Sukses

Survei: DANA Jadi Dompet Digital dengan Pertumbuhan Paling Pesat di Kuartal 3 2021

DANA menjadi dompet digital dengan pertumbuhan paling pesat menurut survei YouGov. Transaksi digital dengan DANA pun mengalami peningkatan, begitu juga dengan jumlah penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta - Dompet digital DANA terus tumbuh di tengah gelombang pandemi dan pembatasan aktivitas masyarakat. Berdasarkan survei, jumlah pengguna DANA di kuartal ketiga 2021 bertambah, terutama pada Juli 2021.

DANA juga mengklaim, kian menegaskan posisinya sebagai dompet digital pilihan masyarakat untuk melakukan transfer uang di sepanjang kuartal ketiga 2021.

Berdasarkan lembaga riset dan konsultasi pasar YouGov, tingkat kekhawatiran masyarakat terhadap pandemi menyentuh 77 persen pada Juli 2021. Namun, sejumlah bisnis masih membukukan pertumbuhan positif, terutama di industri ekonomi digital, termasuk dompet digital.

Berdasarkan survei YouGov, dompet digital mengalami peningkatan jumlah pengguna di kuartal 3 2021, terutama di atas 35 tahun. Menariknya, berdasarkan survei terhadap 4.000 responden, DANA jadi dompet digital dengan pertumbuhan terpesat, dalam hal jumlah pengguna.

Pengguna DANA disebut-sebut bertumbuh 43 persen pada kuartal 3 2021. Petumbuhan ini dipicu oleh bertambahnya pengguna dari kalangan usia 21-34 tahun. Jumlah ini 32 persen dari jumlah pengguna DANA.

Sementara pengguna di atas 35 tahun menyumbang 34 persen dari total pengguna DANA, termasuk pengguna pemula.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makin Banyak Masyarakat yang Pakai

Chief Marketing Officer DANA Monita Moerdani mengatakan, hasil survei ini memperlihatkan ada makin banyak masyarakat yang percaya terhadap kemudahan, keamanan, dan kenyamanan DANA sebagai solusi memenuhi berbagai kebutuhan transaksi.

"Bertambahnya pengguna DANA merefleksikan tumbuhnya kesiapan keuangan digital masyarakat. Kami percaya, adanya percepatan adopsi digital keuangan kelak berimbas positif terhadap pemulihan ekonomi nasional dari tantangan pandemi," kata Monita, dikutip dari keterangan DANA.

DANA juga jadi dompet digital paling digemari untuk pengiriman uang, menurut survei YouGov. 29 persen responden mengaku memilih DANA untuk transfer uang setelah mobile banking (42 persen) dan transfer ATM (38 persen).

Selain untuk kirim uang, pertumbuhan jumlah pengguna dana meningkat, begitu juga penggunaan fitur-fitur DANA.

3 dari 4 halaman

Fitur Favorit di DANA

Beberapa fitur yang dipakai adalah isi ulang pulsa ponsel (26 persen) dan pembayaran online commerce (17 persen). Fitur lain yang juga banyak dipakai adalah DANA Donasi.

Hasil survei juga mencatat, persepsi pengguna terhadap DANA kian membaik di kuartal 3 2021, terutama pengguna di usia 18-24 tahun.

Masyarakat menilai, DANA aman, proses pembayaran online mudah, terhubung dengan berbagai aplikasi, dan diterima di mana-mana. DANA juga dianggap user-friendly dan bebas administrasi.

"Kepercayaan pengguna akan kami jadikan acuan untuk terus melakukan inovasi serta mengkomunikasikan manfaat dan nilai lebih yang bisa dirasakan saat bertransaksi menggunakan DANA," kata Monita.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Tentang 5G

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.