Sukses

Deddy Corbuzier Take Down Video Podcast Pasangan Gay dari Kanal YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier tengah menjadi sorotan warganet. Alasannya, ia mengundang pasangan gay, Ragil Mahardika dan Fred dalam acara podcast-nya di YouTube.

Video dengan judul 'Tutorial Jadi G4y di Indo!! Pindah ke Jerman Ragil dan Fred' tersebut diunggah pertama kali pada 7 Mei 2022. Namun setelah diunggah, video tersebut ternyata menuai protes dari sejumlah warganet.

Protes yang dilayangkan tersebut sampai meramaikan linimasa Twitter beberapa hari lalu. Tagar Unsubscribe Podcast Corbuzier (#UnsubscribePodcastCorbuzier) sempat menjadi trending topic di Twitter Indonesia dengan lebih dari 12 ribu tweet pada 9 Mei 2022.

Usai podcast Deddy Corbuzier ramai diperbincangkan, melalui akun Instagramnya, ia pun meminta maaf atas video tersebut. Dalam unggahan itu, ia juga memberikan penjelasan mengenai video podcast yang dibuat di kanal YouTube-nya tersebut.

"Sejak awal saya bilang tidak mendukung kegiatan LGBT. Saya hanya melihat mereka sebagai manusia. Hanya membuka fakta bahwa mereka ada di sekitar kita dan saya PRIBADI mereka tidak berhak menjudge mereka," tulisnya seperti dikutip dari akun Instagram @mastercorbuzier.

Lewat unggahan itu pula, ia menjelaskan video tersebut sudah di-take down dan kini sudah tidak bisa ditemukan di kanal YouTube Deddy Corbuzier. Tidak hanya itu, ia juga mengunggah video klarifikasi bersama dengan Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah.

Lewat video tersebut, Deddy menyebut alasannya mengangkat video tersebut karena fenomena pasangan sesama jenis nyata adanya. Ia juga menyebut fenomena LGBT ini juga banyak ditemukan di media sosial.

Gus Miftah yang juga ada dalam video pun menjelaskan pandangan Islam terhadap LGBT. Deddy pun menegaskan ia tidak setuju dengan perbuatan LGBT dan itu juga diamini oleh Gus Miftah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan 8 Juta, Akun Instagram Deddy Corbuzier Kehilangan 56 Ribu Followers

Di samping itu, baru-baru ini beredar kabar akun Instagram Deddy Corbuzier ditinggal oleh follower-nya, setelah konten podcast bertemakan LGBT itu tayang Sabtu, 7 Mei 2022.

Sejak podcast itu tayang, kanal YouTube Deddy Corbuzier sudah ditinggal oleh 100 ribu subscriber-nya dari angka 18,7 juta.

Sebelumnya, beredar kabar 8 juta dari 20 juta follower hengkang dari akun IG Deddy Corbuzier. Diketahui, akun IG Deddy Corbuzier mengantongi 11,136,5574 follower--per 7 Mei 2022.

Berdasarkan pantuan Tekno Liputan6.com dari situs Socialblade, Rabu (11/5/2022), akun Instagram Deddy Corbuzier ditinggal oleh 56 ribu follower-nya.

Angka ini merupakan total dari tiga hari sejak podcast dengan bintang tamu Ragil Mahardika dan Frederick Vollert tayang di kanal YouTube Deddy Corbuzier.

Sebagaimana didapat dari Socialblade, akun Instagram Deddy Corbuzier mulai ditinggal 4,563 follower-nya pada Minggu, 8 Juni 2022.

Pada hari berikutnya, Senin 9 Mei 2022, ada sekitar 22,738 follower yang meninggalkan akun IG pria yang identik dengan kepala pelontos tersebut.

Akun Instagram duda Kalina Oktarani ini kembali ditinggal oleh 28,802 follower pada Selasa 10 Mei 2022.

Jika ditotal selama tiga hari, maka akun Instagram Deddy Corbuzier hanya ditinggal oleh 56,103 pengikut bukan 8 juta follower seperti dikabarkan.

3 dari 4 halaman

Tagar Unsubscribe Podcast Deddy Corbuzier Trending Topic

Sebelumnya, Deddy Corbuzier menjadi sorotan warganet karena mengundang Ragil Mahardika dan pasangan sesama jenisnya, Fred, di acara 'Deddy Corbuzier Podcast' di YouTube.

Deddy mengundang keduanya beberapa hari lalu dengan judul 'Tutorial Jadi G4y di Indo!! Pindah ke Jerman Ragil dan Fred'.

Konten ini kemudian menuai protes dari warganet yang tidak setuju dengan tema podcast tersebut.

Kebanyakan dari mereka menilai konten podcast itu sebagai tema yang tak pantas ditayangkan di Indonesia yang memiliki norma-norma agama dan sosial yang kental dengan norma ketimuran.

Terkait hal ini, pantauan Tekno Liputan6.com, Senin (9/5/2022), tagar Unsubscribe Podcast Corbuzier (#UnsubscribePodcastCorbuzier) menjadi trending topic di Twitter Indonesia dengan lebih dari 12 ribu tweets.

"Homoseksual, lesbian, bukanlah suatu takdir bagi seseorang, melainkan hanyalah penyakit yang harus diobati. Hilangkan sifat gampang kagum terhadap sesuatu yg merusak," tulis seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Minta Maaf

Meredam panasnya suasana, Deddy Corbuzier lantas mengunggah video cuplikan obrolan dengan Gus Miftah, di akun Instagram terverifikasinya seraya memberi tahu bahwa video konten Ragil Mahardika telah dihapus.

Bersama video itu, ia menulis, “Sekali lagi mohon maaf buat semua pihak yang terimbas akan hal ini termasuk mereka. I'm taking down the video (saya turunkan video wawancara Ragil Mahardika).” 

But I still believe they are human. Hope they will find a better way. Sorry for all (Tapi, saya tetap meyakini mereka sebagai manusia. Semoga mereka mendapat jalan yang lebih baik, maaf atas semuanya),” pungkasnya.

Beberapa jam setelah permintaan maaf disampaikan, giliran nama Gus Miftah trending di Twitter Indonesia. “Minta maaf memang tidak menghapus masa lalu, tapi memperindah masa depan -Gus Miftah,” cuit salah satu netizen.

(Dam/Ysl)