Sukses

Samsung Luncurkan Galaxy S22 pada 9 Februari 2022

Melalui situs resminya, Samsung mengungkap informasi mengenai jadwal Galaxy Unpacked yang disebut akan menjadi debut Galaxy S22.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengungkap jadwal peluncuran smartphone terbaru yang diduga kuat adalah Galaxy S22. Informasi ini diketahui langsung dari situs resmi Samsung Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dibagikan di situs resminya, event Galaxy Unpacked untuk seri Galaxy S terbaru ini akan diadakan secara langsung pada 9 Februari 2022 pukul 22.00 WIB.

Tayangan tersebut dapat disaksikan melalui situs resmi Samsung. Selain itu, konsumen juga sudah bisa melakukan pre-order di tanggal dan waktu yang sama dengan acara peluncuran.

Kendati demikian, informasi lebih lanjut mengenai program pre-order ini, termasuk cara dan akses pembelian smartphone Samsung ini belum diungkap secara detail.

Samsung sendiri memang tidak secara gamblang menjelaskan smartphone yang diperkenalkan dalam event ini adalah Galaxy S22.

Informasi yang ditampilkan hanya menunjukkan logo S berwarna pink keunguan yang ada dalam sebuah kotak. Namun dari sejumlah laporan, smartphone tersebut hampir dapat dipastikan adalah Galaxy S22.

Terlebih, President and Head Samsung MX, TM Roh, sempat mengungkapkan dalam blog perusahaan perangkat yang diperkenalkan akan menjadi perangkat seri S paling mengagumkan.

"Generasi Galaxy S berikutnya telah hadir, menyatukan pengalaman terbaik dari Samsung Galaxy kami dalam satu satu perangkat," tulisnya

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Umumkan Exynos 2200, Calon Prosesor di Galaxy S22

Sebelumnya, Samsung baru saja mengumumkan kehadiran prosesor terbaru besutannya, yakni Exynos 2200. Prosesor baru ini dirancang dengan Samsung Xclipse GPU berbasis arsitektur AMD RDNA 2.

Berbekal core CPU berbasis ARM dan NPU yang telah ditingkatkan, Exynos 2200 menghadirkan pengalaman terbaik bermain game di smartphone, termasuk pengalaman secara keseluruhan.

"Exynos 2200 akan mendefinisikan ulang pengalaman mobile gaming, dibantu peningkatan grafis dan kinerja AI," ujar President of System LSI Business Samsung Electronics, Yongin Park dalam keterangan resmi, Rabu (19/1/2022).

Untuk diketahui, Xclipse GPU merupakan prosesor grafis hybrid unik yang diposisikan antara konsol dan prosesor grafis seluler.

Dengan arsitektur AMD RDNA 2, Xclipse mewarisi fitur grafis canggih seperti ray tracing (RT) dan variable rate shading (VRS) yang sebelumnya hanya ada di PC, laptop, serta konsol.

"Arsitektur grafis AMD RDNA 2 memperluas solusi grafis canggih yang hemat daya ke PC, laptop, konsol, mobil, dan kini ke smartphone," tutur SVP Radeon Technologies Group AMD, David Wang.

Selain itu, Exynos 2200 merupakan salah satu prosesor pertama di pasar yang mengintegrasikan core CPU Armv9 terbaru dari Arm.

Lalu, CPU octa-core di prosesor ini dirancang dalam struktur tri-cluster yang terdiri dari satu flagship-core Arm Cortex-X2, tiga core besar Cortex-A710, dan empat core kecil Cortex-A510

3 dari 4 halaman

Kemampuan 5G Exynos 2200

Exynos 2200 juga mengintegrasikan modem 3GPP Release 16 5G yang mendukung pita spektrum sub-6GHz dan mmWave (millimeter Wave).

Ditambah E-UTRAN New Radi–Dual Connectivity (EN-DC), yang memanfaatkan sinyal 4G LTE dan 5G NR, modem ini dapat meningkatkan kecepatan hingga 10Gbps.

Untuk pengamanan, Exynos 2200 hadir dengan Integrated Secure Element (iSE) sebagai penyimpan kunci kriptografik sekaligus berperan sebagai RoT (Root of Trust).

Tidak hanya itu, HW enkripsi inline untuk UFS dan DRAM telah diperkuat supaya enkripsi data pengguna hanya dibagikan dengan aman.

Arsitektur ISP pada Exynos 2200 telah didesain ulang untuk mendukung sensor gambar terbaru hingga 200MP. ISP ini mendukung hingga 108MP dalam mode kamera tunggal, dan 64+36MP dalam mode kamera ganda.

Samsung menyebut saat ini Exynos 2200 sedang dalam produksi massal. Meski tidak diungkap model smartphone yang akan menggunakan prosesor ini, kemungkinan besar Exynos 2200 bakal digunakan di seri Galaxy S22.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini