Sukses

Ini Dia Emoji Paling Banyak Dipakai di Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Studi yang dilakukan oleh Crossword-Solver mengungkap sebuah emoji yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Ternyata, emoji yang dimaksud adalah emoji "tertawa sampai menangis" alias crying laughing. Emoji tersebut ditemukan dalam 9 juta cuitan pada Februari 2022.

Studi terbaru dari firma yang sama pun menyebut, emoji-emoji yang paling banyak dipakai di negara-negara di seluruh dunia.

Mengutip Gizchina, Sabtu (14/5/2022), Crossword-Solver menyebut, kebanyakan pengguna internet di berbagai negara menggunakan emoji "tertawa sampai menangis" dan emoji "hati".

Selain itu, emoji "tertawa sampai menangis" adalah emoji paling umum dipakai di 75 negara di dunia.

Sebagai tambahan, emoji bertema Wordle, yakni emoji kotak dengan warna hijau, kuning, dan putih masuk dalam daftar 10 besar emoji paling banyak dipakai di Amerika.

Disebutkan, emoji bukanlah bahasa universal. Di Tingkok misalnya, emoji bertepuk tangan justru diartikan sebagai emoji pasangan bercinta. Sementara, mengirimkan tanda jempol ke orang-orang Yunani bisa dianggap menghina.

"Emoji tertawa hingga menangis adalah raksasa emoji yang dipakai secara internasional, bahkan menjadi satu-satunya gambar yang masuk jadi 'Oxford World of the Year', di mana Universitas Oxford menyebutnya sebagai 'kata' yang paling merefleksikan etos, suasana hati, dan keasyikan di tahun 2015," kata Crossword-Solver.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

Emoji Paling Banyak Dipakai di Twitter  

Diungkapkan firma riset tersebut, ada 3.636 emoji resmi, namun emoji yang paling populer jauh lebih populer dibanding emoji-emoji lain.

"Wajah tertawa hingga menangis dipakai dua kali lipat lebih sering dibandingkan emoji terpopuler ketiga 'Rolling on the flor laughing'. Penggunaan emoji 'tertawa hingga menangis' dua kali lebih sering dibandingkan 'emoji tangan terlipat' yang merupakan emoji keenam paling sering dipakai," kata Crossword-Solver.

Namun, kini ada upaya untuk membuat emoji lebih beragam. Emoji dengan berbagai warna kulit berbeda yang pertama tersedia tahun 2015 misalnya. Ada juga emoji pria hamil dan orang hamil termasuk dalam deretan emoji-emoji terbaru.

"Kami menggunakan API Twitter untuk mengambil 9 juta cuitan yang diberi geotag. Berdasarkan sampel ini, kami menentukan emoji yang paling banyak dipakkai di seluruh dunia dan untuk negara tertentu dengan data yang tersedia," kata Crossword.

Metode yang dipakai, jumlah maksimum tweet dari akun yang sama dibatasi hingga 1 per hari untuk mengecualikan bot.

"Kami menggunakan penampilan unik untuk menghitung frekuensi emoji dalam sampel. Artinya, untuk tweet yang memiliki emoji yang sama lebih dari satu kali, kami hanya menghitung kemunculan pertama terhadap total penggunaan emoji itu," katanya.

 

3 dari 4 halaman

Emoji Terpopuler di 2021

Sebelumnya di tahun 2021, seiring berbagai kondisi yang terjadi di dunia saat ini, Unicode Consortium merilis laporan tentang 10 emoji terpopuler selama 2021. Apa saja?

Mengutip laporan itu via Engadget, Senin (6/12/2021), emoji wajah tertawa dengan air mata gembira/face tears of joy (😂) paling populer di dunia tahun ini.

Disebutkan, emoji face tears of joy ini sudah menempati posisi pertama di daftar serupa sejak tahun 2017.

Selain itu, emoji berikutnya yang juga paling banyak dipakai oleh pengguna antara lain:

  • ❤️ – Red heart
  • 🤣 – Rolling on the floor laughing
  • 👍 – Thumbs up
  • 😭 – Loudly crying face
  • 🙏 – Folded hands
  • 😘 – Face blowing a kiss
  • 🥰 – Smiling face with hearts
  • 😍 – Smiling face with heart-eyes
  • 😊 – Smiling face with smiling eyes

Di tahun lalu memang tidak ada data emoji apa saja yang paling populer, namun daftar top 10 di atas tersebut tidak terlalu jauh berbeda dengan laporan 2019.

Informasi, subkomite Unicode Consortium ini mempelajari popularitas emoji untuk menentukan jenis apa yang perlu ditambah di masa mendatang.

4 dari 4 halaman

Emoji Populer Lainnya

Lebih lanjut, emoji wajah tersenyum dan tangan juga populer, termasuk kategori tanaman dan emoji yang menunjukkan keadaan emosi, seperti hati.

Sedangkan kategori emoji yang tidak terlalu populer adalah bendera. Diketahui, bendera negara paling sedikit dipakai.

"Data ini adalah sinyal kuat pengembang untuk tidak terlalu fokus di emoji tertebtu, seperti bendera dan objek sekali pakai seperti topi mandi," kata Unicode Consortium.

(Tin/Isk)