Sukses

Daftar Pemenang Data Impact Awards Cloudera 2021 Diumumkan

Cloudera mengumumkan tujuh pemenang Data Impact Awards 2021, di mana Bank Mandiri jadi salah satu penerima penghargaan

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan enterprise data cloud, Cloudera, mengumumkan pemenang penghargaan tahunan Data Impact Awards, di mana Bank Mandiri menjadi salah satu pemenangnya.

Data Impact Awards Cloudera sendiri diberikan kepada perusahaan dengan proyek-proyek terkait data, yang dinilai mampu memberikan manfaat yang besar bagi teknologi, ilmu pengetahuan, kesehatan, gaya hidup, dan masyarakat, di berbagai industri dan kawasan geografis.

"Setiap perusahaan peraih penghargaan ini telah menunjukkan bagaimana pemanfaatan teknologi cloud dan solusi data generasi terbaru dapat memberikan dampak positif bagi pendapatan bisnis dan bagi dunia," kata Mick Hollison, President Cloudera.

Dalam siaran persnya, ditulis Minggu (28/11/2021), Cloudera mengatakan bahwa para pemenang dipilih berdasarkan tujuh kategori berbeda.

Salah satu kategorinya adalah penghargaan baru bagi perusahaan yang berada di garis terdepan dalam mendukung keberagaman, kesetaraan dan inklusi baik di dalam maupun di luar tempat kerja.

Di kategori Data Lifecycle Connection, Carrefour Spanyol memenangkan penghargaan karena dinilai meningkatkan customer experience dengan menghubungkan berbagai bagian dalam data lifecycle untuk mengumpulkan, memperkaya, melaporkan, melayani dan melakukan prediksi.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemenang Penghargaan

Di Cloud Innovation, pemenangnya adalah ExxonMobil yang mendorong inovasi dengan memanfaatkan berbagai tools yang ada di on-premise dan layanan cloud untuk meraih nilai dari berbagai tipe data.

Pada Data for Enterprise AI, Internal Revenue Service menjadi pemenang karena mengakselerasi operasional berbasis kecerdasan buatan dan machine learning untuk mengotomatisasi, mengamankan dan mengoptimalkan pengambilan keputusan berdasarkan data, meningkatkan efisiensi dan mengurangi fraud.

Bank of the West menang di kategori Security & Governance Leadership, karena sentralisasi manajemen, keamanan dan tata kelola data dan kebijakan metadata, mendukung analitik dan inovasi canggih serta meningkatkan akses dan pengambilan keputusan berdasarkan data di dalam perusahaan.

MTN memenangkan kategori Industry Transformation karena membantu berbagai upaya transformasi digital di Afrika dengan menggunakan data serta platform analitiknya, EVA.

Bank Mandiri mendapatkan penghargaan People First karena dianggap menggunakan solusi real-time berbasis data untuk mengatasi tantangan-tantangan sulit di tempat kerja dan lingkungan sosial yang berdampak bagi para karyawan dan nasabah.

3 dari 4 halaman

Transformasi Digital Bank Mandiri

Terakhir di Data for Good, ada Union Bank of the Philippines yang mentransformasi masa depan dengan mendorong inklusi keuangan dengan memberikan akses yang lebih luas ke produk dan layanan perbankan dengan menggunakan machine learning dan credit scoring yang didukung AI.

"Para pemenang telah menunjukkan pencapaian yang luar biasa dalam memenuhi misi mereka dan menjadi contoh terbaik bagaimana keunggulan teknologi mendorong bisnis, produk, dan layanan ke level yang lebih tinggi," kata Fanly Tanto, Country Manager for Indonesia, Cloudera.

Timothy Utama, Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri mengatakan, penting bagi mereka untuk memastikan keselamatan dan kesehatan karyawan, serta membantu nasabah pada masa-masa yang sulit.

Timothy mengatakan, Cloudera sudah memberikan dukungan dalam upaya transformasi digital mereka, khususnya selama pandemi.

"Kami mampu mendapatkan akses yang lebih besar terhadap data, sehingga kami bisa menghasilkan insight berbasis data dengan cepat dan memberikan layanan penting secara seamless, seperti menyediakan bantuan keuangan kepada nasabah dengan lebih cepat," ujarnya.

Timothy menambahkan, Cloudera Data Platform juga membantu perusahaan memonitor status kesehatan karyawan untuk memastikan kesehatan mereka tidak terganggu dan bisa melayani nasabah dengan baik.

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta 3 Cara Melindungi Data Pribadimu dari Pencurian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.