Sukses

Apple Bakal Pakai Layar OLED Samsung untuk iPhone 14 Pro

Apple bakal menggunakan layar OLED Samsung khusus untuk varian iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Liputan6.com, Jakarta - Mendekati September yang dikenal sebagai bulan kelahiran iPhone terbaru tiap tahunnya, Apple kian meningkatkan upaya untuk perilisan iPhone terbaru iPhone 14 series.

Terbaru, laporan mengungkap lini ponsel pintar Apple ini akan membawa perubahan signifikan dari segi desain. Untuk pertama kalinya, Apple juga akan menggunakan hardware berbeda pada varian-varian iPhone 14.

Sayangnya, menurut laporan Gizchina yang dikutip Rabu (20/4/2022), model iPhone 14 reguler, yakni iPhone 14 (atau iPhone 14 mini kalau ada) akan menggunakan chipset yang lebih rendah.

Sementara, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan menjadi iPhone yang lebih premium dan paling flagship.

Rumor terbaru tentang iPhone 14 series kini berkutat pada sekitar layar di iPhone 14 Pro.

Menurut CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC) Ross Young, hanya akan ada satu pemasok ekslusif layar untuk model iPhone 14 Pro, yakni mitra sekaligus saingan Apple, Samsung.

Dari perspektif pasar smartphone, Samsung dan Apple adalah rival. Namun dalam hal bisnis, kedua perusahaan ini menjadi mitra dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam hal ini, Samsung menjadi pemasok utama bagi Apple, terutama dalam hal teknologi layar. Kini, Samsung akan menjadi pemasok ekslusif untuk layar OLED pada iPhone 14 Pro.

Sebelumnya, Ross mengunggah polling di Twitter yang menanyakan kepada pengguna mengenai model mana yang ekslusif mendapatkan layar OLED Samsung.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 14 Pro Max Pakai Layar OLED Samsung

Sebagian besar orang memilih iPhone 14 Pro Max sebagai pilihan favorit mereka. Ada pula yang memilih semua iPhone 14 series akan menggunakan layar OLED Samsung.

Namun, Young menyatakan, hanya iPhone 14 Pro yang akan mendapatkan tampilan ekslusif dari Samsung. Model lain juga kemungkinan mendapat kesempatan untuk menggunakan OLED Samsung, namun pasokannya akan dibagi dua, antara BOE dan LG Display.

Sekadar informasi, perusahaan akan memperkenalkan vanilla iPhone 14 dan varian iPhone 14 Max baru. Varian vanilla kemungkinan akan menggantikan iPhone Mini dan mungkin juga akan memiliki ukuran layar yang sama dengan versi Pro.

Menurut ITHome, 20-25 persen pasokan layar untuk iPhone 14 akan dipenuhi oleh BOE (Bang & Olufsen). Sementara iPhone 14 Max akan mendapatkan pasokan layar dari LG dan Samsung.

Mungkin, LG akan mmenangani hanya satu dari layar LTPO. Alasannya, LG tidak memiliki kapasitas dan pengalaman yang sama dengan Samsung.

Sebagai informasi, tahun lalu, Samsung menjadi pemasok panel LPTO di iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max. Sementara pada model biasa tidak menggunakan layar LTPO dan hanya punya refresh rate 60Hz.

Bisa jadi pada iPhone 14 series, sejumlah varian akan didukung refresh rate dinamis.

3 dari 4 halaman

Bakal Setop Produksi iPhone-iPhone di Bawah Ini

Apple dipastikan akan meluncurkan deretan ponsel terbarunya, iPhone 14 series, pada tahun ini.

Perusahaan berbasis di Cupertino itu dikabarkan akan merilis empat model ponsel anyarnya, yaitu iPhone 14, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Nah, bagaimana nasib lini ponsel Apple yang lainnya saat keempat seri iPhone 14 itu diluncurkan?

Disebutkan, Apple kemungkinan bakal menghentikan produksi untuk iPhone 11 setelah meluncurkan iPhone 14 series pada September 2022 mendatang.

Sebagai informasi, perusahaan sudah menghentikan produksi iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 8, dan iPhone 8 Plus pada tahun 2020.

Dengan peluncuran seri iPhone 14 yang semakin dekat, Apple disebut-sebut sedang mempertimbangkan untuk menghapus dua model iPhone 11 yang tersisa.

Adapun informasi ini datang dari LeaksApplePro via iDrop News. Sayangnya, Apple masih belum memutuskan menghentikan produksi iPhone 11.

Dikutip dari iDrop News via Phone Arena, Senin (18/4/2022), telah terjadi peningkatan permintaan iPhone 11 sesaat iPhone SE 2022 diluncurkan bulan lalu.

Diprediksi, iPhone 11 kembali populer karena pengguna lebih memilih menghabiskan uang untuk ponsel dengan tampilan lebih baik, dua kamera, dan chipset cepat ketimbangan demi memakai 5G di seri SE.

Sementara itu, iPhone 12 kemungkinan besar tidak akan disetop produksi karena hingga kini masih banyak dicari. Perusahaan mungkin akan menurunkan harga seri itu ketika iPhone 14 series meluncur di pasaran.

4 dari 4 halaman

Hilangkan Notch di iPhone 14 Pro

Di sisi lain, Apple kabarnya akan menghilangkan notch di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max setelah dipopulerkan oleh iPhone X pada 2017.

Tak hanya itu, sudah lama beredar rumor mengatakan Apple akan menggunakan teknologi Touch ID di bawah layar di ponsel terbarunya tersebut.

Berdasarkan informasi terkini, perusahaan asal Cupertino tersebut tidak akan menyertakan teknologi sensor sidik jari ikoniknya ke iPhone 14 series.

Kabar ini diungkap oleh analis Apple kenamaan, Ming-Chi Kuo. Dia mengatakan iPhone 14 series tidak akan dilengkapi Touch ID di bawah layar dan kamera periskop.

Mengutip Gizchina, Jumat (1/4/2022), teknologi kamera dengan kemampuan zoom tingkat tinggi tersebut akan hadir pada 2023 di iPhone 15 series.

Sementara itu, teknologi pemindai sidik jari di bawah layar milik Apple tersebut telah ditunda hingga 2025--kemungkinan baru muncul di iPhone 17.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.