Sukses

Cara Buat NGL Link yang Viral di Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta - Tren tanya jawab bersifat anonim kembali marak di media sosial. Saat ini, tren yang menjadi perhatian para pengguna Instagram adalah NGL Link.

Bagi kamu yang belum mengetahuinya, NGL merupakan fitur tanya jawab yang bersifat anonim. Jadi, seorang bisa menyatakan atau mengajukan pertanyaan secara bebas tanpa diketahui identitasnya.

NGL sendiri berarti 'Not Gonna Lie' atau jika diterjemahkan menjadi 'tidak akan bohong'. Pengguna yang ingin memanfaatkan layanan ini biasanya akan mengunggah NGL Link yang telah dibuatnya ke Instagram Stories.

Setelah itu, ia akan membalas apa pun pertanyaan atau pernyataan yang diajukan oleh orang lain. Sebagai informasi, NGL merupakan aplikasi yang dirilis oleh sekelompok kecil desainer asal California, Amerika Serikat pada 7 November 2021.

Hadir sebagai wadah aman untuk para remaja mengekspresikan dirinya, aplikasi ini pun berkembang dengan cepat dan dari updater terkini sudah mendukung 50 bahasa. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis di Play Store dan App Store.

Nah bagi kamu ingin mengetahui cara membuat NGL Link yang saat ini tengah viral di Instagram Stories. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Download aplikasi NGL: anonymous q&a di Play Store atau App Store
  • Setelah diunduh, buka aplikasi tersebut dan pilih 'Get Questions!'
  • Lalu, masukkan handle Instagram milikmu dan aplikasi akan memproses tautan
  • Apabila tautan sudah dibuat, kamu tinggal menyalinnya ke Instagram Stories
  • Untuk melakukannya, kamu tinggal membuka aplikasi Instagram dan buat Stories
  • Setelah akses ke Instagram Stories terbuka, kamu pilih ikon Stickers
  • Cari dan pilih Link, lalu paste link yang tadi sudah disalin
  • Respons yang diberikan orang lain akan bisa dilihat melalui Inbox yang ada di aplikasi NGL
  • Kamu bisa memberikan respons balasan dari orang lain dan mengunggahnya kembali di Instagram Stories

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengguna Instagram Kini Bisa Pin Postingan di Profil

Sebelumnya, Instagram baru saja mengulirkan update yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan atau mem-pin 3 postingan atau Reels di profile mereka.

Sama seperti di TikTok dan Twitter, postingan yang sudah di pin ini akan terus tampil di bagian atas grid Instagram pengguna.

“Profil Anda adalah tempat Anda, jadi kami mencari lebih banyak cara untuk memberi Anda kendali atas pengalaman itu,” kata Instagram head, Adam Mosseri.

Adapun untuk menggunakan fitur baru Instagram ini terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu memilih foto atau Reels yang diingkan dan klik tiga titik di kanan atas.

Nanti akan muncul jendela baru dengan pilihan "Pin to your profile", dan langsung klik. Cara lain yang bisa kamu pakai adalah dengan tap dan tahan foto yang diinginkan, nanti akan muncul opsi "Pin to profile".

Perlu diketahui, saat ini pengguna hanya dapat menyematkan 3 postingan atau Reel di grid Instagram profile mereka.

Informasi, Instagram sudah diketahui sedang uji coba fitur pin postingan dan Reels ini sejak akhir April 2022.

Adapun fitur pin ini awalnya ditemukan oleh spesialis rekayasa balik, Allesandro Paluzzi, yang melihat kemampuan pin tersebut di dalam kode Instagram pada Januari.

3 dari 4 halaman

Pembaruan di Reels

Tidak hanya itu, Pembaruan yang dihadirkan Instagram kali ini terbilang beragam, mulai dari menambah durasi video Reels hingga deretan tool tambahan untuk membuat konten. Untuk mengetahui apa saja pembaruan yang rilis di Reels, simak daftarnya berikut ini.

Perpanjangan Durasi Video Reels

Kini, durasi video yang diunggah di Reels bisa mencapai 90 detik, dari sebelumnya 60 detik. Menurut Instagram, hal ini dilakukan untuk memberikan wadah bagi para kreator mengekspresikan kreativitasnya dan menginspirasi audiens mereka dengan lebih leluasa.

Impor Audio dan Efek Suara

Saat ini, kreator juga bisa mengimpor audio kreasi mereka untuk dipakai di konten Reels mereka. Instagram juga menghadirkan beragam efek suara, seperti bunyi klakson, suara jangkrik, dentuman drum, dan masih banyak lagi.

Template

Dalam beberapa Instagram Reels, kreator atau pengguna akan melihat opsi 'Gunakan Sebagai Template'. Fungsi fitur Template ini memudahkan pengguna membuat konten yang menginspirasi mereka dengan lebih mudah dan cepat.

Stiker Interaktif

Deretan stiker interaktif yang selama ini biasa digunakan di Stories, seperti Emoji Slider, Poll, dan Quiz sekarang bisa dipakai di Reels. Selain di Instagram, Meta juga meluncurkan beberapa pembaruan untuk Reels di Facebook.

4 dari 4 halaman

Instagram Bikin Font Bernama Instagram Sans

Instagram menggulirkan tampilan identitas baru yang lebih segar untuk dipakai pengguna dan influencer. Kehadiran tampilan identitas baru ini merupakan bentuk penyegaran visual yang diharapkan bakal menumbuhkan kreativitas di berbagai komunitas.

Ada tiga bagian dari penyegaran ini, yakni font baru bernama Instagram Sans, tata letak dan sistem desain baru, serta logo dengan gradien warna baru.

Mengutip Tech Radar, Selasa (24/5/2022), Instagram Sans merupakan font global baru Instagram yang terinspirasi dari logo Instagram. Perusahaan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan para ahli untuk memastikan bahwa font ini bisa dipakai di berbagai bahasa, termasuk bahasa Jepang dan Arab.

Instagram Sans menampilkan motif melingkar yang fleksibel. Pengguna disebut-sebut bisa menggunakan Instagram Sans di situs website About Instagram. Pengguna juga bisa mengecek sub-font baru seperti Sans Script dan Medium.

Selain itu, untuk layout baru Instagram dimaksudkan untuk mendobrak batas desain Instagram saat ini dan menciptakan kolase tanpa batas, dalam portrait maupun lanskap.

Ada opsi empat layout Instagram, yakni 1:1, 4:5, 9:16, dan 16:9. Pengguna bisa memakainya tidak hanya pada gambar tetapi juga di Reels maupun Stories. Kreator juga bisa menambahkan link produk ke layout baru Instagram.

(Dam/Ysl)