Sukses

Clubhouse Hadirkan 3 Fitur Baru, Kreator Kini Bisa Atur Room Lebih Mudah

Salah satu fitur anyar yang dihadirkan Clubhouse adalah room composer untuk membantu pengguna mengatur sebuah room sebelum benar-benar berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta - Clubhouse kembali meluncurkan fitur baru untuk para penggunanya. Kali ini, aplikasi tersebut menghadirkan tiga fitur baru sekaligus, yakni room composer, aktivitas NFSW (Not Safe/Suitable for Work), dan audience count.

Mengutip keterangan resmi perusahaan, Selasa (14/12/2021), ketiga fitur ini hadir mengingat Clubhouse berkomitmen mendengarkan masukan dari para pendengar. Salah satunya pada fitur room composer.

Lewat fitur ini, Clubhouse ingin mengurangi kepanikan yang kerap dirasakan para kreator saat room (room) berlangsung.

Dengan room composer, kreator di aplikasi live audio ini dapat mengatur lebih dulu sebuah room sebelum benar-benar dimulai, tidak lagi melakukannya saat percakapan sedang berlangsung.

Kreator dapat menentukan apakah room tersebut bersifat tertutup, sosial, atau publik. Kreator bahkan bisa membuat room secara langsung dari klub.

Selain itu, kreator dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Replay untuk room yang bersifat publik.

Kreator dimungkinkan pula menambahkan tautan tertentu, menentukan topik, mengatur bahasa yang ingin digunakan, mengatur apakah audiens bisa mengangkat tangan, hingga mengatur kualitas audio di aplikasi.

Sementara fitur NFSW hadir karena Clubhouse memahami tidak semua orang ingin melihat room dengan topik tertentu. Karenanya, fitur ini memungkinkan pengguna, baik kreator dan audiens, menyaring topik sesuai dengan ketertarikannya.

Terakhir, fitur total audience count kini bisa dilihat semua orang. Artinya, siapa pun yang bergabung dalam suatu room dapat melihat jumlah total audiens yang masuk ke room tersebut, tidak hanya kreator.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Clubhouse Luncurkan Fitur Topics, Permudah Pengguna Temukan Topik Relevan

Sebelumnya, Clubhouse juga meluncurkan fitur baru untuk para penggunanya, yakni Topics. Fitur ini merupakan pembaruan dari Interest yang memungkinkan pengguna memilih hal yang disukai dan ingin diikuti di Clubhouse.

Untuk itu, dengan fitur Topics ini, pengguna dapat lebih mudah menemukan room dan klub, karena pilihan yang tersedia lebih banyak. Selain itu, pengguna juga dapat memilih menampilkan topik yang diikuti di profilnya, sehingga orang lain dapat pula mengetahuinya.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (6/12/2021), fitur ini sudah meluncur sejak 2 Desember 2021 untuk perangkat iOS dan Android. Saat melakukan pencarian lewat Topics, pengguna akan menerima hasil yang lebih relevan dan tersedia di lebih banyak tempat.

3 dari 4 halaman

Alasan Kehadiran Fitur Topics di Clubhouse

Salah satu alasannya adalah topik yang ditampilkan di fitur ini akan lebih spesifik. Karenanya, pengguna dapat langsung mencari topik dengan kata kunci seperti Persipura alih alih sepak bola, termasuk kata kunci lain, seperti kota, universitas, hingga sub-genre musik favorit.

Tidak hanya itu, Clubhouse juga menyediakan halaman baru di Topics yang dapat menampilkan pencarian teratas, room, klub, dan orang-orang yang terkait dengan setiap topik.

"Jika Anda lebih suka merahasiakan Topics favorit Anda, itu juga tidak masalah, sebab Anda dapat menyembunyikannya dengan satu ketukan sederhana," tulis aplikasi audio chat ini dalam keterangannya.

Fungsi Topics di room juga akan menginformasikan pengguna mengenai hal yang sedang dibahas saat itu. Oleh sebab itu, kreator dapat menambahkan topik yang dipilih saat membuat room, bahkan saat perbincangan tengah berlangsung.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis: 4 Cara Atasi Error Aplikasi PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.