Sukses

Warganet Ramai-Ramai Laporkan Instagram Down, Mengeluh Tak Bisa Login

Liputan6.com, Jakarta - Warganet ramai-ramai melaporkan Instagram down di Twitter, Selasa (28/6/2022). Kebanyakan dari mereka mengeluh tak bisa masuk atau login ke dalam aplikasi.

Tagar #InstagramDown juga mulai ramai di Twitter. Sementara pantauan Tekno Liputan6.com di situs web Down Detector, laporan pengguna terkait Instagram Down berdatangan sejak Senin (27/6/2022) kemarin.

79 persen pengguna melaporkan tidak bisa login, 12 persen mengeluhkan aplikasi eror, dan 9 persen lainnya terkait koneksi server.

Tidak hanya pengguna di Pulau Jawa, peta status Down Detector juga menunjukkan beberapa pengguna di Pulau Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan juga mengalami masalah, sebagaimana dilaporkan oleh pengguna dalam 24 jam terakhir.

"Aku ga bisa login Instagram, apa kalian juga???," tanya seorang warganet.

"Instagram lagi eror ya ? apa punyaku doang yang kek gini," tanya yang lainnya.

Namun saat ini sebagian pengguna mengaku sudah bisa login dan menggunakan aplikasi Instagram secara normal.

"Finally guyss... Instagram udh bisa login. Cuma satu akunku yang lain ga bisa, tpi gpp yang penting first akun balik!!!," ungkap seorang warganet.

"FINALLY FIRST ACC IG GUE BALIKK???? thank u," tulis pengguna lainnya.

"Iseng-iseng login instagram eeh bisaa????, Ga error lagi kah?," timpal warganet lainnya.

Bagaimana dengan kamu, apakah sobat Tekno Liputan6.com juga mengalami kendala yang sama saat mengakses aplikasi Instagram?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Bikin Avatar 3D di Instagram

Di sisi lain, Instagram beberapa waktu lalu meluncurkan fitur di mana kamu bisa membuat avatar 3D mu sendiri, untuk digunakan sebagai sebuah stiker di Instagram Stories atau pun direct message (DM).

Fitur avatar 3D sendiri sudah bisa digunakan oleh para pengguna Instagram di Indonesia.

Untuk membuatnya pun sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan atau pihak ketiga. Caranya sendiri mirip dengan membuat sebuah karakter di dalam sebuah game.

Berikut ini Tekno Liputan6.com jelaskan, cara untuk membuat avatar 3D di Instagram melalui aplikasi di smartphone. Jadi, kamu akan tidak lagi penasaran saat melihat beberapa temanmu menggunakan Stiker 3D dengan tampilan karakter yang mirip dengan dirinya.

Masuklah ke aplikasi Instagram dan klik ikon kotak dengan tanda "+" untuk membuat sebuah Cerita atau Story. Kamu tentu sudah familiar dengan cara membuat Stories. Kemudian, buatlah sebuah Story.

Di laman Preview sebelum mengunggah Story, pilih menu Sticker dengan ikon kertas terlipat dengan wajah tersenyum di bagian kanan atas. Pilih "Avatar"

Apabila kamu sudah pernah membuat avatar 3D sebelumnya, avatarmu akan muncul dalam bentuk Stickers dan bisa langsung digunakan, tapi jika belum, kamu akan diarahkan untuk membuat sebuah avatar.

3 dari 5 halaman

Dapat Diubah

Kamu dapat membuat avatar sesuai keinginanmu sendiri, termasuk agar mirip dengan dirimu, mulai dari warna kulit, mata, alis, rambut, bentuk wajah, hingga aksesoris dan pakaian yang dipakai avatarmu.

Setelah itu klik "Selesai" atau "Done"

Sebagai alternatif, kamu tidak harus membuat Story terlebih dulu untuk membuat avatar. Kamu bisa masuk ke menu Settings, pilih Account, dan masuk ke menu Avatar.

Kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengubah tampilan avatarmu. Kamu tetap bisa mengedit avatar buatanmu baik melalui menu "edit" di Instagram Story atau pun Settings.

Meta sendiri pertama kali memperkenalkan avatar 3D ke Instagram Stories dan DM pada awal tahun 2022 lalu, untuk beberapa pengguna di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Meta juga memperbarui tampilan avatar di Facebook dan Messenger.

Mengutip The Verge, Manajer Umum Meta untuk Avatar dan Identitas Aigerim Shorman mengatakan, avatar versi baru akan mencakup bentuk wajah, perangkat bantu seperti implan koklea, alat bantu dengar, dan kursi roda lebih inklusif bagi pengguna penyandang disabilitas.

"Kami telah menyesuaikan bentuk wajah dan menyesuaikan shader kulit untuk membuat avatar Anda lebih autentik," kata Shorman. Lebih lanjut dia berkata, kehadiran Avatar di seluruh platform adalah upaya Meta untuk mewujudkan metaverse.

4 dari 5 halaman

Bagian Dunia Digital

"Meluncurkan avatar di seluruh platform kami adalah langkah awal untuk mewujudkan metaverse. Kami berharap, diri virtual baru ini memungkinkan untuk memewakili Anda secara online," katanya.

Shorman menggambarkan avatar ini sebagai bagian dari dunia digital yang saling terhubung, dunia yang menjembatani VR dan AR tetapi juga platform yang lebih akrab seperti ponsel dan komputer.

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengatakan metaverse merupakan prioritas perusahaan yang dia bicarakan ketika ia mengumumkan nama baru Meta pada akhir 2021.

"Suatu hari, Anda akan memiliki banyak avatar, mulai dari ekspresif hingga fotorealistik," kata Zuckerberg dalam unggahannya, Senin, 31 Januari 2022. Pada hari yang sama, Meta memperkenalkan T-shirt bertema Super Bowl LVI untuk avatar di seluruh platformnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Google dan Facebook (Liputan6.com/Abdillah)