Sukses

Harga Telegram Premium Dipatok Rp 72 Ribu per Bulan

Walau masih belum diketahui kapan diluncurkan secara global, bocoran informasi tentang fitur dan harga Telegram Premium sudah beredar di internet.

Liputan6.com, Jakarta - Telegram berencana untuk meluncurkan layanan berlangganan mereka bernama Telegram Premium bagi para pengguna setianya.

Walau masih belum diketahui kapan diluncurkan secara global, bocoran informasi tentang fitur dan harga Telegram Premium sudah beredar di internet.

Mengutip dari channel Telegram Info, Rabu (8/6/2022), perusahaan akan membanderol harga Telegram Premium sebesar USD 4.99 atau sekitar Rp 72 ribu per bulan.

Dengan harga yang ditawarkan tersebut, apa saja fitur yang didapat oleh pengguna Telegram Premium?

Batas hingga 2x Lipat

Bagi pengguna yang berlangganan, mereka dapat memperluas batasan fitur di dalam aplikasi Telegram hingga 2x lipat.

Salah satu contoh adalah jumlah chat di dalam folder, dimana awalnya dibatasi 100 kini menjadi 200.

Lainnya adalah batasan channel dan supergroups saat berlangganan dapat ditingkatkan dari 500 hingga menjadi 1000.

Transfer File hingga 4GB

Pengguna Telegram Premium meng-upload file hingga berukuran 4GB, dimana biasanya pengguna hanya dapat mengirim file sebesar 2GB.

Lebih Cepat Download

Perusahaan juga akan meningkatkan kemampuan pengguna Telegram Premium untuk menikmati kecepatan download file, media, dan dokumen lebih cepat dari sebelumnya.

Ubah Pesan Suara ke Teks

Sekarang pengguna tidak perlu lagi repot mendengarkan pesan suara. Telegram Premium kini akan mendekripsi konten pesan audio yang masuk dan mengubahnya menjadi format teks.

Hingga kini, belum diketahui batasan untuk panjang pesan yang dapat diubah menjadi teks saat pengguna chatting lewat aplikasi Telegram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bebas Iklan

 

Postingan bersponsor yang muncul di setiap akhir feed setelah dibaca kini tidak akan muncul lagi di open channel (kanal terbuka).

Fitur ini hanya berlaku bagi pelanggan Telegram Premium.

Reaksi Unik dan Stiker Premium

Pengguna berlangganan akan mendapatkan animasi reaksi tambahan saat sedang chatting dengan lawan bicara

Disebutkan, toko stiker di dalam aplikasi juga akan mendapatkan pembaruan setiap bulannya. Bagi pengguna gratis, stiker yang ditawarkan akan sangat terbatas.

Profile Badge, Animated Avatars, dan Ikon Aplikasi

Telegram juga tampaknya ingin memperkenalkan fitur Profile Badget, yang terletak di sebelah nama pengguna.

Kini pelanggan Telegram Premium dapat menggunakan video avatar mereka tak hanya di profil pengguna, tetapi juga dalam daftar obrolan dan dialog.

Perusahaan juga akan memberikan deretan pilihan ikon aplikasi unik bagi pengguna Telegram Premium.

3 dari 5 halaman

7 Cara Optimalkan Keamanan Akun Telegram

Logo Aplikasi Telegram

Keamanan data telah menjadi perhatian penting untuk semua aplikasi digital, tak terkecuali Telegram. Aplikasi chatting itu sudah membenamkan fitur untuk memastikan keamanan pengunanya.

Salah satu yang cukup dikenal adalah fitur enkripsi end-to-end. Lewat fitur ini, pesan yang dikirimkan tidak dapat diintip oleh pihak lain, termasuk Telegram sebagai pemilik platform.

Namun selain enkripsi end-to-end, Telegram juga memiliki sejumlah fitur lain untuk menjamin keamanan data pengguna sesuai dengan preferensi dan kebutuhannya.

