Sukses

10 Konsol Gaming Terlaris di Dunia, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Gaming selalu menjadi hiburan favorit bagi banyak orang. Tidak heran kalau tiap konsol gaming yang dirilis perusahaan selalu dinanti-nanti, bahkan sampai sulit dibeli saking lakunya.

Perkembangan teknologi di konsol game pun kian canggih. Maka dari itu, banyak konsol game terbaru sampai kehabisan stok.

Gizchina pun menampilkan sejumlah perangkat konsol gaming yang dirilis oleh berbagai manufaktur dan brand berbeda. Tujuannya untuk membandingkan model mana yang paling laris atau mana yang cocok untuk dibeli.

Berikut informasi tentang 10 perangkat konsol gaming yang paling laris di dunia, hasil laporan dari Gizchina dan VGChart.

1. Playstation 2

Playstation 2 memimpin daftar konsol game paling laris di dunia. Tidak tanggung-tanggung, Sony mengirimkan lebih dari 157,68 juta unit konsol Playstation 2 ke seluruh dunia.

Meski produk ini dirilis tahun 2000, Playstation 2 tetap dijual di toko hingga 2006 atau memiliki siklus hidup yang panjang.

Ada banyak faktor yang membuat konsol Playstation 2 begitu laris manis. Mulai dari kenyataan bahwa Sony merupakan pemimpin pasar konsol gaming. Dengan capaian tersebut, Playstation 2 menikmati dukungan yang lama dari pengembang.

Kedua, Playstation 2 bisa dipakai sebagai pemutar DVD, membuat pengguna memilihnya sebagai konsol yang menghibur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Playstation 4

Playstation 4 menjadi produk merek Sony kedua yang masuk dalam daftar ini. Konsol gaming ini diklaim memiliki kinerja yang sangat baik. Selama periode 2013-2020, perusahaan berhasil menjual lebih dari 117 juta unit Playstation 4.

Kesuksesan dari Playstation 4 tidak terlepas dari gagalnya perluncuran Xbox One. Alasan lainnya adalah konfigurasi yang baik dari Playstation 4.

Menurut VGChartz, konsol ini masih memimpin di atas Nintendo Switch baik di Amerika Serikat hingga Jepang.

3. Nintendo Switch

Konsol gaming Nintendo Switch ini dirilis pada 2017. Sejak itu, perusahaan telah menjual lebih dari 107,65 juta unit. Angka ini terbilang impresif mengingat ketatnya persaingan akan konsol gaming di lapangan.

Nintendo Switch diyakini tidak akan sukses usai gagalnya Nintendo Wii U yang hanya terjual 13,56 juta unit. Namun, Nintendo berevolusi dengan menghadirkan perangkat mini yang mencuri perhatian pengguna.

Nintendo Switch menggantikan hampir semua konsol gaming milik perusahaan sebelumnya. Bahkan dalam beberapa hal, konsol ini mengumpulkan banyak pelanggan tipe konsol sebelumnya menjadi satu.

 

3 dari 4 halaman

4. Playstation

Generasi pertama dari konsol Sony Playstation dirilis pada 1994. Namun konsol ini masih bertahan dan dijual di pasaran hingga 2000. Selama periode ini, Playstation terjual sebanyak 102,4 juta unit di seluruh dunia.

Sony memasuki pasar gaming dengan produk-produk yang sensasional. Salah satunya adalah PSX, konsol 32-bit yang memungkinkan para pemain untuk memasukkan CD dan memainkan berbagai gim yang digandrungi. PSX memungkinkan 8 player untuk main bersama.

5. Wii

Meski ada yang menyebutnya sebagai produk gagal, penjualan konsol gaming Wii mencapai lebih dari 101,63 juta unit antara 2006-2012.

Nintendo Wii bukanlah perangkat gaming HD. Perlu diingat, di saat peluncurannya, ada cukup banyak perangkat konsol gaming yang beresolusi HD. Sony pun berupaya untuk menekankan originalitasnya dan berhasil.

Salah satu resep kesuksesan Nintendo Wii adalah motion control. Fitur ini begitu inovatif dan bisa menarik perhatian siapa pun.

Dari angka penjualan, Wii mengalahkan PS 3 di Jepang yang terjual 12,77 juta unit. Sementara di Amerika Serikat, Wii terjual sebanyak 45,51 juta unit dan di Eropa terjual 33,88 juta unit. Model Lainnya

 

4 dari 4 halaman

Lainnya

Lima konsol game di atas adalah yang berhasil terjual hingga lebih dari 100 juta unit selama masa pakainya.

Tentu saja, berbagai model konsol game lain juga memiliki kinerja yang baik. Namun, secara statistik penjualan, model-model tersebut hanya terjual di bawah angka 100 juta unit.

Misalnya, PlayStation 3 yang rilis pada 2006 dan dijual hingga 2013, berhasil terjual hingga 87,4 juta unit.

Lalu ada pula Xbox 360 yang jadi pesaing langsung PlayStation 3. Konsol gaming ini dijual pertama kali pada 2005 dan masih ada di pasaran hingga 2013. Selama periode tersebut, Xbox 360 terjual sebanyak 88,54 juta unit.

Konsol lainnya adalah Nintendo Entertainment System (NES) yang ada di peringkat ke-8. Konsol NES ini dirilis pertama kali pada 1983 dan masih dijual di pasaran hingga akhir 1990-an.

Selama 7 tahun kehadirannya, tidak kurang dari 61,91 juta unit perangkat NES yang terjual.

Produk ke-9 adalah Xbox One yang pertama kali rilis pada 2013 dan bisa dibeli hingga 2020. Total, Xbox One terjual hingga 50,57 juta unit.

Terakhir, produk konsol game yang paling laris di dunia adalah Super Nintendo Entertainment System (SNES). Perangkat ini terjual sebanyak 49,10 juta unit dan bisa dibeli antara 1990-1996.

(Tin/Isk)