Sukses

Selain Isi Saldo Uang Elektronik, Cek 4 Fungsi NFC Lain yang Perlu Kamu Tahu

Liputan6.com, Jakarta - NFC saat ini merupakan salah satu fitur yang dirasa wajib hadir di smartphone. Karenanya, salah satu pertanyaan yang kerap diajukan konsumen saat membeli smartphone adalah kehadiran NFC di produk yang yang diincarnya.

Adapun NFC sendiri kini kebanyakan dimanfaatkan untuk mengecek atau mengisi saldo uang elektronik. Namun selain fungsi tersebut, NFC di smartphone sebenarnya memiliki beberapa fungsi lainnya.

Alasannya, NFC merupakan teknologi yang menggunakan radio frekuensi untuk melakukan transfer data antar perangkat. Hanya tidak seperti bluetooth, jarak transfer antar perangkat menggunakan NFC biasanya hanya 10 cm.

Kendati demikian, NFC biasanya memiliki proses transfer yang lebih cepat, mengonsumsi sedikit daya, serta lebih aman. Nah, untuk mengetahui empat fungsi lain NFC di HP Android, berikut ini daftarnya seperti yang dikutip dari keterangan resmi Poco, Sabtu (19/2/2022).

1. Berbagi Data dengan Android Beam

Android Beam merupakan fitur wajib di setiap smartphone Android yang dilengkapi dengan NFC. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi data, termasuk kontak yang ada di smartphone hanya dengan mendekatkan kedua perangkat.

Fitur ini merupakan salah satu teknologi berbagi data yang menyenangkan, karena hanya membutuhkan sedikit daya. Untuk memakainya, pengguna tinggal memilih file yang ingin dibagikan, lalu pilih Android Beam sebagai pilihan teknologi pengiriman.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Fitur Lain NFC

2. Terhubung dengan Speaker Bluetooth

Untuk terhubung dengan speaker bluetooth, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur NFC. Dengan menempelkan smartphone ke sisi speaker yang mendukung NFC, pengguna dapat langsung terhubung dengan lebih mudah.

3. Transaksi Pembayaran

Untuk bisa menggunakan NFC sebagai transaksi pembayaran, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi pembayaran yang sudah mendukung. Jadi, pengguna tinggal melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone ke perangkat pembayaran, lalu tekan tombol bayar.

3 dari 3 halaman

Fitur Lainnya

4. Berbagi Koneksi WiFi

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur NFC untuk berbagi koneksi WiFi dengan smartphone lain. Dengan mendekatkan kedua perangkat dan melakukan pemindaian, pengguna dapat langsung membagikannya ke perangkat lain.

Salah satu contohnya adalah beberapa hotel kerap menyediakan alat yang disebut sebagai WiFi Porter. Lewat alat ini, pengguna cukup menempelkan smartphone ke alat tersebut untuk dapat mengakses WiFi, tanpa perlu kata sandi.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.