Nah, lantas apa saja fitur tersebut dan cara mengaktifkannya? Bagi kamu yang penasaran, simak daftarnya berikut ini seperti dikutip dari keterangan resmi Telegram, Jumat (27/5/2022).

1. Sembunyikan Nomor Teleponmu

Kamu tidak perlu khawatir nomor teleponmu akan tersebar karena sekarang ada fitur untuk menyembunyikannya di Telegram. Dengan cara ini, kamu dapat menyembunyikan nomor teleponmu dari orang asing.

Untuk melakukannya, kamu tinggal buka opsi Setting di aplikasi Telegram, pilih Privacy and Security, lalu Phone Number. Setelahnya, kamu bisa langsung memilih opsi 'Tidak Ada' dalam bagian 'yang dapat melihat nomor telepon saya'.

Hanya perlu diingat, pengguna Telegram lain masih dapat melihat nomor teleponmu jika kamu menyimpan nomor mereka dan melakukan sinkronisasi kontak dengan Telegram.

4 dari 5 halaman

2. Manfaatkan Fitur Lock Chat

Ilustrasi Telegram (Sumber: Iran Human Rights)

Telegram memiliki keunggulan karena sistem chat yang berbasis cloud. Dengan cara ini, pengguna bisa mengakses percakapan mereka dalam beberapa waktu bersamaan, termasuk memudahkan untuk mengakses akun Telegram dari perangkat baru.

Namun untuk kamu yang membutuhkan keamanan ekstra, Telegram menyediakan fitur lock chat. Dengan cara ini, pesan akan terkunci secara otomatis setelah tidak digunakan selama beberapa menit.

Kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka menu Setting, pilih Privasi and Security, Passcode and Touch, lalu pasang PIN atau Touch. Kamu juga bisa mengaktifkannya dengan mengklik ikon lock chat di bagian atas aplikasi Telegram.

3. Matikan People Nearby

Fitur People Nearby memang memudahkan pengguna untuk berkenalan dengan teman baru yang ada sekitarnnya, tapi bertukar nomor telepon. Untuk itu, bagi kamu yang pernah mengaktifkannya, selalu ingat untuk mematikannya kembali.

5 dari 5 halaman

4. Pakai Fitur Self-Destruct Chat

Kemkominfo Minta Operator Blokir Telegram. (Doc: Techweez)

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang dikirimkan secara otomatis, baik di perangkat pengirim maupun penerima.

Kamu cukup mengklik ikon jam, lalu pilh batas waktu yang kamu inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Setelah waktunya habis, pesan tersebut akan langsung terhapus otomatis.

Perlu diketahui, Telegram juga akan memberi tahu pengguna apabila penerima melakukan screenshot pada pesan dengan fitur self-destruct .

5. Batasi Undangan Masuk Grup

Telegram juga memiliki fitur agar kamu tidak seenaknya diajak masuk bergabung dalam sebuah grup. Cukup masuk ke opsi Setting, Privacy and Security, dan pilih Group.

Dari situ, kamu bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundangmu masuk dalam grup. Jadi, kamu bisa terhindar dari undangan masuk grup yang tidak kamu kenal.

6. Aktifkan Protected Content di Grup dan Channel

Fitur baru ini membantu para kreator untuk melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan konten tersebut memang tersedia untuk audiens yang dituju.

Oleh sebab itu, fitur ini memungkinkan pemilik grup atau channel menyimpan konten mereka hanya untuk anggota, membatasi pesan yang bisa diteruskan (forward), termasuk mencegah screenshot dan membatasi kemampuan menyimpan media yang dibagikan.

7. Hapus Pesan Berdasarkan Tanggal

Kini, Telegram juga memberikan kendali penuh pada pengguna terkait dengan jejak digital mereka. Lewat fitur baru ini, pengguna dapat menghapus riwayat obrolan berdasarkan hari atau rentang tanggal tertentu. 

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.