Sukses

Pagelaran Ekshibisi Esports PON XX Papua 2021 Usai, Jumpa Lagi di Sumatra Utara dan Aceh

Liputan6.com, Jayapura - Ajang ekshibisi esports PON XX Papua 2021 yang digelar sejak 21 September hingga 26 September 2021 resmi usai digelar.

Jadi tonggak sejarah bagi dunia esports di Tanah Air, upacara penutupan berlangsung meriah dan dihadiri oleh Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Soesatyo.

Lainnya, termasuk Ketua KONI Pusat, Marciano Noerman; Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal, Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum; dan Gubernur Papua sekaligus Ketua Umum PB PON, Lukas Enembe.

Dalam waktu sepekan digelar, sejumlah torehan prestasi menarik tetap banyak bermunculan dari ajang yang dikemas dengan konsep sportaintment ini.

Adapun pertandingan yang diperlombakan, yaitu Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Free Fire, PUBG Mobile dan PES 2021, serta satu pertandingan persahabatan gim karya anak bangsa Lokapala, berlangsung seru dan kompetitif.

"Kesuksesan ekshibisi ini akan membuka jalan untuk digelarnya cabang olahraga (cabor) esports di PON XXI di Sumatra Utara dan Aceh pada 2024 mendatang," ucap Bambang Soesatyo.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Kekuatan Tim Masing-Masing Provinsi Merata

Penutupan ekshibisi esports PON XX Papua 2021. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esports Indonesia (Sekjen PBESI), Frengky Ong mengatakan, ”Kekuatan atlet-atlet esports yang berlaga di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 sangat merata."

"Tidak ada satu provinsi yang tampil dominan. Ini mengonfirmasi, pembinaan-pembinaan di seluruh provinsi di Indonesia sudah berjalan baik dan tidak terjadi kesenjangan.”

 

3 dari 3 halaman

Pencapaian Ekshibisi Esports

Pembukaan pertandingan ekshibisi dari cabang olahraga esports pada PON XX Papua 2021 (Liputan6.com/Yuslianson)

Frengky mengatakan, secara keseluruhan pertandingan ekshibisi esports di PON XX Papua 2021 ini disakskan hampir 7,7 juta viewers di YouTube.

"Pertandingan PUBG Mobile di hari ketiga yang disiarkan di akun YouTube PUBG Mobile Indonesia ditonton lebih dari 1,2 ribu viewers, dan trending topik nomor 12 untuk all categories."

(Ysl/Isk)