Sukses

WhatsApp Business API Bisa Jadi Solusi Tingkatkan Customer Service

Liputan6.com, Jakarta - Layanan customer service tidak dimungkiri menjadi salah satu faktor penting bagi pelaku bisnis. Namun harus diakui, layanan ini cukup menantang, terutama apabila menangani keperluan bisnis yang banyak jumlahnya.

Kendati demikian, ada beberapa solusi teknologi yang mampu menjawab kebutuhan ini. Salah satunya adalah teknologi customer service yang ditawarkan WhatsApp, yakni WhatsApp Business API.

Adapun WhatsApp Business API merupakan layanan WhatsApp yang dikhususkan untuk bisnis berskala menengah hingga besar. Layanan ini memiliki sejumlah fitur yang dapat membantu pelaku bisnis, mulai dari pemesanan, pembelian, hingga aktivitas lainnya.

Dengan fitur yang dimilikinya, tim customer service pemilik bisnis akan lebih dimudahkan pelayanannya. Namun WhatsApp Business API ini tidak dapat diunduh secara gratis di toko aplikasi biasa.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, pelaku bisnis harus memesan dari mitra resmi, seperti Wappin. Wappin sendiri merupakan salah satu produk dari perusahaan fintech SPE Solution yang menjadi mitra resmi Facebook.

Wappin menyediakan layanan WhatsApp Business API untuk perusahaan di Indonesia, dengan layanan bantuan aktif 24/7 untuk memfasilitasi tim customer service pemilik bisnis yang membutuhkan bantuan.

"Kendala umum yang dialami berbagai bisnis adalah sulitnya menjaga relasi dengan pelanggan, terutama di masa pelanggan. Penyebabnya mungkin karena jumlah pelanggan sangat banyak atau solusi yang digunakan kurang tepat. Wappin berusaha menyediakan solusi untuk kebutuhan ini," tutur CEO SPE Solution, Rico L. Simarmata dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (21/11/2021).

Saat ini, teknologi dan layanan WhatsApp Business API Wappin telah digunakan oleh beragam jenis industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, perbankan, manufaktur, IT, pariwisata, hingga lembaga pemerintahan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan produk WhatsApp yang dirancang untuk bisnis skala besar dengan tim layanan pelanggan. Berbeda dengan WhatsApp dan WhatsApp Business, WhatsApp Business API merupakan produk berbayar.

Contohnya adalah akun WhatsApp resmi milik operator seluler Indosat Ooredoo. 

Produk ini merupakan pemrograman antarmuka berbayar yang digunakan oleh bisnis untuk mengelola layanan pelanggan dalam skala besar melalui WhatsApp.

Ada pun bisnis yang menggunakan WhatsApp Business API adalah bisnis yang perlu menampung ribuan pesan yang mereka kirim dan terima setiap harinya. Dalam hal ini, bisnis dapat melakukan pengiriman/ tanggapan sendiri atau melalui jasa pihak ketiga.

3 dari 4 halaman

Bisa Pakai Facebook Hosting Service

Lewat layanan ini pula, para pengguna WhatsApp Business API juga akan memiliki opsi untuk menggunakan Facebook Hosting Service.

WhatsApp akan memberi tahu ketika pengguna mulai berkomunikasi dengan akun yang memakai pihak ketiga untuk hosting API. Pengguna pun bisa memilih untuk melanjutkan interaksi atau tidak.

Jika pengguna memilih untuk tetap berinteraksi, meski pengguna tidak melihat label end-to-end encryption, pesan pengguna tetap terenkripsi secara otomatis saat dikirimkan ke pihak penerima. WhatsApp mengklaim, pihaknya dan Facebook tidak dapat membaca atau menggunakannya untuk beriklan.

Satu-satunya perbedaan adalah pesan pengguna mungkin disimpan dan dikelola melalui server pihak ketiga. Secara teori, hal ini mirip ketika pengguna menyimpan cadangan percakapan menggunakan jasa cloud yang kemudian tidak lagi dianggap terenkripsi secara end-to-end.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp