Sukses

Qualcomm Kucurkan Rp 1,4 Triliun untuk Dorong Eksosistem Metaverse

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm mengumumkan akan mengucurkan dana bagi pengembang dan perusahaan yang membangun ekosistem metaverse, yang termasuk di dalamnya ada teknologi XR (extended reality), AR (augmented reality), dan kecerdasan buatan.

Mengutip informasi dari ZDNet, Selasa (22/3/2022), dana yang disiapkan melalui program Snapdragon Metaverse Fund ini mencapai USD 100 juta atau sekitar 1,4 triliun. Dana ini akan disalurkan melalui kombinasi investasi ventura di oleh Qualcomm Ventures dan hibah dari Qualcomm Technologies.

Pendanaan ini nantinya akan diberikan pada perusahaan XR terkemuka untuk mengembangkan pemanfaatan teknologi tersebut di berbagai bidang, seperti game, kesehatan dan kebugaran, media, hiburan, pendidikan, hingga keperluan bisnis.

Selain pendanaan, Qualcomm menuturkan, perusahaan yang masuk dalam program ini akan menerima akses awal ke sejumlah platform teknologi XR, mulai dari hardware, jaringan investor, termasuk kesempatan untuk melakukan pemasaran bersama dan promosi.

Pendaftaran untuk program Snapdragon Metaverse Fund ini akan dibuka pada Juni 2022. Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, berharap program ini dapat memberdayakan developer dan perusahaan untuk mendorong mereka mengembangkan teknologi generasi baru ini.

Tidak hanya itu, Qualcomm juga mengumumkan telah bekerja sama dengan Square Enix sebagai bagian dari Snapdragon Spaces Project. Lewat program ini, Snapdragon ingin mengembangkan headset untuk menghadirkan pengalaman gaming mixed-reality.

Untuk diketahui, pada tahun, Qualcomm memang menyebut Snapdragon akan menjadi tiket untuk menuju metaverse. Pernyataan itu bukannya tanpa alasan karena sebagai perangkat atau headset yang akan membawa pengguna ke metaverse telah menggunakan Snapdragon.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

ESL Gaming dan Qualcomm Bakal Gelar Kompetisi Esports Mobile Tingkat Dunia

Sebelumnya, ESL Gaming bekerja sama dengan Qualcomm menggelar kompetisi esports untuk pemain di seluruh dunia. Kerja sama yang bergulir selama beberapa tahun ini merupakan komitmen bersama untuk memberikan pengalaman esports mobile yang mudah diakses dan berkualitas tinggi.

Kompetisi yang bertajukan Snapdragon Pro Series ini akan menjadi ekosistem esports mobile global yang mencakup komprehensif. Pelaksanaannya pun dilakukan di beberapa wilayah, seperti Amerika Utara, Eropa, Timur Tengah, Tiongkok, Afrika Utara, dan Asia-Pasifik, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Kompetisi global ini bersifat multi-genre dengan acara final yang disiarkan secara langsung. Nantinya, perangkat yang digunakan dalam kompetisi ini dipersenjatai Snapdragon seri premium yang dilengkapi Snapdragon Elite Gaming.

"Kolaborasi baru dengan Qualcomm Technologies dan produk Snapdragon-nya akan meningkatkan ekosistem mobile kami pada potensi maksimalnya. Kami bersemangat mengubah masa depan esports mobile untuk pemain dan penggemar di seluruh dunia, dan meneruskan menciptakan dunia dimana semua orang bisa menjadi ‘seseorang’," tutur Co-CEO ESL Gaming, Craig Levine dalam keterangan resmi, Rabu (9/3/2022).

3 dari 4 halaman

Kompetisi Esports ESL Gaming dan Qualcomm

Kompetisi ini akan hadir dengan tiga seri, yakni Open, Challenge, dan Masters. Kompetisi esports ini akan memberikan kesempatan bagi para pemain dari berbagai kawasan dan berbagai tingkat dengan total hadiah mencapai USD 2 juta atau sekitar Rp 28 miliar.

Di sisi lain, Senior Vice President and Chief Marketing Officer, Qualcomm Technologies, Don McGuire menuturkan, Snapdragon Elite Gaming telah memimpin industri di seluruh teknologi mobile game. Karenanya, kemitraan ini menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming perusahaan.

"Dalam kemitraan dengan ESL, Snapdragon Pro Series akan menjadi pilar tambahan penting dari strategi gaming komprehensif kami yang memungkinkan perusahaan membangun kepemimpinan dalam kategori esports mobile secara global," tuturnya.

Kendati demikian, informasi mengenai game dan jadwal penyelenggaraan kompetisi ini belum diungkap. Dalam keterangannya, Qualcomm menyebut informasi detail mengenai program ini baru akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang Game