Sukses

Foto Pakai Oppo Reno7, Pilih Pakai Kamera 64MP atau Mode 108MP?

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan kamera smartphone kian meningkat, termasuk dalam hal resolusi gambar yang dihadirkan. Produsen smartphone berlomba menghadirkan kamera andal dengan kualitas sensor terbaik.

Salah satunya adalah Oppo Reno7 yang didukung 64MP tiga kamera AI. Ketiga kamera tersebut terdiri atas kamera utama 64MP, kamera mikrolens 2MP, dan kamera depth 2MP.

Kamera 64MP mampu menghadirkan tingkat kejernihan yang bisa menjadikan hasil tangkapan foto lebih sempurna. Sekadar informasi, foto 64MP memiliki ukuran 10.120 x 6.328 = 64 juta piksel.

Sekadar informasi, smartphone dengan kamera 64MP cukup populer akhir-akhir ini. Dari smartphone kelas menengah hingga ponsel flagship kini banyak vendor yang melengkapi produknya dengan kamera 64MP.

Smartphone dengan kamera 64MP seperti Reno7 memiliki sensor resolusi tinggi yang mampu menangkap gambar dengan detail.

Selain Oppo, beberapa vendor smartphone pun mendorong resolusi ekstrem seperti 48MP, 64MP, hingga 108MP. Pada foto dengan resolusi tinggi, namun saat pengguna ingin memperbesar (zoom) subjek dan memangkas sisa piksel, kerapatan piksel bisa dipertahankan jauh di atas 12MP.

Sementara ketika pengguna memotong foto 12MP, resolusinya akan turun dan mengurangi kualitas di layar resolusi tinggi. Hal ini memperlihatkan cara kerja zoom digital.

Nah, kamera Oppo Reno7 juga terdapat fitur ultra-clear 108MP yang dibawa sejak Reno3. Melalui fitur ini, pengguna bisa menangkap tekstur dan kejernihan yang diklaim belum pernah ada sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Teknologi Pixel Binning

Resolusi ini memungkinkan untuk memperbesar bagian mana pun dari foto untuk memilih sisi jepretan lainnya.

Jumlah piksel kamera 108MP dengan teknologi pixel binning memungkinkan kamera menangkap lebih banyak informasi dibandingkan pada kamera 64MP, 48MP, dan 12MP.

Oleh karena itu, pengguna bisa mendapatkan gambar lebih detail yang bisa diperbesar secara digital atau dicetak dalam skala ukuran lebih besar tanpa menjadi buram atau berbintik.

Hasil tangkapan foto Reno7 juga tajam dan jernih berkat fitur Flash Snapshot. Fitur ini bisa membantu pengguna memotret dengan mode pengambilan multi-frame, sehingga tiap jepretan foto saat subjek bergerak atau diam bisa tetap jernih, tidak blur.

Berbekal kamera utama 64MP di Reno7, pengguna bisa mencetak hasil ukuran 20R atau 24R. Sementara, jika mengaktifkan mode Ultra-Clear 108MP Image, hasil jepretan foto bisa dicetak ukuran 20x24 inci atau 30R tanpa pecah.

3 dari 4 halaman

Hasil Foto Reno7 Menggunakan Kamera Microlens

Oppo Reno7 adalah salah satu smartphone terbaru Oppo--masuk dalam lini Reno7 Series--yang diluncurkan pada Q1 2022 di Indonesia.

Dari beberapa fitur unggulan yang disematkan, terdapat fitur kamera Microlens yang sebelumnya terbenam di smartphone flagship Oppo Find X3 Pro.

Fitur Microlens memungkinkan pengguna membidik atau merekam 'dunia mikroskopis' tak kasat mata untuk mengambil foto atau video dengan pembesaran (zooming) hingga 15x atau 30x.

Saat Microlens diaktifkan, skala milimeter akan muncul secara otomatis di layar smartphone dan cahaya Orbit Light yang mengelilingi lensa juga akan menyala.

Cahaya pada Orbit Light berfungsi sebagai fill light untuk membantu menerangi objek sehingga menghasilkan bright image yang merata.

Cara mengambil foto dengan fitur Microlens cukup mudah, meski tidak seperti kamera biasa yang hanya menjepret. Kamu harus mendekati objek dalam jarak yang cukup dekat, setelah itu atur fokusnya agar bagian tertentu dari foto tidak blur.

Berikut ini hasil bidikan kamera Microlens Oppo Reno7:

<p>Detail hasil kamera microlens OPPO Reno7/Istimewa.</p><p>Detail hasil kamera microlens OPPO Reno7/Istimewa</p>

 

4 dari 4 halaman

Cek Spesifikasi dan Harga Oppo Reno7 di Indonesia

Sebelumnya, Oppo Reno7 diperkenalkan oleh Oppo saat peluncuran Reno7 5G dan Reno7 Z 5G.

"Kami memperkenalkan seri terakhir dari lini Reno7 Series, yakni Oppo Reno7 yang didukung Ultra-Sensing Selfie dengan sensor IMX709," tutur PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto A. saat peluncuran Reno7, Kamis (24/3/2022).

Menurut Aryo, sensor IMX709 merupakan sensor yang dikembangkan Oppo bersama Sony. Reno7 menjadi perangkat pertama yang menggunakan sensor di Indonesia.

Lebih lanjut disebutkan, IMX709 memiliki sensor RGBW dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan Oppo. Sensor ini mampu menangkap cahaya 60 persen lebih banyak daripada sensor RGGB standar, sekaligus mengurangi noise hingga 35 persen.

Adapun sensor ini digunakan untuk kamera depan Reno7 yang beresolusi 32MP. Berbekal sensor ini, kamera depan smartphone ini hadir dengan sejumlah fitur andalan, seperti Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, AI Palette, Ultra-Clear 108MP Image, AI Scene Enhancement, dan Flash Snapshot.

Beralih ke spesifikasi, smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 680 yang dipadukan RAM 8GB dan ROM 25GB. Oppo juga membenamkan fitur RAM Expansion di smartphone ini untuk memberikan tambahan tenaga saat menjalankan aplikasi secara bersamaan.

Smartphone terbaru Oppo ini memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dan mendukung refresh rate 90Hz. Layar perangkat ini juga sudah bersertifikat Netflix HDR, Amazon HDR dan YouTube HD untuk memutar video berkualitas tinggi.

Smartphone ini melanjutkan desain ikonik dari seri Reno yang diberi nama Ultra-Slim Retro Design. Ada dua warna yang diperkenalkan kali ini, yakni sunset orange dan cosmic black.

Reno7 sunset orange hadir dengan warna oranya cerah dan memiliki desain kulit fiberglass yang diterapkan pertama kali di smartphone. Sementara warna cosmic black menampilkan desain Oppo Glow yang ikonik.

(Tin/Ysl)