Sukses

iPhone Lawas Tak Kebagian Fitur Pesan iMessage yang Bisa Diedit di iOS 16

iPhone-iPhone lawas tidak akan kebagian fitur pesan iMessage yang bisa diedit yang ada di iOS 16.

Liputan6.com, Jakarta - Saat iOS 16 diumumkan, salah satu fitur barunya adalah kemampuan untuk mengedit dan membatalkan pengiriman (unsend) pesan di iMessage.

Namun, kemampuan di atas mungkin tidak akan bisa bekerja dengan baik jika pengguna iPhone mengirimkan pesan iMessage ke pengguna yang memakai iPhone lawas.

Pengembang iOS 16 beta terbaru menyertakan solusi untuk memungkinkan iMessage yang bisa diedit bisa diterima di iPhone yang tidak memakai iOS 16.

Sayangnya, solusi tersebut mungkin tidak berhasil. Karena, siapa pun dalam obrolan group iMessage yang masih menggunakan iPhone lawas tidak akan mendapati fungsi yang sama.

Mengutip The Verge, Sabtu (25/6/2022), alih-alih melihat versi pesan yang sudah diedit, pengguna iPhone lawas yang tidak menjalankan iOS 16 akan menerima hasil edit sebagai teks kedua, didahului oleh kata-kata "diedit ke..". Itu artinya, pengguna iPhone lawas justru akan mendapatkan pesan sebelum diedit.

Beta pengembang iOS 16 tidak akan mengirim apa pun saat mencoba mengedit pesan yang dikirim ke perangkat non iOS 16.

Sementara, 9to5Mac melaporkan, software Apple tidak dapat menghapus pesan asli secara otomatis setelah versi yang diedit dikirimkan ke kontak lainnya.

Bagi sebagian pemilik iPhone, masalah seperti ini tidak mungkin bertahan lama, mengingat iOS 16 akan tersedia untuk perangkat-perangkatnya. Belum lagi, Apple sangat cepat dalam merilis versi baru software-nya.

Meski begitu, hal ini bisa saja mengganggu pengguna Android dalam obrolan grup iMessage atau siapa pun yang masih memakai iPhone lawas (tahun 2017 ke bawah).

Kekacauan ini mirip dengan emoji reaction yang dikirimkan antara pengguna iOS dan Android. Solusi bertahap pun muncul atas masalah ini, caranya dengan Google yang memperbarui aplikasi perpesanannya. Apple pun merencanakan hal serupa dengan iOS 16-nya. Kemungkinan, solusi serupa akan dipakai untuk fitur edit dan unsent di iMessage.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informsasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur-Fitur iOS 16

Look Screen

Di iOS 16, pengguna kini dapat mengubah font dan warna yang digunakan di lock screen. Tak hanya itu, kamu juga dapat menambahkan widget dan membuat lebih dari satu lock screen.

Cukup dengan menggeser layar, pengguna iOS kini dapat dengan bebas mengubah tampilan di lock screen sesuai dengan kepribadian atau mood pada saat itu.

Agar dapat lebih memudahkan pengguna untuk mempersonalisasi tampilan lock screen, Apple juga sudah menyediakan beragam wallpaper untuk dipakai.

Notifikasi

Perusahaan juga melakukan perombakan dalam hal notifikasi di lock screen, dimana biasanya tampil menumpuk di layar kini akan "roll" di bagian bawah layar.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur "live activities" yang akan menampilkan notifikasi terkait dengan aplikasi, seperti skor pertandingan hingga perjalanan pakai Uber. 

3 dari 4 halaman

Fitur-Fitur iOS 16

Live Text

Tak hanya dipakai untuk mengenali teks di foto, kini fitur Live Text juga dapat berfungsi dalam format video.

Apple menjanjikan akan tersedia beragam opsi tambahan ketika pengguna menggunakan Live Text di foto atau video.

Perusahaan berbasis di Cupertino ini juga menambahkan pustaka foto iCloud bersama, dimana fitur ini akan mempermudah pengguna untuk berbagi foto di akun keluarga dan teman.

Photos akan memberikan saran berbagi dan pengeditan gambar serta kata kunci akan disinkron untuk semua pengguna iPhone, iPad hingga Mac.

iMessages

Apple juga merombak besar-besaran aplikasi pesan bawaan mereka, yakni iMessages. Di iOS 16, pengguna kini dapat mengedit pesan dan menghapus pesan yang sudah terkirim.

Pengguna juga kini dapat memanfaatkan fitur SharePlay di aplikasi Messages. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur dikte ke dalam aplikasi Messages.

Safety Check

iOS 16 juga akan membawa penambahan fitur teranyar yang disebut Safety Check, yang bertujuan untuk melindungi pengguna yang menjadi korban kekerasan.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna dapat mencabut akses ke informasi tertentu, seperti lokasi, yang mungkin telah dibagikan ke orang lain sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Deretan iPhone Lawas yang Tak Kebagian iOS 16

Dikutip dari laman web Apple, Selasa (7/6/2022), kebanyakan model iPhone yang sudah tidak mendapatkan pembaruan iOS 16 merupakan keluaran lawas atau setidaknya sekitar enam tahun lalu.

Beberapa model iPhone yang tidak akan mendapatkan pembaruan ini adalah iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone SE orisinal, iPhone 6s, serta iPhone 6s Plus.

Selain deretan yang disebutkan itu, model lain dipastikan bisa memakai iOS 16 saat diluncurkan pada September 2022.

Sementara untuk mengetahui daftar model iPhone yang kebagian iOS 16, berikut ini daftarnya :

  • iPhone 8 dan 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone SE (2020)
  • iPhone XS dan XS Max
  • iPhone XRiPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max
  • iPhone 12 mini, iPhone 12, 12 Pro, dan 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini, iPhone 13, 13 Pro, dan 13 Pro Max
  • iPhone SE (2022)

Namun perlu diingat, tidak semua model iPhone tersebut mampu menjalankan seluruh fitur baru yang ada di iOS versi terbaru.

Salah satunya adalah fitur Live Text dan Visual Lookup yang membutuhkan minimal prosesor sekelas A12, seperti di iPhone XR dan iPhone XS.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.