Sukses

Geber 5G di Makassar, Indosat Ooredoo Fokus Garap 3 Sektor Ini

Untuk di Makassar, layanan 5G Indosat Ooredoo yang bermitra dengan Huawei ini akan fokus menggarap tiga sektor ekonomi lokal utama. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo telah resmi meluncurkan layanan 5G komersial di Makassar, Sulawesi Selatan. Makassar menjadi kota keempat yang disambangi layanan 5G Indosat Ooredoo setelah Solo, Jakarta, dan Surabaya.

Untuk di Makassar, layanan 5G Indosat Ooredoo yang bermitra dengan Huawei ini akan fokus menggarap tiga sektor ekonomi lokal utama, terutama sektor pertanian, perdagangan, dan pariwisata.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, menuturkan sektor tersebut dipilih karena memang merupakan kekuatan dari wilayah Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan.

"Kenapa tiga area ini? Ini adalah area dimana Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan punya keunggulan. Jadi yang pertama digital agribusiness, smart industry and tourism, dan digital lifestyle," tuturnya menjelaskan saat peluncuran 5G Indosat Ooredoo di Makassar, Jumat (19/11/2021).

Adapun tiga area itu dikembangkan menjadi beberapa use cases yang ditampilkan saat peluncuran 5G di Makassar, berikut lima di antaranya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Smart City & Digital Lifestyle

Teknologi 5G merupakan titik balik evolusi Makassar sebagai smart city untuk meningkatkan gaya hidup dan kolaborasi warga.

Contoh pemanfaatannya, seperti mixed reality entertainment, bullet moment photograph, smart TV, dan immersive live streaming video.

2. Digital Agribusiness

5G dapat mendukung proses evolusi industri pertanian karena dapat dimanfaatkan untuk autonomous irrigation dan smart framing dengan akurasi lebih baik serta limbah lebih sedikit.

Beberapa pemanfaatannya adalah sistem pemantauan tanah dan iklim secara real-time, irigasi, dan fertigasi otonom, serta automatic compound fertilizer.

 

3 dari 4 halaman

3. Smart Commerce & Trading

Pemanfaatan 5G dapat mendorong aksesabilitas dan pengembangan teknologi lain, seperti artificial intelligence dan internet of things. Salah satu contoh pemanfaatan yang ditampilkan adalah fleet management system.

4. Digital Tourism & Hospitality

Dengan teknologi 5G, sektor industri pariwisata dan perhotelan bisa menjadi lebih canggih. Contoh pemanfaatannya adalah virtual tour untuk memberikan gambaran lebih nyata mengenai tempat wisata tujuan.

5. Smart Industry 4.0

5G dapat mendukung industri 4.0 dengan teknologi baru, seperti sistem komputasi berbasis cloud dan edge. Beberapa pemanfaatannya adalah smart manufacturing, industrial automation, dan active safety management solution.

(Dam/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.