Sukses

Mau Ganti HP, Ini Cara Factory Reset dan Hapus Seluruh Data di iPhone Kamu

Jika ingin berganti iPhone atau menjualnya, pengguna harus memastikan seluruh datanya dihapus. Berikut cara factory reset dan menghapus seluruh data di iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Cepat atau lambat, pengguna perlu menghapus memori iPhone sepenuhnya. Baik itu karena akan berganti ke iPhone yang lebih baru atau hanya untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik.

Saat menghapus data seluruhnya, factory reset atau mengembalikan iPhone ke pengaturan awal merupakan opsi yang berguna. Pasalnya, ketika factory reset selesai dilakukan, pengguna akan serasa memiliki iPhone yang bersih seperti baru.

Sebelum mulai melakukan factory reset, penting bagi pengguna untuk mem-backup seluruh data yang ada di iPhone. Backup iPhone memungkinkan pengguna memulihkan pencadangan setelah factory reset selesai.

Meski pengguna tidak membutuhkan semua pengaturan lama, ada baiknya mempertahankannya melalui backup, untuk berjaga-jaga.

Jika pengguna menjual atau memberikan iPhone ke orang lain, pastikan untuk mematikan Find My iPhone sebelum melakukan pengaturan ulang.

Bagaimana melakukan factory reset dan menghapus data iPhone? Berikut tipsnya, seperti dikutip dari Digital Trends:

1. Lakukan backup data pada iPhone kamu

2. Setelah backup, masuk ke Setting > General

3. Cari dan ketuk opsi Transfer or Reset iPhone

4. Ketuk tulisan "Erase All Content and Setting" atau "Hapus Seluruh Konten dan Pengaturan"

5. Ketuk "Continue" atau "Lanjutkan"

6. Masukkan passcode iPhone kamu

7. Pada titik ini, iPhone akan mencoba mencadangkan/ backup ke cloud. Jika berhasil, pengguna akan diizinkan untuk melanjutkan, namun jika tidak, pengguna akan tetap diminta untuk Menghapus data-data di perangkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan iPhone Dipulihkan

Setelah proses restore selesai --proses mungkin memakan waktu beberapa menit-- periksa untuk memastikan iPhone telah dikembalikan ke factory setting atau pengaturan pabrik aslinya.

Jika langkah tersebut dilakukan dengan benar, pengguna akan melihat iOS Setup Assistant saat iPhone dinyalakan, di mana, kemungkinan pengguna bisa melakukan restore dari backup atau melanjutkan proses seolah pengguna sedang mengaturnya lagi.

Pengertian Opsi Reset Lainnya

Ketika pengguna mengatur ulang iPhone mereka, iOS 15 menghadirkan sejumlah opsi berbeda dan bisa membingungkan untuk memutuskan mana yang harus dipilih.

Biasanya, pengguna ingin mem-factory reset karena lebih sederhana. Namun, berikut ada sejumlah penjelasan mengenai opsi reset lainnya, pengguna bisa memilih jenis reset yang diinginkannya.

Misalnya, jika pengguna ingin menjual iPhone mereka atau menyerahkannya ke orang lain, perintah reset yang bisa dilakukan adalah menghapus seluruh data dan membuat iPhone kembali ke pengaturan awalnya.

Langkah ini dideskripsikan sebagai Erase All Content and Setting atau "Hapus Seluruh Konten dan Pengaturan", seperti dideskripsikan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Reset di iPhone

Reset All Settings

Perintah ini mengatur ulang semua pengaturan iPhone pengguna ke default. Artinya, semua pengaturan dan preferensi jaringan. Ini bukan opsi menghapus seluruh data karena hanya pengaturan sistem yang diatur ulang.

Semua aplikasi, data, dokumen, dan file disimpan apa adanya.

Reset Network Setting

Opsi ini diperlukan ketika pengguna ingin menyegarken pengaturan jaringan untuk menyiapkan koneksi yang lebih baik.

Jika memilih opsi ini, iPhone akan mengatur ulang pengaturan jaringan, membersihkan cache, dan menghapus semua file sementara yang disimpan di perangkat pengguna.

Opsi reset ini cocok bagi mereka yang bermasalah dengan koneksi WiFi mereka.

Reset Ulang Keyboard Dictionary

Jenis reset ini merupakan pengaturan sederhana untuk memperbaiki kegagalan secara otomatis dan melibatkan penghapusan riwayat kamus pada keyboard iPhone pengguna.

Pasalnya, sistem koreksi otomatis di iPhone kadang tidak sesuai harapan penggunanya dan malah bisa merusak kalimat. Hal ini akan memecahkan masalah ketika pengguna mendapatkan saran kata-kata yang tidak relevan saat mengetik.

4 dari 4 halaman

Reset Home Screen dan Privasi

Reset Home Screen Layout

Opsi ini jadi yang terbaik jika pengguna ingin kembali ke home screen setting-an awal, ketika pengguna baru membeli iPhone mereka.

Banyak pengguna senang memasang dan mengatur ulang aplikasi di home screen mereka. Jika perubahan tidak sesuai dengan keinginan, pengguna bisa mengatur ulang home screen mereka.

Reset Location & Privacy

Seringkali ketika pengguna bereksperimen dengan pengaturan di perangkat, pengguna tak sengaja menyebabkan masalah.

Jika pengguna perlu mengembalikan pengaturan privasi dan lokasi awal ponsel, pertimbangkan untuk me-reset lokasi dan privasi.

Dengan me-reset lokasi dan privasi, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan informasi lainnya.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.