Sukses

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja mengumumkan kehadiran dua prosesor terbaru mereka, yakni Snapdragon 8 Plus Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 merupakan chipset dengan peningkatan daya dan kinerja agar pengalaman menggunakan perangkat meningkat.

Sementara itu, Snapdragon 7 Gen 1 menawarkan pilihan fitur dan teknologi kelas atas, serta memperluas akses bagi pengguna ponsel di kelas menengah.

“Fokus utama kami adalah menghadirkan fitur-fitur baru dan teknologi inovatif yang dapat diaplikasikan di sektor industri, dan untuk perangkat unggulan pelanggan kami,” ungkap Christopher Patrick, Senior Vice President and General Manager, Mobile Handsets, Qualcomm Technologies, Inc, dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Dia menambahkan, "Kami mengimplementasikan fitur-fitur ini terlebih dahulu di seri Snapdragon 8 dan kemudian mengembangkannya ke roadmap mobile kami."

Snapdragon 8 Plus Gen 1

Snapdragon 8 Plus Gen 1 diklaim akan memberikan dorongan luar biasa untuk meningkatkan pengalaman penggunaan di semua perangkat pengguna, dan memaksimalkan kemampuan bermain game sepanjang hari.

Adapun HP Android yang akan memakai chipset baru Qualcomm ini, termasuk ASUS, ROG, Black Shark, Honor, iQOO, Lenovo, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, OSOM, Realme, RedMagic, Redmi, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Rencananya, ponsel-ponsel ini akan mulai dijual dan tersedia di pasaran pada Q3 2022 mendatang.

Seperti seri Snapdragon 8 sebelumnya, varian Plus ini akan menawarkan fitur-fitur Snapdragon Elite Gaming sehingga mampu menawarkan tingkat respons yang sangat cepat.

Tak hanya itu, tampilan HDR pun akan ditingkatkan hingga memiliki kualitas visual tertinggi dan kemampuan kelas dekstop.

Dengan kemampuan Qualcomm Adreno GPU yang ditingkatkan Snapdragon 8 Plus memberikan peningkatan kecepatan hingga 10 persen dan 30 persen pengurangan daya untuk memberikan pengalaman gameplay terbaik.

Dengan peningkatan dan efisiensi daya tambahan, pengguna dapat merasakan waktu gameplay tambahan hinggga 60 menit.

Snapdragon 8 Plus Gen 1 juga dilengkapi Qualcomm Kryo CPU dengan pemrosesan hingga 10 persen lebih cepat dan peningkatan efisiensi daya hingga 30 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Peningkatan di AI

<p>Qualcomm Snapdragon 8 Plus Gen 1 resmi diluncurkan. (Doc: Qualcomm)</p>

Snapdragon 8 Plus Gen 1 menghadirkan teknologi Snapdragon Sight terbaru, seperti perekaman video HDR 8K untuk meningkatkan videografi smartphone.

Kemampuan tersebut mampu menangkap menggunakan format HDR10+ premium yang memuat lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, perusahaan juga menyertakan Snapdragon Smart yang ditenagai oleh7th Gen Qualcomm AI Engine dengan kinerja per Watt hingga 20 persen lebihbaik untuk memungkinkan penggunaan AI untuk efek bokeh legendaris Leica Leitz.

Tampil dengan seri paling baru, Qualcomm juga menyertakan teknologi jaringan 5G, Wi-Fi, dan Bluetooth terbaik dengan fitur Snapdragon Connect.

Snapdragon X65 Modem-RF System menawarkan kecepatan dan lebih efisien sehingga pengguna dapat berbicara dengan teman dan keluarga selama lebih dari 5,5 jam lebih lama.

Qualcomm FastConnect 6900 mendukung pengalaman luar biasa melalui Wi-Fi dan Bluetooth, termasuk Snapdragon Sound dengan dukungan untuk kualitas audio CD Lossless, latensi sangat rendah untuk game bebas gangguan dan konektivitas yang kuat.

 

3 dari 4 halaman

Snapdragon 7 Gen 1

Ilustrasi Qualcomm Snapdragon (Foto: Ist)

Snapdragon 7 Gen 1 menghadirkan pilihan fitur dan teknologi kelas tinggi yang ditunggu pengguna di seluruh dunia, seperti bermain game mobile lebih lancar, konektivitas berkecepatan tinggi, hiburan cerdas dan pengambilan gambar yang luar biasa.

Snapdragon 7 Gen 1 akan diadopsi oleh OEM dan merek global terkemuka termasuk HONOR, OPPO, dan Xiaomi, dengan perangkat komersial diharapkan akan tersedia pada Q2 2022.

Snapdragon 7 menghadirkan beberapa fitur Snapdragon Elite Gaming, seperti Adreno Frame Motion Engine, yang mampu menggandakan framerate untuk meningkatkan kualitas konten sambil mempertahankan konsumsi daya yang sama.

Tak hanya itu, GPU Adreno pun ditingkatkan agar memberikan rendering grafis 20 persen lebih cepat. Platform ini juga mendukung Quad HD+ Display dengan fitur anti-howling saat bermain game multiplayer online.

 

 

4 dari 4 halaman

Tingkatkan Fitur Keamanan

Logo Qualcomm Snapdragon di CES 2017. Liputan6.com/Corry Anestia

Tidak ingin kalah dari "kakaknya", Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi denganQualcomm Spectra triple ISP sehingga pengguna dapat memotret dari 3 kamerasecara bersamaan atau mengambil foto dengan resolusi 200MP–pertama dalam seri Snapdragon 7.

Pengguna dapat memanfaatkan HDR 4K yang menghasilkan foto dengan kontras, ketajaman dan realisme luar biasa yang menghasilkan kecerahan tinggi dan hitam yang pekat.

Qualcomm juga menyertakan teknologi AI di Snapdragon 7, sehingga memungkinkan Deep Learning Face Detect, berdasarkan 300 facial landmark, yang memungkinkan fokus otomatis yang lebih akurat.

Snapdragon 7 Gen 1 menyertakan Trust Management Engine khusus, dan Android Ready SE–pertama pada seri Snapdragon 7–yang memprioritaskan keamanan dan perlindungan infromasi pengguna.

Snapdragon 7 Gen 1 memiliki fitur Snapdragon X62 5G Modem-RF System generasi ke-4, dan FastConnect 6900 yang menghadirkan Wi-Fi dan Bluetooth untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman yang imersif.

(Ysl/Tin)