menargetkan konsumen dari generasi Z (Gen Z), untuk memberikan mereka pengalaman metaverse yang terintegrasi, di mana mereka bisa membuat dan menikmati produk Samsung-nya sendiri.

Space Tycoon garapan Samsung ini bertujuan untuk memungkinkan konsumen Gen Z merasakan pengalaman dari brand, serta berinteraksi satu sama lain.

"Kami ingin memberikan kesempatan kepada para Gen Z untuk merasakan produk Samsung dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya," kata Kim menambahkan.

Perusahaan asal Korea Selatan ini menambahkan, Space Tycoon terletak di Samsung Space Station bersama laboratorium penelitian tempat para karakter alien melakukan penelitian pada produk-produk terbaru Samsung.

Space Tycoon Samsung terdiri dari tiga area bermain: Mining Zone untuk pengadaan sumber daya, Shop untuk pembelian item game, dan Lab untuk manufaktur produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Bisa Berkreasi dengan Produk Samsung

Dengan memanfaatkan sumber daya hasil penggalian, pengguna dapat merancang berbagai produk Samsung, mulai dari smartphone Galaxy, hingga produk TV dan elektronik rumah tangga. Pengguna juga dapat membeli atau melakukan upgrade pada item game.

Samsung menambahkan, pengguna juga bisa semakin kreatif dengan memulai proses ini dengan produk yang sudah ada di kehidupan nyata, dan melakukan make over untuk menjadikannya sebuah gadget di dalam game.

Misalnya, smartphone layar lipat Galaxy Z Flip bisa berubah menjadi tas atau skuter, atau vacuum cleaner Jet Bot yang diubah oleh pengguna menjadi hoverboard, atau The Sero TV menjadi helikopter.

Terdapat lebih dari 20 produk Samsung di dalam area Shop, di mana warna barang yang dibeli bisa berubah secara acak tergantung level yang dicapai. Rangkaian produk baru juga akan diperbarui secara berkala.

Dalam peluncurannya, Space Tycoon akan tersedia dalam 14 bahasa termasuk Korea, Inggris, Cina, dan Spanyol.

Terdapat juga fitur tambahan di mana pengguna bisa berinteraksi satu sama lain, membagikan kreasi mereka, atau menghadiri pesta virtual eksklusif yang akan dihadirkan di masa mendatang.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Samsung Umumkan Kehadiran One UI Watch4.5

Samsung sebelumnya mengumumkan One UI Watch4.5 akan segera hadir untuk seri Galaxy Watch4, Galaxy Watch4 Classic, termasuk Galaxy Watch model terbaru.

One UI Watch4.5 disebut hadir dengan beragam fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman dalam memakai Galaxy Watch.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (20/7/2022), salah satu fitur baru yang dihadirkan Samsung adalah kehadiran keyboard QWERTY, sehingga memudahkan komunikasi dari jam tangan pintar tersebut.

Tidak hanya itu, One UI Watch4.5 juga memungkinkan pengguna beralih mode input secara lebih mulus, baik dengan mendiktekan pesan atau keyboard. Panggilan telepon dengan Galaxy Watch juga lebih lancar, karena sistem operasi ini mendukung Dual-SIM.

Nantinya, pengguna dapat mengatur kartu SIM pilihan di smartphone Galaxy mereka dan Galaxy Watch akan melakukan sinkronisasi secara otomatis. Samsung juga memudahkan pengguna untuk memilih watch face favorit mereka.

 

4 dari 4 halaman

Fitur di One UI Watch Terbaru

Dengan One UI Watch terbaru ini, pengguna bisa menambahkan watch face ke daftar favorit hingga beberapa kali, kemudian melakukan kustomisasi. Watch face akan disimpan untuk akses cepat, sehingga pengguna tidak perlu menelusuri ulang seluruh koleksi dari awal.

Samsung juga menyertakan fitur aksesibiltas untuk meningkatkan pengalaman pengguna, mulai dari menyesuaikan tampilan jam dengan nuansa warna pililhan mereka, meningkatkan kontras agar huruf lebih mudah dibaca, efek blur, serta penghapusan animasi.

Ada pula bantuan auditori untuk mereka yang sulit mendengar. Lewat fitur ini, pengguna dapat menyeimbangkan suara dari output audio kiri dan kanan untuk headset bluetooth yang terhubung dengan Galaxy Watch.

Beberapa fitur yang juga disertakan adalah durasi interaksi screen tap yang lebih panjang, termasuk menonaktifkan input sentuh berulang. Rencananya, Galaxy One UI Watch 4.5 berbasis Wear OS 3.5 ini akan digulirkan untuk smartwatch Samsung pada kuartal ketiga 2022.

(Dio/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.