Sukses

5 Cara Orangtua Hadirkan Pengalaman Belajar Menyenangkan bagi Anak

Berikut ini ada lima cara yang dapat dimanfaatkan orangtua untuk bisa mendorong anaknya bisa melakukan pembelajaran yang lebih menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi muda saat ini harus diakui sudah akrab dengan perangkat teknologi dan apabila digunakan dengan bijak akan sangat bermanfaat. Namun di sisi lain, orangtua masih khawatir teknologi dapat mendistraksi anak-anak dari kewajibannya untuk belajar.

Menjawab kekhawatiran tersebut, Samsung pun menghadirkan Galaxy Tab A8. Menurut Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Annisa Maulina, Galaxy Tab A8 dapat menjadi partner belajar, tapi sekaligus menghadirkan digital wellness bagi anak-anak.

"Layar luas 10,5 inci membuat anak nyaman menyaksikan materi presentasi guru dan juga membaca bahan ajar, serta Samsung Kids membantu orangtua dalam menetapkan screen time anak dan memantau digital life mereka," tutur Annisa dalam keterangan resminya, Selasa (22/2/2022).

Lebih lanjut Annisa pun membagikan lima tips bagi orangtua untuk membuat anak belajar dengan lebih senang dan menyenangkan dengan memanfaatkan Samsung Galaxy Tab A8. Apa saja tips tersebut? Simak poin-poinnya berikut ini.

1. Bangun Atmosfer Membaca di Rumah Sejak Dini

"Dr. Seuss, penulis buku anak-anak terkenal mengatakan: “The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go." Membaca adalah kunci untuk belajar dan mencapai banyak hal," tutur Annisa.

Untuk itu, ia menyarankan orangtua dapat membangun atmosfer membaca di rumah sejak dini. Salah satunya dilakukan dengan membacakan anak-anak cerita dalam berbagai kesempatan, misalnya sebelum mereka membaca saat masih balita.

Sementara jika anak sudah bisa membaca, orangtua bisa meminta mereka untuk membaca buka dengan suara keras. Tidak hanya itu, orangtua juga perlu menciptakan waktu membaca bersama keluarga di rumah.

Mengingat saat ini era digital, orangtua bisa menggunakan Samsung Galaxy Tab A8 untuk perangkat membaca buku elektronik. Tidak hanya buku teks, orangtua juga dapat menyimpan bacaan yang memadukan teks, audio, serta video untuk menghadirkan pengalaman membaca yang lebih seru.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

2. Buat Susasana Belajar yang Sesuai Gaya Belajar Anak

Anak-anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Jadi, orang tua perlu mengetahui gaya belajar anak mereka, seperti gaya auditory, visual, serta kinestetik.

Berbekal Galaxy Tab A8, orang tua dapat membantu anak yang memiliki gaya belajar visual dan auditory. Terlebih, tablet ini sudah dibekali dengan kemampuan quad-speaker yang diperkuat teknologi Dolby Atmos untuk pengalaman audio lebih apiik.

Sementara bagi pembelajar kinestetik, orang tua bisa memakai kamera belakang Galaxy Tab A8 untuk merekam kegiatan anak. Ajari anak menggunakan fitur screen recording untuk menambahkan penjelasan berupa tulisan atau coret-coretan di video tersebut.

3. Ciptakan Aktivitas Belajar dengan Game-Based Learning

Game-Based Learning merupakan metode belajar yang menggunakan permainan, sehingga kegiatan belajar lebih menarik dan efektif. Bermain dapat meningkatkan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan sekaligus meningkatkan mood mereka.

Orang tua pun dapat memanfaatkan fitur Samsung Kids di Galaxy Tab A8, terutama anak-anak yang lebih kecil mendorong mereka suka belajar sejak dini. Samsung Kids juga dapat menemukan kreativitas mereka, termasuk belajar problem solving dan critical thinking dengan cara menyenangkan.

3 dari 3 halaman

Tips Selanjutnya

4. Belajar dengan Hands-On Experience

Belajar dengan hands-on experience adalah bentuk pembelajaran anak sambil melakukan sesuatu yang terkait materi pembelajaran, seperti menyelesaikan masalah untuk soal matematika, melakukan eksperimen sains, membuat sirkuit lampu sederhana, membuat ulang artefak arkeologi, atau menulis puisi.

Anak bisa menggunakan Samsung Notes di Galaxy Tab A8 untuk mencatat kegiatan yang mereka lakukan. Terlebih, tablet ini sudah mendukung multi-active windows untuk pengalaman multi-screen yang nyaman.

5. Beri Penghargaan untuk Setiap Pencapaian Anak

Saat anak berhasil mendapatkan sebuah pencapaian sekecil apa pun, penting bagi orang tua untuk memberikan apresiasi atau penghargaan. Orang tua bisa memberikan ucapan selamat, pujian tulus, maupun hadiah.

Salah satu yang bisa diberikan orang tua adalah memberikan screen time tambahan anak untuk bermain game atau menonton kanal favorit mereka di YouTube dengan mengaksesnya dari Galaxy Tab A8.

Orang tua pun dapat memanfaatkan fitur parental control untuk tetap bisa memantau aktivitas sang buah hati. Perlu diketahui, Galaxy Tab A8 hadir dengan dua pilihan konektivitas, yakni Wi-Fi yang dibanderol Rp 2.999.000, sedangkan versi LTE dijual Rp 4.499.000.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini