Sukses

Doa Warganet Banjiri Twitter Agar Anak Ridwan Kamil Cepat Ditemukan

Berbagai doa dan harapan agar anak Ridwan Kamil cepat ditemukan pun mulai membanjiri Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Anak sulung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aaree, Swiss.

Berdasarkan laporan pihak keluarga, pria yang biasa dipanggil Eril itu menghilang pada Kamis 26 Mei 2022 siang hari waktu setempat.

"Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi," ungkap Elpi Nazmuzaman dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Sontak kabar ini langsung menjadi perbincangan warganet di media sosial. Berbagai doa dan harapan agar anak Ridwan Kamil cepat ditemukan pun mulai membanjiri Twitter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kronologi Hilangnya Eril

<p>Foto Emmeril Kahn bersama Ridwan Kamil (dok. Instagram @qaka.attamimi/https://www.instagram.com/p/BxYlmighvGI/Devita)</p>

Perwakilan keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengungkap, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari sekolah untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2. Saat kejadian, Pak Ridwan Kamil sedang berada di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat.

"Kronologisnya Eril berenang di sungai Aaree, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya. Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah."

Menurutnya, Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut dan saat ini telah bertemu dengan keluarga di sana. "Kami berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari pihak kedutaan besar Indonesia di Swiss maupun kepolisian setempat yang terus berupaya mencari keberadaan Emmeril Khan Mumtadz," katanya.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat wal afiat." 

3 dari 3 halaman

Dubes Muliaman Hadad: Masih Dicari Tim SAR

<p>Pemuda melompat untuk berenang di Sungai Aare, lokasi putra Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, dilaporkan terseret arus. (FABRICE COFFRINI/AFP)</p>

Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, telah memberikan konfirmasi atas insiden yang menimpa anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Pemuda bernama Emmeril Khan Mumtadz itu disebut terbawa arus saat di sungai. 

"Betul Mas, sejak kemarin dilakukan pencarian oleh Polisi dan Tim SAR. Pencarian akan dilanjutkan. Mohon doanya," ujar Dubes Swiss Muliaman Hadad kepada Liputan6.com, Jumat (27/5/2022).

Lokasi insiden adalah Sungai Aar yang berada di Bern. Dubes Muliaman berkata lokasi itu memang wisata destinasi air yang populer. 

"Sungai itu ramai dikunjungi terutama pada musim panas. Banyak orang berenang disana," ujar Dubes Muliaman. Saat berita ini tertulis, waktu di Swiss masih menjelang pukul 04.00 pagi.

Menurut situs pemerintah setempat di Swiss, sungai tersebut memang populer untuk berenang dan bersantai. Namun, pengunjung diminta hati-hati.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.